Tentang iklan-iklan ini
jump to navigation

Sedikit Pengetahuan Tentang Radiator Blazer Dan Perawatannya 6 April 2012

Posted by Bonsai Biker in Portal Otomotif.
Tags: , ,
trackback

Rumo yang berkembang katanya radiator Bazer gampan jebol kemudian harga part ini mayan menguras kantong. Weee bikin ketarketir nih nyang ngidam Blazy -‘larak-lirik kang Sabdo dan kang Triyanto’-. Padahal ya ternyata tinggal bagaimana kita merawatnya saja gan. Yup menangani masalah ini monggo kita simak petuah salah satu ahlinya dari berikut: http://il-tek.blogspot.com

Radiator Bocor pada Mobil Blazer


Mungkin dari sebagian pemilik Blazer masih tidak terlalu memperhatikan terhadap radiator mobilnya. Biasanya hanya memeriksa takaran airnya, apabila air radiator nya kurang maka tinggal menambahkannya saja. Sehingga banyak diantara pemilik mobil tidak memperhatikan keadaan letak radiatornya, apakah radiator bergoyang atau berguncang saat mobil berjalan dan apakah radiator bergetar saat mesin menyala, apakah dudukan fan bermasalah, dsb. Pada kenyataannya penyebab radiator bocor itu salah satunya adalah dudukan fan yang bergesekan dengan radiator, penyebabnya mungkin karena radiator tidak standar.

Cegah Kebocoran dengan Preventive Maintenance

Ada beberapa hal yang paling sering memicu kebocoran pada radiator. Yaitu: korosi (karat), benturan (baik karena tabrakan maupun karena terkena kibasan kipas radiator). Khusus untuk bahan fiber, penyebab lainnya adalah panas dan tekanan air radiator. Akibat penyebab-penyebab ini, mungkin saja terbentuk rongga atau celah di plat-plat (fiber) radiator tempat air merembes keluar.

Karena radiator bocor, sistem pendingin tidak bekerja dengan baik. Akibatnya, temperatur mesin pun tidak terkontrol dan terjadilah overheating ketika mesin terus dipaksa bekerja tanpa pendinginan. Kita tentu sudah hapal bila mesin mengalami overheating. Karena panas yang melebihi toleransi, mesin mungkin berbunyi tidak normal, kurang bertenaga, boros bahan bakar, bahkan mogok saat dikendarai di tengah jalan. Sayang sekali, kan?

Sebelum mengalami masalah-masalah seperti itu, antisipasilah terjadinya kebocoran pada radiator. Pencegahan dapat dilakukan dengan merawat sistem pendingin. Untuk ini, ada beberapa tips yang kami sarankan:

1. Lakukan pemeriksaan air radiator secara rutin pada tangki cadangan. Jika permukaan air di tangki cadangan berada di bawah garis MIN, segera tambahkan. Jika sudah tampak kotor dan tampak keruh, kuras dan ganti dengan air radiator yang baru.

2. Gunakan cairan khusus radiator saat mengisi radiator (coolant). Selain membantu proses pendinginan, di dalam cairan tersebut juga terdapat zat yang dapat mengurangi korosi pada radiator dan mesin. Korosi dan kotoran pada air pendingin sangat tidak baik karena dapat mengganggu proses pendinginan. Kami sarankan untuk menggunakan air coolant yang berjenis ethlylene glycol berkualitas tinggi.

3. Bersihkan kisi-kisi radiator dengan menyemprotkan air pada sirip radiator.

4. Periksa kemungkinan terjadi kebocoran baik pada selang-selang maupun radiator. Kebocoran selang dapat dipantau secara manual dengan melihat ada tidaknya tetesan. Tapi, untuk mengecek kebocoran pada radiator harus menggunakan alat khusus (sst atau special service tools). Radiator motor Anda akan diperiksa dengan alat ini jika datang ke bengkel-bengkel .

5. Kondisi radiator dan kinerja sistem pendingin Anda akan lebih terjaga jika rutin melakukan servis berkala.

Tentang iklan-iklan ini

Komentar»

1. jebulkenyot - 6 April 2012

inyong nyidam blazer item secretservice

2. Maskur - 6 April 2012

Siiip….

3. gaplek mania - 6 April 2012

dikasih parasetamol biar cepet turun panasnya :-D

val - 6 April 2012

:mrgreen:

4. kudalumping - 6 April 2012

wo.. :o

5. tingtong - 6 April 2012

pak mau nanya blazer ama terano tumpakane enak ndi?suwun

Bonsai Biker - 6 April 2012

kenceng terrano tapi antengan blazer

6. ipanase - 6 April 2012
7. apri - 6 April 2012

dipayungi ben gak kepanasen..hi.hi..

8. extraordinaryperson - 6 April 2012

wah mobil idaman saya….murah dan gaya xixixi

http://extraordinaryperson.wordpress.com/

9. arip - 6 April 2012

maturnuwun bagi2 ilmune, nek wes rak sabar paleng nganggo ilmu andalan, blazere disekolahke neng bengkel

10. samudra - 1 Januari 2013

Om blazi.,,,kl air radiator utk blazer sama g sm mobil lain,merk’a apa ya.,,,tlng masukan’a karna sy br bungkus si kebo amrik ini,jd mohon masukan’a


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 8.341 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: