Terjadinya Candi Sukuh Versi Ki Demang YB

Ki Demang YB yang asal Tegal pada suatu masa keliling nusantara mencari Ilmu muksa, dengan mengendarai Garuda Kencana Kalung Emas. Tepat dibulan purnama malem Jumat Kliwon terdamparlah Ki Demang YB di kraton Srakarta karena Home Steer Garuda Kencana Kalung Emas tunggangannyanya Oblak tak kuat menanjak Wukir Tawu alias Gunung Lawu untuk sowan ke makam Prabu Barwijaya.

Demi menyembuhkan penyakit oblak si Garuda kencana, Ki Demang YB harus menjalani ritual Tapa Brata dan mandi tujuh bunga pada tujuh malam di sendang Taman Jurug. Tapa Brata ini dilaksanakan dengan telajang dada sebagai simbol pensucian dari unsur keduniawian. Di akhir tapanya Ki Demang YB dikagetkan oleh wanudya nan endah cahyane yang membawakan baju untuknya yang diutus ki Asmorontoko penunggu Sendang Taman Jurug. Wanudya itu adalah DEwi Kunti Martini Susi putri ki Kuwu Santang dari negeri Panjalu yang akan dinikakan dengan Raden Mas Adi Jumeno Putra ki Asmorontoko. Dalam hati Ki Demang YB bergumam, “aiyah, meski aku harus kehilangan Garuda Kencana Kalung Emas, tak belain asal dapat mempersunting putri Kuwu Santang dari Panjalu ini.” Haha Ki Demang YB kabotan brenti alias jatuh cinta.

Sayang sungguh disayang wanudaya alias Putri Ki Kuwu Santang Dari Panjalu tadi sudah dijdohkan dengan Raden Mas Adi Jumeno, jadi ya berab lah, ibrat naksir Shinta yang dah jadi Istri Rama.

Dalam kondisi masih telanjang dada Ki Demmang YB tak kuasa menahan rasa dan langsung bangkit dari Tapanya demi melihat saking ayunya si Dewi Kunti Martini Susi.

Begitu cintanya pada Kunti Ki demang YB langsung merogoh Jantungnya dan memberikan kepada Dewi Kunti Martini Susi.

Sebetulnya sih Dewi Kunti tergiur juga dengan ketampanan Ki Demang YB, bayangkan, orangnya tinggi besar, gagah dan kekar, plus sakti mandragade, eh mandraguna ding. Namun dia kan dah dijodohkan, tengsin dong. Demi menolak secara halus permintaan Ki Demang YB karena memang ia telah dijodohkan dengan Rade Mas Adi Jumeno, maka Dewi Kunti Martini Susi pun membuat permintaan yang kiranya brat atau bahkan tak mungkin diwujudkan ki demng YB.Dewi Kunti pun meminta Ki Demang YB untuk membuatkan patung paling moderen dari semua patung yang ada di dunia ini dalam waktu satu jam. Syarat itu bagi Dewi kunti mungkin susah utnuk diwujudkan,namun bagi ki demang YB yang punya ilmu merubah wujudyang disebut rawa belong, eh rawarontek ding gampang, dia tinggal merubah wujud dan menggandakan diri lalu dari potocopiannya dirubah menjadi batu maka jadilah patung, sementara dia berpindah ke wujud yang lain, adapun potocopiannyabisa abadi bila dibacakan mantara ajipengelo-elop. Kontan saja kidemang YB mengiyakan. Kemudian merubah diri menjadi patung, namun sayang ki Demang YB lupa mantara aji pangelop-elopsehingga dia tetap pada wujud patungnya hingga selamanya.
Nah demi menunggu waktu hingga Ki Demang YB bisa membaca mantera tadi makan oleh anak buah Ki Demang YB yang kebanyakan para lelembut ini, patung tersebut dibawa ke gunung lawu dan dijadikan sebuah candi agar tak diganggu orang lain. Sementara Kunti melanjutkan kisah asmaranya dengan RM Adi Jumeno.Awas gan hanya halusinasi kamar mandi takadaunsur sejarah sedikitpun,mohon maaf segala kekurangan.

.

About these ads

0 thoughts on “Terjadinya Candi Sukuh Versi Ki Demang YB

  1. Edan maning cerita iki luih seru dari pada cerita berat badan naik 25KG yg akhr2 ni sdng melanda para dedemit penyembah buto ijo sing sebenere lelembut biru. .
    Cerita iki apik pak de. .
    😀
    Pak de yudi sangar euy
    Wkwkwkwk

Leave a Reply

Your email address will not be published.