Di beberapa Motor Nampaknya Yamaha Lebih Joss Daripada Honda Dalam Hal Pakemnya Rem

Ini sekedar pengalaman pribadi, dan bisa juga tidak obyektif, makanya bagi sampean yang mempunyai kontra pendapat tak usah ragu sampaikan saja. Yup, beberapa motor yang James bonsa rasakan tentang rem ini disektor bebek dan sport memang demikian adanya, bahwa beberapa sport Honda dan beberapa bebek Honda remnya kalah pakem dengan yamaha.

new-vixion-20101
new-vixion-20101

Paling menonjol di segemen sport adalah GL series, utamanya Tiger.  Tiger ini meskipun depan belakang cakram namun terasa masih kalah pakem dengan V-ixion yang semain di depan cakramnya alias belakangnya masih tromol. Ketika ngerem si tiger ini maying nggloyong beberapa meter ke depan alias tak mau seet berhenti, sementara V-ixion pas dibejek remya langsung seet berhenti.

Demikian juga si bebek laris Honda yakni SUpra X 125. Mongtor mangstabf dan laris ini kabarnya meskipun belakangnya udah dis brake alias cakram namun tetep aja nggloyor ketika direm nggak maus seetpakem, layaknya jupiter MX.

Namun untuk New Megapro mmm Cietnya bagu gan,buktiin deh, hehehehe!

Nah yang demikian ini apakah disengaja oleh Honda dalam artian uantuk memberi efek seperti ABS alias supaya motor tidak mengunci saat direm, atau memang kualitas sektor rem memang Yamaha lebih bagus? monggo menurut sampean gimana!

Advertisements
Advertisements

37 Comments

  1. CS1 juga begitu mas, dulu saya klo make kenceng2 pas ngerem ehhhhhh gak nancep, akhirnya cari aja deh cakram besar depan. setelah di ganti baru deh…

  2. motornya bapak-bapak kan gak perlu kencang pak bons…,lagian saya penah membandingkan selang rem Yamaha dan honda.saat ditekan handle rem dan selang juga di tekan,selang honda terasa lebih lentur dan membesar,dibanding dengan yamaha,jadi tekanan yang sampe dikaliper lebih kuat yamaha otomatis juga lebih pake IMHO

  3. katanya klo rem belakang terlalu pakem malah berbahaya lho bro…
    malah kata rider2 Indoprik, mereka jarang banget pake rem belakang.
    kebanyakan pake rem depan bro.
    rem belakang cuma sebagai penyeimbang aja.

    • setahu saya memang rata2 pembalap pakai rem depan setahu saya
      seperti di motogp juga kebanyakan rem depan dipake
      tp tetap berbahaya kalau gak pake rem belakang dalam riding sehari2

  4. mungkin ini sebabnya yamaha blm mengaplikasikan rdb pd motor sprotnya.
    Kalo rem tromol aja pakem, knapa hrs pake rdb, selain biaya produksi bengkak yg ujung2nya biaya tsb dibebankan konsumen, walhasil harganya jd lbh mahal.
    Ini juga jd PR honda, krn rem tromol tak pakem, maka hrs pake rdb, ujung2nya biaya dibebankn pd konsumen.
    Tp untung ada nama besar honda, jd meskipun pemakaian rdb utk menutupi kelemahan pengeremannya, konsumen tetep manut wae, apalagi diblowup rdb mrpk fitur unggulan.

  5. Rem motor yamaha emang lebih joss
    Di banding honda.
    Soale gw di rumah ada mongtor vario 125
    dan yamaha soul
    Padahal vario 125 yg cbs lho tapi handel rem nya kek berat gitu nariknya,
    #reality.
    Bukan fanboy

  6. bukan nampaknya, tapi emang bener pak…
    di rumah punya 2 motor lain merk dengan kondisi pembelian yg berbeda.
    jupiter 2003 beli 2nd, sama megapro ’07 beli gres…
    selama pakai itu, sama2 ditarik pakai 2 jari, rem depan jupiter lebih pakem daripada megapro…

  7. kemungkinan itu disengaja sama honda demi keamanan agar nggak ngunci. jika ingin pakem ganti aja selang dg yg lebih rigid.

    jika rem depan terlalu pakem rawan jatuh karena hilang kendali saat ngerem karena reflek.

    • menurutku, selang tidak berpengaruh besar. Soale bebek yamaha jg pake slang rem model karet, sama spt bebek honda n susi.
      Yg paling berpengaruh adalah kampas remnya.
      Utk vega yg ori asli jepun nyampe 75k, sdg supra tdk smp 40k.
      Kalo bebek honda mau pakem, tinggal ganti kampas rem punya kaze yg ori jepun warna emas (entah skr msh produksi ato gk)

  8. idem kl soal rem pakem, ssejauh ini yamaha diatas angin…
    satu lagi ke unggulan rem yamaha, baut penyetel rem belakang nya yang model kupu2 memudahkan menyetel, tinggal puntir aj pake jari udah kelar, kl honda harus pake kunci pas 12 itupun sering seret/ berat muternya( cuma bahaya kl ada orang iseng ngendorin jg gampang, 😀

  9. Salam kenal pak Bons, pengalaman naik supra x125 dan jupiter burhan masih yakin jupie jika mau ngebut, remnya bisa diandalkan, bawa supra x 125 setahun dari baru rem cakram depan gak pakem dan berat. Apa memang produk massal dan laris sehingga kualitas dikorbankan. Yang penting orang tahu ada fitur rem cakram, gengsi naik meski secara fungsional seadanya. Mending generasi lawas seperti prima dan grand masih lebih baik.

  10. dulu punya GL Pro gress … rem cakram depan dipakai jalan selalu bunyi srek-2, kalo dipakai ngerem berat dan nggak pakem sudah diganti jkaliper rem tetap nggak pengaruh… rem belakang nggak koment , sama saja … (bukan fans boy)

  11. ikut nimbrung, motor yamaha untuk harian skaligus juga untuk balap makannya remnya Joz banget langsung Ceiit, w dah bandingin rem mio ma Beat hasilnya rem mio empuk dan pakem sementara beat agak keras dan beda beberapa detik untuk berhenti, yah itu pengalaman pribadi w, yg lain monggo

1 Trackback / Pingback

  1. Pengereman Yamaha Mio Sporty Pakem Banget, Empuk Lagi | Ochim Personal Blog

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin