Gak Penting..,Tapi Perlu Tahu Gan: Arti Tanda Titik Pada Ban

Kalau James Bons beli ban baru, sekilas terlihat ada 1 titik berupa bulatan kecil berwarna putih atau kuning, ada juga sih yang  berwarna lain ya tergantung keluaran pabrikannya. Nah ternyata tanda itu bukan cuma tanda biasa, melainkan ada artinya tuh mas bro.

Pada motorplus-online (Minggu,27/5),Ronald Suherman dari bagian promosi PT Banteng Pratama alias Mizzle menjelaskan bahwa tanda itu harus dipasang lurus dengan pentil. Karena pentil ban merupakan titik berat dari ban. Agar gerakan ban bergerak dengan balance ketika roda berputar cepat, dan tidak membuat getaran tinggi.

Ternyata memang pabrikan sudah membalancing ban motor atau mobil tersebut nih gan. Dan tanda titik itu ditempel berdasarkan balancingnya. Makanya diposisi tersebut harus dipasang lurus sejajar dengan pentil.
Begitu mas bro..,semoga bermanfaat..

ban
Advertisements
Advertisements

17 Comments

  1. ;)(y)™SSiiiiiiiiPPPPPPP™(y);)
    . I ). ( I
    / I I.
    /__’,_ ,’___
    /( __ _).. /(_ __ )
    I ( __ _ )). ((__ __ )I
    I ( __ _) ). ( (_ __ _)I
    (___ _)/, (___ _)/
    =D /

    _/ _

  2. nice info gan. 🙂 la terus… fungsi serabut2 di ban apa gan. apa cuma menandakan bahwa ban itu baru.?

    • Itu untuk menandakan kalo ban itu bener2 masih baru, belum pernah dipake sama sekali. Mungkin tujuannya untuk menghindari penjual ban nakal yg ngejual ban bekas dengan harga baru CMIIW. Seiring waktu pemakaian, nanti garisnya bakal ilang sendiri

  3. Titik yang mana bro?
    Kalo lihat gambar di atas kayanya itu titik bekas overflow/airflow. Di cetakan ban itu ada lubang kecil-kecil untuk membuang udara yang terjebak sekaligus membuang kelebihan karet.

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin