Tentang iklan-iklan ini
jump to navigation

Bro Kudalumping: SHARE Mutasi Kendaraan, jabanin sendiri lebih asyegg,, :p 8 Juni 2012

Posted by Bonsai Biker in Portal Otomotif.
Tags: , , , , ,
trackback

Nubie ijin share ya J . Kemaren ane mutasi kendaraan ane, Bajaj Pulsar 180 DTSi tahun 2007 ( P180 UGIII ). Sebenere ane bimbang pas mau mutasi. Mo mutasi atau ganti baru, sempet mbayangin spesies dari pabrikan lain, tapi berhubung udah terlanjur sayang ama si Kebo ini ya sudahlah, ane tekadin untuk balik nama aja. :D

Oh iya, ini mutasi dari Semarang ke Kabupaten Demak (alias beda daerah tapi masih dalam satu provinsi)

 

1. Cabut Berkas ( Tanggal 16 Mei 2012, lama pengurusan sekitar 2,5 jam )

          Pertama ane sambangin Samsat Semarang II di daerah Banyumanik (tempat motor di daftarin). Dari rumah siapin dulu :

-       BPKB

-       STNK

-       KTP pemilik baru (kalau pengen atas nama orang lain, misal bokap/nyokap/istri, harus pake surat kuasa bermaterai, kalau males bikin, biasanya di tempat fotokopi Samsat udah ada)

-       Kwitansi pembelian bermaterai yang ditandatangani pemilik terdahulu (tanggalnya harus ga terlalu jauh sama proses mutasinya),

-       Map, Bolpoint, sama uang pecahan 10 ribu / 5 ribuan yang banyak,, :p

          Pertama kali dateng langsung ke loket cek fisik. Sama petugasnya ditanya keperluannya apa, ane nyang belum tau ya asal bilang aja balik nama, langsung disuruh ngomong ama petugas cek fisiknya (petugas gesek no.rangka en mesin).

          Abis digesek ditarik 15 ribu sama sama petugas cek fisiknya en dikasi blangko (biaya siluman :p ), balik lagi ke loket cek fisik buat minta cap. Lalu fotokopi KTP, BPKB en tetek bengek lainnya di fotokopian samsat, abis 10 ribu. Pas fotokopi dikasi tau mas-mas fotokopinya, kalau blangko cek fisiknya salah, bukan blangko balik nama, tapi harusnya blangko mutasi karena mo dibawa pindah ke luar daerah. Balik lagi ke loket cek fisik, dibetulin, terus langsung ke lantai dua tempat loket mutasi.

          Pas nyerahin berkas diloket mutasi suruh turun lagi ngambil leges di bawah : :shock: , balik lagi ke bawah, ngambil leges, balik lagi ke loket mutasi, ternyata harus ngambil berkas dulu di loket arsip, disini di tarik 10 ribu (biaya siluman). Terus balik lagi di loket Mutasi, diminta mbayar lagi 10 ribu (biaya siluman lagi), trus suruh nunggu sampe nama ane dipanggil.

          Ga sampe 10 menit udah dipanggil, sama mbak2 kasir, ngambil kayak semacem lembar pajak STNK gitu, bayar 75 ribu (yang ini kalau ga salah inget antara 30k / 75k, gara – gara banyak biaya siluman jadi lupa :p). Balik ke loket mutasi ngambil berkas ane trus langsung disuruh ke loket fiskal, tapi sebelumnya suruh fotokopi lagi lembar pajak tadi yang udah dibendel. (balik lagi ke tempat fotokopi, BUSSETTTT dah :shock: )

          Abis fotokopi, langsung ke loket fiskal, nunggu sebentar, udah jadi. Karena ane mutasi laen daerah disuruh balik lagi ke loket mutasi yang tadi.

          Baliklah ane ke loket mutasi lagi, petugasnya minta nomer Hape, trus bayar 300 ribu. En diminta nunggu 2-3 minggu buat proses. Dapet semacam berkas keterangan sedang proses mutasi sebendel biar ga dinakali pak isilop dijalan..:p

          2 minggu kemudian (30 Mei 2012), ane dikabarin kalau proses cabut berkasnya uda selese. Hari itu juga langsung ane ambil. :D

2. Daftar di Samsat Demak ( Tanggal 1 Juni 2012, lama pengurusan juga 2,5 jam, lama gara-gara datang kepagian )

          Setelah tanggal 30 Mei selese, tanggal 1 Juni baru ane masukin berkasnya ke Samsat Demak. Pertama digesek dulu (biaya siluman 18ribu), abis itu ke loket cek fisik.

            Diloket cek fisik dikasi formulir, abis ngisi ane balikin ke loket, ternyata suruh ngambil leges en formulir lagi di loket mutasi di depan. (buset dah :tepokjidat: ). Setelah semua formulir kekumpul en diisi, baliklah ane ke loket cek fisik, nyerahin berkas, di stempel trus fotokopi dulu berkasnya (bilang aja mutasi masuk, tukang fotokopinya pasti ngerti).

          Setelah selese di fotokopi balik ke loket mutasi diminta ninggal berkasnya, katanya mau di crosscheck dulu ke POLDA Jateng. Suruh nyantumin nomer HP en nunggu maksimal seminggu.

Dikasih tanda bukti berupa fotokopinan surat pengantar dari Samsat Semarang.

3. Pengambilan STNK en Plat Nomor ( Tanggal 5 Juni 2012, lama pengurusan ga sampe 2 jam )

          Ga sampe seminggu (tepatnya 4 hari) ane dikabarin kalo proses udah selese. Langsung ane samperin, Di loket mutasi nunjukin tanda bukti kemaren terus oleh petugasnya dikasihin berkas ane yang udah di crosscheck (dapet lembar pengesahan crosscheck) lalu disuruh ke tempat pengurusan BPKB.

          Di Loket BPKB ngisi formulir en masukin berkas. Dikasi semacam tanda bukti suruh nunggu 2 minggu buat proses BPKB. Eits,, disini bayar dulu 85 ribu hahaha.

          Abis itu suruh ke loket Pendaftaran, di loket pendaftaran setelah nyerahin berkas ane disuruh nunggu sampe nama ane dipanggil mbak mbak kasir. Ga sampe 10 menit, udah dipanggil mbak kasir (baru kali ini ane dipanggil cewek cantik perasaan ane ga enak  :shock: ) suruh bayar 380.000 buat pajek STNK en tetek bengeknya. Trus nunggu nama ane di panggil di loket penyerahan STNK en plat nomer. Ga berapa lama, nama ane dipanggil, plat nomer en STNK udah jadi.

:win: HOREEEEEE!!! :win:

RIncian Biaya

1. Cabut berkas

- Map, fotokopi en tetek bengek lain   :    Rp.   11.000

(ane udah dikasi kwitansi bermaterai sama pemilik sebelumnya, nyang belum silahkan ditambah biaya materai, atau kalo ga mau repot biasanya di tempat fotokopian di samsat jual kwitansi bermaterai, tinggal diisi, tapi tentunya lebi mahal daripada beli sendiri)

- Bayar petugas cek fisik (siluman)          : Rp.   15.000

- Bayar di loket berkas/arsip (siluman)  : Rp.   10.000

- Bayar dikasir ( yang ini lupa antar 30k / 75k, -

cantumin yang 75k aja buat jaga jaga)        : Rp.   75.000

- Bayar di loket mutasi (yang 10k siluman)   :  Rp.  310.000

- Parkir         : Rp.     1.000

Total                                              : Rp.   422.000

2. Daftar di Samsat Demak

- Bayar petugas cek fisik (siluman)        :  Rp.   18.000

- Bayar Fotokopi              :  Rp.     8.000

- Bayar biaya pengurusan BPKB      :  Rp.   85.000

- Bayar biaya STNK en tetek bengek lainnya      :  Rp. 380.000

- Beli Plastik tempat STNK       : Rp.     1.000

- Parkir (balik 2x)         :   Rp.     2.000

Total                           :       Rp.  494.000

TOTAL      :   Rp.  916.000

Alur Pengurusan yang bener (ga kayak ane yang kudu bolak balik bolak karena ga tau alurnya :p )

Di Samsat Semarang II ( Banyumanik) / cabut berkas

Digesek —- > Loket Cek Fisik —- > Fotokopi  (kasihin aja berkasnya ke tukang fotokopi, ngomong mau mutasi, mereka udah ngerti mana aja nyang kudu dikopi) —- > Loket Leges —- > Loket Berkas/arsip —- > Loket Mutasi —-> Kasir —- > Loket Mutasi —- > Fotokopi —- > Loket Fiskal —- > Balik lagi ke Loket Mutasi (trus dapet tanda bukti) —- > (2minggu kemudian) —- > ambil berkas yang udah dapet surat pengantar en keterangan dengan menukarkan tanda bukti kemaren

Di Samsat Demak / Daftar mutasi masuk

Digesek —- > ambil Formulir di Loket Cek Fisik, leges di Loket Leges dan Formulir di Loket Mutasi, lalu diisi selengkap mungkin —- Loket Cek Fisik —- > Fotokopi berkas  (kasihin aja berkasnya ke tukang fotokopi di Samsat, ngomong mutasi masuk, mereka udah ngerti nyang kudu dikopi) —- > Loket Mutasi (dapet tanda bukti)  —– > (4hari kemudian) —- > ngambil berkas di Loket Mutasi dengan nukerin tanda bukti kemaren —-> Loket pengurusan BPKB —- > Loket Pendaftaran —- > Kasir —- > Loket pengambilan STNK en Plat Nomor

*BPKB masi dalam proses nyang katanya 2 minggu (dapet tanda bukti).

NB : keliatannya emang ribet tapi kalo di jalanin ya enteng enteng aja tuh., :D

Tentang iklan-iklan ini

Komentar»

1. rusmanjay - 8 Juni 2012

mahal juga ya

2. LUI - 8 Juni 2012

ni kal mutasi cara siluman jauh lebih mahal tp ga pusing. cm nyerahin BPKB ma STNK syarat2 lain ga lengkap gakpp, Bayar 1,6juta dah beres dari proses cabut berkas sampe mutasi masuk kita tinggal tunggu di rumah aja,hehehe (itu untuk mutasi antar kota antar propinsi seluruh indo ya,pengalaman kemari ngurus mutasi dari jakarta ke jawa timur, ninja 150 tahun 2003 :D)

3. ipanase - 8 Juni 2012
4. zhe - 8 Juni 2012

4
No coment :D

5. anaksehat - 8 Juni 2012

oh birokrasi indonesia.

Ruweeetttt…

6. Bonsai Biker - 8 Juni 2012

namanya juga usaha, :D

7. raya - 8 Juni 2012

yaelah.. dari semarang ke demak pake mutasi segala..

kudalumping - 8 Juni 2012

ya iyalah. Mutasi balik nama

8. kudalumping - 8 Juni 2012

jah. Digae artikel tenan. :p
Sory kalo kayake ribet (apa gara2 bahasa ane jadi keliatan ribet ya,, xp) , sebenere gampang banget ko, tinggal nyerahin berkas, en ngikutin alurnya aja,,, mahal? Ga juga..kalo tanpa biaya siluman ya cuman 850ribuan..mahal ga nya trgntg mtrnya juga si :p
Tapi rasanya lbh puas ngurus dewe :p

Ribet? Kalo birokrasi ga ribet ga Indonesia namanya. Wkwkwk..
Hm.. Sbnere masi banyak kurangnya pelayanan.. Kayak ga ada tempat informasi, ga ada conto pengisian formulir jadi agak bingung pas ngisi, en ga ada kejelasan alur pengurusan, jadi ya bolak balik en tanya tanya sana sini…

9. az3angle - 8 Juni 2012

semrawutnya segaja dirawat,karena berhubungn dgn hajat hidup orang banyak(ato org tertentu)

10. gasspoll83 - 8 Juni 2012
11. Gogo - 8 Juni 2012

inilah alam birokrasi, klo smunya dah tersistem informasi, cukup pejet2 kibord, cek kendaraan. beres..

12. lare - 8 Juni 2012

ane ga berhasil mutasi.. dah bolak-balik ke samsat.
rencana mo mutasi in smash taon 2004 ke jogja, apa daya birokrasi kota ku ni ga bisa di tembus… persis seperti benang kusut… lempar ke sana, lempar di mari, habis duit lempar ke parit..

13. strngman - 8 Juni 2012

hahaha, ane tahu om ribetny kudalumping pas ngurus :mrgreen:

14. Rony - 9 Juni 2012

di jateng emang banyak uang ghoibnya…saya mutasi supra x 125 r taun 2009 dari kediri ke cepu aja nyabut berkasnya gratis gda biaya sepeserpun di samsat kab. kediri..total abis 500an..ud beres…tapi ane akhirnya total abis 1 juta coz yang 500 ribu buat beli nopil..K 6000 **..hehehehe…samsat kediri mantap dah…ane nyabut berkas cuma abis 20 ribuan..itupun buat potokopi2 doank..ke petugas gda pungutan sama sekali..:D

15. persamaankuadrat - 20 Juli 2012

aku ga pernah ke samsat, langsung kutitipin di biro jasa kerajinan kayu

16. mountea - 15 September 2012

ikut bagi pengalaman gan.ane juga ni lagi ribet mutasi.sm kayak agan juga byk uang silumannya. BTW nice inpo gan

17. boedhkecil@yahoo.com - 6 November 2012

Thank U Gan, kasih infonya. Bermanfaat bagi ane2 yg kagak ngerti urusan yg begituan..

18. Rizqy Topan - 13 Desember 2012

gan mau nanya. Kalo mutasinya bulan november, apa mungkin BPKBnya masih ketahan ampe bulan februari? Ane mau beli mobil bekas, tapi BPKBnya gak ada, dengan alesan abis dimutasi. Thx

19. jati - 18 Maret 2013

kl ane cabut berkas dari samsat semarang biaya.y kok.cuma 360rb aja y itu + biaya tetek bengek

(timor 97)

20. Roy Eri - 16 April 2013

gila tuh siluman bukan nya bantuin malah nyusahin ya…
thanks gan info nyal,,,

21. veris - 20 Mei 2013

agan-agan smua ane nanya kalo mutasi plus ganti nama beda kota tapi masih satu provinsi(bandung ke cirebon) kira2 biayanya berapa?? mohon bantuannya. thanks

22. Om Gasat! - 18 Desember 2013

sangat bermanfaat, saya bukmak mbah. salam kenal :mrgreen:


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.456 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: