Berburu Ban Second Buat Motor/Mobil Kenapa Tidaak!

Agan sekalian, harga ban yang terus menanjak tak jarang membuat kita beralih melirik ban second baik untuk motor maupun untuk mobil. Terutama untuk mobil, mmm bsa dibayangkan harga bannya rata-rata diatas 1 jeti, kecuali untuk mobil niaga macem Carry Esapass dll yang cuma dikisaran 500-700an.

ban bekas
ban bekas

Nah harga ban yang melambung ini tentu bermasalah bagi para homosek aliah hobi mobil seken. Contoh saja BMW 3210 mungkin boilnya hanya 40 juta tapi bannya gan beee diatas 1 juta. Demikian juga Blazer bannya yang ukuran 235/75/R15 dueler yang A/T (All Terrain/alias bisa ngaspal atau lumpur) 1 jeti ke atas gan,apalagi yang type MT alias lumpur, wee bisa muahal lagee gan. Nah untuk tipe H/T atau khusus aspal kabarnya aga murahan. Namun tetep saja menguras kantong.

Nah ban seken inilah solusinya. Harganyapun cukup menggiurkan, sebuah ban Blazer masih layak pakai bisa kondisi masih 85% dibeli dengan harga 300-500-an. wee bisa sepertiga harga baru gaan. Menggiurkan bukan.

Bagaimana mendapatkan ban bagus?

Ya untuk yang ini memang harus betul-betul teliti, banyak orang nakal yang mengukir lagi ban yang udah alus sehingga nampak masih joss, padahal nepu. Biasanya yang suka jual ban bagus adalah pedagang mokas, ban kinyis-kinyis dilego lalu diganti ban yang agak jelekan, katanya untuk biaya operasional atau kasarnya menambah untung. Ata juga hunting di komunitas, biasanya suka ada yang jual ban karena ganti model makanya bannya masih jozz. Hati-hati juga ban fulkanisiran yang tentu gampang ambrol.

Nah untuk motor biasanya ban seken hanya dijual sekitar 20 rebuan. Namun ya itu tadi hati-hati biasanya suka diukir lagi ban yang dah alus. Nah bila anda teliti maka akan untung, pasalnya banyak juga orang ganti ban lebar padahal bannnya masih bagus. So monggo ditimang-timang.

Advertisements
Advertisements

10 Comments

  1. dilihat ada tidakny tambalan..ketebalan ulir ban..tahun pembuatan..ada tidaknya sobekan..merk ban juga..pernah bli bridgs potenza re 080 kondisi jos cm 800 ribu aja..hehe..ud dpt 4..:D

  2. he5.
    Asek ki. Kalo temen2 ane biasane cari sekenan pirelli or battlax.
    Lumayan loh :p
    Miring harganya. Tapi masi joss performanya 😀

  3. Lha trus bedain ban yg masih ori dengan yg udah direkondisi piye carane om?? Xenia ane jg dah waktunya ganti. Dunlop baru 500-an, yg sekenan 150-175/buah, mo ngambil sekenan ga ngerti bedainnya gimana. dibahas juga dong gan

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin