Menilik Cara Para Kiai Merawat Motuba Eropa

BRader sekalian, entah takdir atau angin yang membawa yang jelas kebetulan tanpa sadar tau-tau James Bons banyak berteman dengan para Kiai. Yah suatu keanehan dalam hidup James Bons dimana ketika kecil James Bons bercita-cita pingin mondok, ee setelah daftar bokap bilang “Bapak gak kuat bayar le”, weh pupus harapan, dan sejak saat itu James Bons gak pernah mondok la duit darimana bisa bayar. Wal hasil hanya beberapa kitab ijo kuning merah aja yang berhasil James Bons selesaikan.

 (Sorry bro foto sudah di hapus)

Nah puluhan tahun berlalu, ternyata angin membawa James Bons ke Cirebon, daerah yang banyak pondoknya, kenal bahkan akrab dengan banyak Kiai yang  beberapa diantaranya masih terhitung cucu Sunan Gunung Jati. Bermodal sedikit kemampuan bahasa Arab dan Inggris, ee malah disuruh ngajar dipondok, “jiah malu”, wong gak pernah mondok malah suruh ngajar dipondok heheheh.

Beberapa lama bergaul dengan para Kiai dari berbagai pondok yang berbeda ini, ada satu hal yang terlihat nyleneh, para kiai ini suka mengkoleksi mobil-mobil tua bangka alias motuba. Hahaha jangan suuzon dulu ama kia ya tar dibilang Hobinya kiai kolektor motuba, hahahah. Ya alasan real mempunyai banyak mobil adalah memang untuk kendaraan operasional pondok misal untuk datang ke pengajian, untuk belanja logistik pondok, untuk silaturrahim dll. Kenapa motuba ya harganya memang murah gan, kalau beli mobil baru kan mahal.

Banyak kiai yang mengatakan, “Hidup saya ini mas cuman numpang di pondok, tanah dan bangunan ini hanya milik Allah yang dipergunakan untuk umat-Nya”. Jiah padahal kalau secara hukum tanah dan bangunan adalah milik si pak Kiai berikut semua mobil, namun demi kihlasannya pak kiai ini juga mengajarkan pada aak cucunya bahwa semua harta pondok adalah milik Allah untuk kepentingan umat. So ya wajar kalau beli mobil harus yan tua bangka biar murah, kan memang untuk umat buak untuk mewah-mewahan pak kiai.

Nah pertanyaannya bagaimana pak kiai merawat mobil tua ini?  Ya yang jelas sering mbengkel lah wong dah uzur, bahkan umurnya juga seumuran pak kiai yang udah uzur juga.

Nah ternyata pak kiai ini mampu menginsyafkan orang-0rang keblinger, lalu dibeliin alat bengkel disekolahin mbengkel,dan memberikan mobil pak kiai sebagai bahan praktek, hasilnya mmm, dalam beberapa bulan si mantan keblinger tadi dah jadi bengkel andal. Sambil buka bengkel si Mantan Keblinger ini menjadi maintenence mobil-mobil pondok, jadi kalau ada mobil pondok rusak, tak usah repot-repot bayar mahal ke bengkel, so sama-sama untung kan, pondok dapat murah, si Mantan Keblinger bisa buka bengkel sendiri, cari uang sendiri, toh tak tiap hari mobil pondok rusa kan!

Pernah suatu hari Kebo tunggangan James Bons rusak kaki-kaki, koplimng dan rimnya, hahah banyak bangeeet! Saat ke bengkel nanya biaya jelas diatas 3 jeti kata si bengkel wong boil amrik, mmm tobat. Nah saat dipondok pak kiai ternyata tahu kalau si Kobo James BOns rewel, kontan beliau manggil teknisinya tuk benerin. Bayangkan gan, mulai kopling, rem, kaki-kaki yang semuanya difonis sekitar 4 jutaan., ealah alhamdulillah cuman belanja abis 1 jeti, saat JamesBons nanya ongkos, ee cuman 250 rebu rupiah jiah murah tenan, dibanding bengkel biasa separuhnyapun gak ada, hahaha, hasilnya jozz lagi, alhamdulillah.

Nah untuk share bila agan sekalian mo beli mbil tua, si mekanik juga menjelaskan secara gamblang gan, mmm jozzz. Mau coba !

Advertisements
Advertisements

30 Comments

  1. Sakit hati ni jurgan kang mas abah masa motor absoluterevo taun 2009 saya jarang di apake km4000 di hargai 6jt ancur ancur deh 😀 tadinya mau ganti kalau yg nawarnya pada sadis mending di laminating aja 😀

  2. temen ane dpet 20jutaan gan, tp restorasi lantai karena keropos..
    posisi jogja.
    taun 92 ato 94, lupa ane..
    kalo ane bilang si worthed lah gan..
    model jg lmyn..
    cocok buat keluarga muda..

  3. wuih,mau dong dibeliin peralatan bengkel dan disekolahin pak kyai
    Tapi syaratnya harus jadi preman dulu!
    Hahaha just joke!

  4. Yen dongeng motuba kiai Dadi kelingan critane mbah hamid pasuruan lan mbah bisri mustofa allahuyarhamhuma,malah jarene sg ngluro’ke gusmus muda..

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin