TRIK DITILANG POLISI dari BLAZERIAN INDONESIA! Semoga bermanfaat!!

Beberapa waktu yang lalu sekembalinya berbelanja saya pulang dengan menggunakan taksi. Ada adegan menarik ketika sopir taksi hendak ditilang oleh polisi. Dialog antara polisidan sopir taksi seperti ini. Polisi (P) : Selamat siang mas, bisa lihat Sim dan STNK? Sopir (Sop) : Baik Pak… P : Mas tau..kesalahann ya apa? Sop : Gakpak P : Ini nomor polisinya gak sepertiseharusnya (sambil nunjuk ke plat nomor taksi yg memang gak standar sambil lalu menulis dengan sigap di buku tilang) Sop : Pak jangan ditilang deh…plat aslinya udah gak tau kemana… kalo ada pasti saya pasang P : Sudah…saya tilang saja…banyak mobil curian sekarang (dengan nada keras!!) Sop : (Dengan nada keras juga ) Kok gitu! taksi saya kan Ada STNK nya pak, ini kan bukan mobil curian! P : Kamu itu kalo di bilangin kok ngotot (dengan nada lebih tegas)kamu terima aja surat tilangnya (sambil menyodorkan surat tilang warna MERAH)
tilang
tilang
Sop : Maaf pak saya gak mau yang warna MERAH suratnya…Saya mau yg warna BIRU aja P : Hey! (dengan nada tinggi) kamu tahu gak sudah 10 Hari ini form biru itu gak berlaku! Sop : Sejak kapan pak form BIRU surattilang gak berlaku? P : Inikan dalam rangka OPERASI, kamu itu gak boleh minta form BIRU…Dulu kamu bisa minta formBIRU… tapisekarang ini kamu Gak bisa… Kalo kamu gak kamu ngomong sama komandan saya (dengan nada keras dan ngotot) Sop : Baik pak, kita ke komandan bapak aja sekalian (dengan nada nantangin tuh polisi) Dalam hati saya …berani betul sopir taksi ini … P : (Dengan muka bingung)Kamu ini melawan petugas!? Sop : Siapa yg melawan!? Saya kan cuman minta form BIRU… Bapak kan yang gak mau ngasih P : Kamu jangan macam-macam yah… saya bisa kenakan pasal melawan petugas! Sop: Saya gak melawan!? Kenapa bapak bilang form BIRU udah gak berlaku? Gini aja pak saya foto bapak aja deh…kan bapak yg bilang form BIRU gak berlaku (sambil ngambil HP) Wah … wah hebat betul nih sopir …. berani, cerdas dan trendy … (terbukti dia mengeluarkan hpnya yang ada berkamera. P : Hey! Kamu bukan wartawankan! ? Kalo kamu foto saya, saya bisa kandangin (sambil berlalu) Kemudian si sopir taksi itupun mengejar itu polisi dan sudah siap melepaskan “shoot pertama” (tiba-tiba dihalau oleh seorang anggota polisi lagi ) P 2 : Mas, anda gak bisa foto petugas sepeti itu Sop : Si bapak itu yg bilang form BIRUgak bisa dikasih (sambil tunjuk polisi yg menilangnya) lalu si polisi ke 2 itu menghampiri polisi yang menilang tadi, ada pembicaraan singkat terjadi antara polisi yang menghalau si sopir dan polisi yang menilang. Akhirnya polisi yg menghalau tadi menghampirisi sopir taksi P 2 : Mas mana surat tilang yang merah nya? (sambil meminta) Sop: Gak sama saya pak…. Masih samatemen bapak tuh (polisi ke2 memanggil polisi yang menilang) P : Sini tak kasih surat yang biru (dengannada kesal) Lalu polisi yang nilang tadimenulis nominal denda sebesar Rp.30.600 sambil berkata “nih kamu bayar sekarang ke BRI … lalu kamu ambil lagi SIM kamu disini, saya tunggu”. S : (Yes!!) Ok pak …gitu dong kalo ginidari tadi kan enak… Kemudian si sopir taksi segera menjalnkan kembali taksinya sambil berkata pada saya, “Pak .. maaf kita ke ATM sebentar ya .. mau transfer uang tilang . Saya berkata ya silakan. Sopir taksipun langsung ke ATM sambil berkata, … “Hatiku senang banget pak, walaupun di tilang, bisa ngasih pelajaran berharga ke polisi itu.” “Untung saya paham macam2 surat tilang.” Tambahnya, “Pak kalo ditilang kita berhak minta form Biru, gak perlu nunggu 2 minggu untuk sidang Jangan pernah pikir maungasih DUIT DAMAI…. Mending bayar mahal ke negara sekalian daripada buat oknum!” Dari obrolan dengan sopir taksi tersebut dapat saya infokan ke Anda sebagai berikut: SLIP MERAH, berarti kita menyangkal kalau melanggar aturan Dan mau membela diri secara hukum (ikut sidang) di pengadilan setempat.. Itupun di pengadilan nanti masih banyak calo, antrian panjang, Dan oknum pengadilan yang melakukan pungutanliar berupa pembengkakan nilai tilai tilang. Kalau kita tidak mengikuti sidang, dokumen tilang dititipkan di kejaksaan setempat, disinipun banyak calo dan oknum kejaksaan yang melakukan pungutan liar berupa pembengkakan nilai tilang. SLIP BIRU, berarti kita mengakui kesalahan kita dan bersedia membayar denda. Kita tinggal transferdana via ATM ke nomerrekening tertentu (kalo gak salah norek Bank BUMN). Sesudah itu kita tinggal bawa bukti transfer untuk di tukar dengan SIM/STNK kita di kapolsek terdekat dimana kita ditilang.You know what!?Denda yang tercantum dalam KUHP Pengguna Jalan Raya tidak melebihi 50ribu! dan dananya RESMI MASUK KE KAS NEGARA.
*Maaf tidak bermaksud untuk melecehkan atau merendahkan salah satu Pihak ini murni hanya ingin berbagi Pengalaman.
#Semoga Bermanfaat.
Advertisements
Advertisements

38 Comments

  1. mantaappppp senang betul saya bacanya 😀 hhahaha
    saya kena tilang lampu *SIANG HARI* Rp. 110.000,00 *waktu masi bodo* hhhaha
    nah kalo mahasiswa kan duit segitu bisa dipake beli buku, sembako dapur, ato buat beli keperluan lain.. hmmmm
    Indonesaahh Indonesaahh
    Mantap tulisannyaa 😀
    salam

  2. Kejadiannya kapan itu pak…??
    Kalau sekarang denda pelanggaran paling kecil khan 250rb…?? (untuk motor)
    Jadi kalau menurut saya mendingan slip merah… Sidang tilang paling kena 60rb.

  3. ini sih udah lama di kaskus…….
    fyi….klo kita minta tilang slip biru artinya kita mngakui kita salah….tanpa disidang dan anda tahu berapa yg bkal dikenakan???
    denda penuh……ga bawa helm aja bisa kena ratusan ribu
    klo ga bawa sim…lain ;llagi dijamin bukan 50rb seperti artikel di atas deh..
    ga percaya?lihat aja denda g bawa sim di blakang sim anda…….
    klo info jgn ditelen mentah2 kasihan yg nir jurus ini trus hrus bayar denda 300rb lbh.ckckckck

  4. terakhir kena tilang beberapa ulan lalu, salah jalan karena rambunya kecil gak terlihat kalau dilarang masuk, lalu tilang kena 27 rebu, berdasarkan aturan terbaru

  5. Polisi : Kamu itu kalo di bilangin kok ngotot , kamu terima aja surat tilangnya, tinggal pilih :
    A. Mau bayar denda kisaran 250rb keatas nih saya kasi slip biru.
    B. Mau bayar denda kisaran 50rb di pengadilan nih saya kasi slip merah.
    C. Mau “titip uang sidang” 20Rb juga boleh, kagak perlu slip-slipan..

  6. cesssssssssss ngomong2 tilang2 nih pak bonsai
    nih matius juga punya pengalaman,,,, begini cerita nya waktu matius
    pulang kerja pukul 3 pagi trus dikejar sama mobil polisi
    sambil nyuruh matius minggir
    P slamat malam pak bisa tunjukan surat2 kendaraan bapak
    M degan lantang menjawap malam gundulmu inikan udah jam 3 pagi
    cesssssssss tampa babimu sipolisi muda kaget terperanjat mendegar
    jawapan matius,,, wuiss stnk di cabut dari dompet sambil diberikan tuh kepada polisi cessss sipolisi lansung nanya kerja dimana pak
    matius diam aja ngak menjawap tuh pertayaan polisi trus
    lansung dia nanya lagi bpkb nya mana pak cessssssss
    bikin panas oooiiii masa nanya bpkb,, lansung aja matius berdiri dari motor sambil mengacungkan tinju yang segede jiregen 5lter kearah tuh petugas sambil berkata setan lo te lo mau beli motor gua ya nanya2 bpkb ha,,, cesssssss lansung terdegar triakan dari dalam mobil sabar2 pak,,, cesss turun tuh petugas satu lagi yang memang sudah agak tua,,, trus beliua nanya kerja dimana pak lansung matius jawap saya juga trirobrik cesssssssss gilaaa matius salah nyebutin seharus nya tribata,,, wuisss degan tampang yang angker plus badan yang gede banyak juga orang yang ngatain matius mirip buser
    cessss sipoli lansung balik nanya trirobrik apaan itu pak saya belum pernah degar cessss gila alamat kena kandagin juga nih matiusss
    tapi otak lansung bekerja tampa ragu matius balik bentak.. anda ini gimana sih anda kan seorang polisi senior masa degan trirobrik tidak tahu,, trirobrik itu kesatuan intel propam cesssssssssss sipoli keder
    sambil berkata maaf pak bisa lihat KTA nya cessss gila tengsin oiiii
    matius balik bentak anda2 benar2 saya gampar nati ya jagan sampai ya kesabaran saya hilang,,, saya kesini mau nyamar nangkap polisi eeehhh malah penyamaran saya terbongkar gara2 anda,, cesss sipolisi keder sambil berkata maaf pak silahkan dilanjutkan perjalanan nya,,, wuisssss tampa babibu kontak si cs1 lansung on bremmm bremmm trus terdegar suara bang cesss kaget,, matius noleh apa lagi sih kata matius trus sipolisi muda jawap abang ganteng kok cesssssssss matius jadi panas sambil berkata ganteng gundulmu ini tampang sudah mirip yudi batang masih kamu bilang ganteng
    ngejek kamu ya,,, ngak bang,,, maaf bang siapa tuh yudi batang
    cesss jagan lo tanya lagi ya sambil matius lirik kiri kanan wuisssss
    angkerrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr

  7. kna semprit karna lupa ngidupin lampu besar disiang hari.
    polisi: selamat siang (sambil beri hormat)
    saya: ya (sambil buka kaca helm).
    p: bapak sudah melanggar peraturan, tidak menghidupkan lampu besar.
    s: oh iya, maap lupa.
    p: bisa saya liat surat suratnya
    s: ya, sabar (sambil ambil sim stnk didompet.
    p: bapak kena pasal… (lupa dia menyebutkan angka berapa) dan didenda antara 100rb sampai 500rb (sambil menunjukan angka yg tertera di buku tilang warna merah) bapak mau titip atau bagaimana?
    s: kalo nitip brapa duit pak?
    p: ya 100rb sesuai yg tertera disini (sambil menunjukan angka 100rb dikertas tilang warna merah posisinya pojok kanan atas).
    s: mahal amat pak.
    p: ini bukan warung bisa tawar menawar (nadanya menggertak dgn suara keras)
    s: ya sudah tulis pak, tulis dikertas merah.
    ternyata polisi itu meninggalkan saya dan menyetop motor lain. Langsung saya turun dari motor tanpa matikan mesin mendatangi dia.
    s: woi… Tulis dulu gua buru buru mo kerja…
    sebelum polisi itu menjawab, saya…

  8. mengatakan lagi ” ga usa ngomong melawan petugas lu, buru mana kertas merah ma stnk saya, lu kantongin tu sim” sambil saya buka helm yg kebetulan kepala saya botak. sayapun bertanya lagi “sidang dimana, kapan?
    p: pulo gebang dkat walikota. dua minggu lagi
    s: okeh.(sambil ambil kertas merah dan stnk).
    perlu rekan rekan ketahui, saat jadwal sidang ruamenya minta ampun, antara penawar jasa dan sipelanggar lalin. Saya pun mengurungkan niat buat ambil sim di pengadilan itu. 3 hari kemudian saya datang ke kejaksaan jaktim. Disana ada loket pengambilan sim dgn menyerahkan kertas tilang. CUMA BAYAR 35 ribu perak dan prosesnya ga sampe setengah jam. Tkp di lampu merah terminal pulogadung, pengadilan bantar gebang kejaksaan jaktim. Sekian

    • weh bisa gitu. Ga ikud sidang yang uda dijadwalkan di anggep menerima kesalahan lho. Dendanya maksimal!

  9. edian lg ngerti eneng form merah form biru ternyata oh ternyata ada triknya jg lepas dari pemerasan

  10. Waah MANTAF banget,
    Thank’s Atas infonya,Bro.
    Sering-Sering aja Ngasih ARTIKEL Pencerahan Spt Ini.

  11. Saya melanggar lampu merah.
    Bayar di bri
    Ternyata 15 ribu plus biaya perkara 1500

    Ini kejadian 2 tahun yang lalu

  12. melanggar lampu merah saja kalau engga salah 250rb… waktu itu akhirnya saya minta slip merah tapi bayarnya nitip petugas… (ga bisa ikut sidang karena beda kota) slip denda merah setahu saya kalau sudah ditulis dan jelas nama serta plat nomer kendaraan kita serta nama petugas penilang dan cap maka itu sah dan tidak bisa diselewengkan…. kalau masih diselewengkan ya itu tanggung jawab dia sama yang di Atas…

  13. kemaren temen gw kena pelanggaran berlapis,mulai dari ga pake spion,ga ngidupin lampu,knalpot berisik,belum punya sim,ga bawa stnk,ga bawa helm
    Apa ga ngeri tuh dendanya,mungkin kalo ditotal 2 jutaan lebih kalau ga damai
    Tapi temen gw melas melas ama polkisnya minta damai,tuh polkis awalnya minta 400 ribu,tapi karena masih pelajar dia melas lagi
    Terus ditanyain maunya berapa?
    Dia bilang cuman punya 30 ribu,tapi polisinya minta 50 udah ga bisa ditawar lagi
    Akhirnya dia relain deh uang saku seminggu buat bayar palakan tuh polkis

  14. ahhh…jadi rieut sayah mah…jd kudu gimana nih jika nt diantara kawan2 yg lg apes kena smprit pokis trs ngada2 melanggar lah ini itu lah…atow emg lg kebetulan kita lg melanggar…kita kudu ngapain supaya kita gak di bodohin n di palakin ma tu oknum???minta pencerahannya donks….

  15. Trik jitu… selalu bawa uang ijo 20.000 di dompet anda… umpetin uang warna merah dan biru di sela2 dompet anda yang lain… Pasang muka bokek dan memelas… Cari alasan yang jitu… bini lahiran lah… interview gawe lah dll… Pait2nya paling cuman bayar 20.000… 🙂 Pengalaman di Pertigaan kalibata; Pajak telat + STNK mati, SIM mati… 😀

  16. ud alasan klasik tuh kl mnta slip biru
    pasti jawabannya BARU2 INI SLIP BIRU GA BERLAKU
    masa selalu barusan ga berlaku

  17. oyiii terimakasihhh infonyaaa so pastiii banyakk manfaatnya terutama sayaaa kerjanya ngukur jalannn cz bnyakk oknum yg gk jelasss..maslahnya saya gk berani gertak balikkk,,jadii pegangann ituu sajaaa oke sippp

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin