Al About Rondo Honda City,Mau Vtec atau IDS-i?

Sebuah request artikel dari … tentang mak Siti ini. Sekedar pendahulian si mesin City dan Jazz m bisa dibilang kembar sial, hehe wong yang satu tumbuh buntut dan yang satu tidak, hahahaha. Yoi sekarang monggo kita bahas dari beberapa sisi berikut:
1. Vtec atau IDS-i
Mungkin beberapa dari brader sekalian ada yang kurang ngeh dengan Vtec atau IDS-i, hehe JamesBOns sendiri sebenarnya juga tidak ahli betull, namun ya sekedar share gan. Yup sebenarnya mas Bro mau ids-i atau vtec mirip sih baik menghadapi tanjakan, turunan, datar ngga masalah, yang bikin beda paling menonjol adalah di masalah akselerasi dan kick effect tenaganya, hal ini terutama akan kerasa pas dipakai di jalan tol. Saat memakai ids-i, efek tendangan ngga begitu kerasa, karena akselerasi tenaga mesin mengalir sempurna secara bertahap di tiap perpindahan gigi. Hal ini sungguh beda ketika saat memaki vtec, saat mas Bro akan overtake mobil di depan, cobain deh susul dengan akselerasi tiba-tiba, si mobil bagai ditepak/ditendang tenaga luar biasa dari arah belakang untuk lebih cepat.
Untuk konsumsi bahan bakar, kabarnya masih unggul mesin ids-i wajar karena tenaganya tidak menghentak.

Lebih jauh, copas dari http://www.bluefame.com/topic/305747-wta-ids-i-vs-vtec-city-2004-2006/ tentang perbedaan dua sistem ini monggo disimak!

Apa sih Bedanya Mesin I-DSI dengan V-TEC ..??
Sebenrrnya itu perbedaan dalam struktur mesinnya aja yang buat dua2 nya punya karakter masing2

I-DSI
idsi
idsi

I-DSI adalah kepanjangan dari intelligent-double sequential ignition
jadi dalam satu silinder ada dua busi ( persis kaya motor bajaj pulsar tds-i )
keuntungannya ya pembakaran jadi lebih sempurna setelah dibakar dengan busi pertama dibakar lagi dengan busi kedua menjadikan mesin dengan tenaga yang sama dapat menghabiskan bahan bakar yang lebih sedikit kerugiannya adalah waktu pembakaran mesin menjadi lebih lama dan respon mesin agak lambat

VTEC
vtec
vtec

V-TEC adalah kepanjangan dari variable valve timing and electronic lift control
itu adalah mekanisme pengatur katup masuk bahan bakar pada tiap silinder mesin, setiap mesin punya putaran yang beda2, ada yang putaran rendah, ada yang putaran tinggi, nah selama ini putaran itu hanya bergantung pada putaran engkol mesin ( DOHC ) atau twin cam, nah dengan vtec putaran itu diatur secara mekanis dan elektris jadi tergantung pada besaran tenaga yang dibutuhkan, ga melulu dari putaran mesin bisa katupnya yang memanjang untuk memberi pasokan campuran bensin dan udara atau memberikan mekanisme pengaturan katup yang berbeda ketika putaran tinggi.
Keuntungannya adalah respon mesin yang baik dan tenaga yang besar,vtec ini sudah keluar dalam bentuk i-vtec dan sistem vtec ini merupakan saingan berat sistem vvt-i toyota dan vvt-nya suzuki tapi tiap sistem punya keunggulan dan kekurangan masing2-masong.

2. Harga ROndonya

Kisaran rondo menurut autocar price adalah:

ity New City i-DSi A/T 2003 110.0 0.0
City New City i-DSi A/T 2004 115.0 0.0
City New City i-DSi A/T 2005 120.0 0.0
City New City i-DSi A/T Facelift 2006 135.0 0.0
City New City i-DSi A/T Facelift 2007 140.0 0.0
City New City i-DSi A/T Facelift 2008 145.0 0.0
City New City i-DSi M/T 2003 105.0 0.0
City New City i-DSi M/T 2004 110.0 0.0
City New City i-DSi M/T 2005 115.0 0.0
City New City i-DSi M/T Facelift 2006 125.0 0.0
City New City i-DSi M/T Facelift 2007 135.0 0.0
City New City VTEC A/T 2003 115.0 0.0
City New City VTEC A/T 2004 120.0 0.0
City New City VTEC A/T 2005 125.0 0.0
City New City VTEC A/T Facelift 2006 140.0 0.0
City New City VTEC A/T Facelift 2007 145.0 0.0
City New City VTEC A/T Facelift 2008 155.0 0.0
City New City VTEC M/T 2003 115.0 0.0
City New City VTEC M/T 2004 120.0 0.0
City New City VTEC M/T 2005 125.0 0.0
City New City VTEC M/T Facelift 2006 135.0 0.0
City New City VTEC M/T Facelift 2007 145.0 0.0
City New City VTEC M/T Facelift 2008 150.0 0.0
Advertisements
Advertisements

20 Comments

  1. walaupun katanya idsi lebih hemat bensin, nyatanya dilapangan iritnya nggk seberapa di bandingkan vtec, tapi performanya ancur.

    mending klo mw ambil, ambil yang vtech aja hehe

  2. kalo g salah mesinnya sohc namun bsa bjaban dngan dohc-nya toyota..cmiiw
    yg ane gsuka dr mbl2 honda it adalah kaki2nya ringkih..gak sebadak toyota..
    dngan harga yg bda tipis,lbh valuable corolla altis taun 2001/2002..

    • memang sih, toyota terkenal kuat, tuh kijang kotak dan kapsul aja masih mahal padahal teknologinya lebih sederhana dibanding lainnya, ini yg bikin sangat minim perawatan sehingga jadi buruan pembeli

  3. kenapa gak i-vtec sekalian aja kan gabungan v-tec dan i-dsi, kata iklannya honda
    , trus bedanya sama punya toyota VVTI apa mbah bons???

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin