Wew Pertumbuhan Otomotif Indonesia Kalahkan China, Inilah Biang kerok DP 30% | Bonsaibiker

Wew Pertumbuhan Otomotif Indonesia Kalahkan China, Inilah Biang kerok DP 30%

Adaya yang bilang Indonesia kena krismon atau kadang dikatakan tengah terjadi kesuraman ekonomi global, namun sebuah fakta baru mengatakn bahwa sektor otomotif di Indonesia meningkat sangat tinggi, bahkan lebih tinggi dibandingkan China. Pada tahun 2011 penjualan mobil meningkat 17 persen dari 2010 menjadi hampir 900.000 kendaraan baru, dan sebesar 11 persen year-on-year pada kuartal pertama 2012 padahal di China, salah satu negara dengan pertumbuhan ekomi terbaik, penjualan mobil hanya tumbuh  2,6 persen dari 2010 dan 2011.

Ngutip dari Viva news yang nyomot berita dari laman The Economist melaporkan, pembelian kendaraan di Indonesia jauh lebih tinggi dibandingkan negara lain di Asia Tenggara, setelah mengalahkan Thailand pada tahun lalu. Pada 2012, penduduk Indonesia membeli sepeda motor baru 8 juta unit dan tahun ini diperkirakan bisa 9 juta unit.

Faktanya monggo liat bahwa para produsen mobil pun ramai-ramai mengembangkan pabrik besar-besaran. Toyota melalui Daihatsu menyiapkan pabrik mobil murah di Karawang, General Motors di Bekasi, Honda mobil di Karawang, dan BMW di Sunter. Selain itu, Honda motor juga mengembangkan pabrik di Karawang. Sejak awal 2011, tujuh perusahaan telah mengumumkan investasi di Indonesia senilai US$2,2 miliar. Ini merupakan rekor investasi di bidang otomotif.

Fakta ini tak serta merta membuat Indonesia Maju, karena ada fakta lain yang bikin pemerintah ketar-ketir, yakni sekitar 65-70 persen penjualan mobil di Indonesia menggunakan kredit. BIla ini terus menjadi trend bangsa Indonesia kan terus terbelit hutang, sementara di sisi lain Kota-kota besar bahkan menengah makin macet. Maka sejak 15 Juni 2012 pemerintah  mengeluarkan aturan DP 30 persen untuk mobil dan 25 persen untuk sepeda motor.

 

Advertisements
%d bloggers like this: