Mobil Listrik Dahlan Iskan Gak Perlu Uji Emisi

162234_dahlanin2
162234_dahlanin2

Hari ini Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mulai mencoba mobil listrik buatan PT Sarimas Ahmadi Pratama di Jatimulya, Cilodong,Depok nih mas bro. Beliau membawa mobil listrik ini menuju kantornya di Jakarta Pusat. Ternyata membutuhkan waktu satu jam untuk sampai ke kantor BPPT, di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat tersebut. Karena memang city car ini memiliki kecepatan maksimal 70 km/jam saja.

Sebelumnya,Dahlan naik Kereta Rel Listrik (KRL) dari Stasiun Gambir, Jakarta menuju Stasiun Depok Lama. Lalu naik ojek menuju pabrik Ahmadi. Dahlan cukup gembira karena melihat surat jalan dari Satlantas Polres Depok sudah ada.

Dahlan menjelaskan kendaraan tersebut bukan motor maupun mobil biasa yang memerlukan kelengkapan surat – surat seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) atau Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Kata dia, mobil ini tak mungkin diuji emisi karena tingkat emisinya nol.

Dahlan menerangkan bahwa ini bukan mobil, atau motor, ini kendaraan yang tak pakai mesin mobil. Β Ini tidak ada kapasitas silindernya, misalnya ini bisa lulus uji emisi atau tidak, ini enggak ada emisinya, jadi enggak perlu diuji. Karena itu Pak Presiden sudah instruksikan kepada menteri dan jajaran terkait merumuskan peraturan yang akan dipakai tentang kendaraan listrik.
Menurut Dahlan Iskan lagi, bahwa ada tiga manfaat adanya mobil listrik ini, yang pertama BBM pasti akan habis dan akan mahal, tidak mungkin negara bisa subsidi terus. Kedua, masyarakat ingin bahan bakar yang murah, yaitu listrik. Dan yang ketiga, kita hidup dengan polusi begitu berat. Mobil listrik ini tak ada polusi sama sekali, harus bergerak beralih ke kendaraan listrik.

Memang selama perjalanan dari Depok hari ini tadi tidak mengalami banyak gangguan, Dahlan Iskan memacu mobilnya dengan santai dan tanpa ada hambatan. Tapi setelah sampai di jalan Thamrin, tepatnya di depan Sarinah, sedikit mengalami gangguan.
Soal harga mobil listrik, mantan Dirut PLN ini belum memikirkan hal itu. Yang terutama adalah masalah kualitas mobil listrik. Namun Dahlan menjamin, harga mobil listrik tak akan lebih mahal dari mobil biasa. Terutama masyarakat diuntungkan dengan merogoh kocek yang lebih ringan untuk membeli bahan bakar listrik.

//

Advertisements
Advertisements

17 Comments

  1. Kasihan esemka, tapi gpp aku lebih mencintai esemka lbh gmn gtu. .
    Listrik??
    Haduh. .
    Terlampau jauh dan agak susah untk di terapkan di negara ku ini. .
    Benahi dulu mental2 pejabat nya baru mkrn yg kaya gini. .
    Tapi 1 jempol aja deh buat yg ini, 4 jempol buat esemka. .
    Haha
    Loh ko curhat??
    πŸ˜›

  2. loh ko’ listrik disebut bahan bakar murah??? tp ta’ mengapa lah kalau bs bermanfaat buat org banyak. bisa bikin lapangan pekerjaan lagi buat anak-anak esemka..

    • bukan murah bos, gratis malah, negara indonesia lebih dari 300 hari selalu ada matahari, pasang solar cell diatas rumah, charge mobil pas pulang kerja dimalam hari, bingung? ya solar cellnya kan ada storagenya, kalau dah penuh baru buat charge.

  3. berarti sesuk akeh status neng fb :
    “aduh, listrike jegleg goro2 bapak ngecas mobil πŸ™ ”
    Atau

    “cas mobilku ilang! :,( ”
    Atau

    “asem, kurang sekilo udah lobet :(”
    Atau

    “asem, mobil lobet, mati listrik lagi :(, ga jadi shoping :(”
    Atau

    “aduh, lagi enak2 nyuci kesetrum mobil -.- ”
    Atau

    “aduh, batre lobet, ga ada warteg buat numpang ngecas :(”
    Atau

    “mobilku konslet @.@”
    Atau

    “wah ngecas di Warteg bu fifi bayar goceng @,@”

    Apalagi ya :p

  4. Di tv 1, ditayangkan mogoknya aja dan harga 200-300an juta, kq seneng sekali ya tv2 lokal nayangin kejelekan sendiri kayak boker dimuka sendiri,

    • tv oon itu memang idiot, hapus saja chanel nya, mending pasang tv kabel deh, emang apa bedanya sama mobil biasa, kehabisan bensin ya mogok juga, harga 200-300 jt? ya begini kalau otak anak sd mencerna, itu produk kan belum produk massal, kalau sudah massal harganya ga bakal segitu, nih contohnya monitor lcd baru keluar harganya puluhan juta, sekarang jadi murah banget.

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin