Mobil Listrik Dahlan Iskan Gak Perlu Uji Emisi – Bonsaibiker

Mobil Listrik Dahlan Iskan Gak Perlu Uji Emisi

162234_dahlanin2

162234_dahlanin2

Hari ini Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mulai mencoba mobil listrik buatan PT Sarimas Ahmadi Pratama di Jatimulya, Cilodong,Depok nih mas bro. Beliau membawa mobil listrik ini menuju kantornya di Jakarta Pusat. Ternyata membutuhkan waktu satu jam untuk sampai ke kantor BPPT, di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat tersebut. Karena memang city car ini memiliki kecepatan maksimal 70 km/jam saja.

Sebelumnya,Dahlan naik Kereta Rel Listrik (KRL) dari Stasiun Gambir, Jakarta menuju Stasiun Depok Lama. Lalu naik ojek menuju pabrik Ahmadi. Dahlan cukup gembira karena melihat surat jalan dari Satlantas Polres Depok sudah ada.

Dahlan menjelaskan kendaraan tersebut bukan motor maupun mobil biasa yang memerlukan kelengkapan surat – surat seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) atau Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Kata dia, mobil ini tak mungkin diuji emisi karena tingkat emisinya nol.

Dahlan menerangkan bahwa ini bukan mobil, atau motor, ini kendaraan yang tak pakai mesin mobil. Β Ini tidak ada kapasitas silindernya, misalnya ini bisa lulus uji emisi atau tidak, ini enggak ada emisinya, jadi enggak perlu diuji. Karena itu Pak Presiden sudah instruksikan kepada menteri dan jajaran terkait merumuskan peraturan yang akan dipakai tentang kendaraan listrik.
Menurut Dahlan Iskan lagi, bahwa ada tiga manfaat adanya mobil listrik ini, yang pertama BBM pasti akan habis dan akan mahal, tidak mungkin negara bisa subsidi terus. Kedua, masyarakat ingin bahan bakar yang murah, yaitu listrik. Dan yang ketiga, kita hidup dengan polusi begitu berat. Mobil listrik ini tak ada polusi sama sekali, harus bergerak beralih ke kendaraan listrik.

Memang selama perjalanan dari Depok hari ini tadi tidak mengalami banyak gangguan, Dahlan Iskan memacu mobilnya dengan santai dan tanpa ada hambatan. Tapi setelah sampai di jalan Thamrin, tepatnya di depan Sarinah, sedikit mengalami gangguan.
Soal harga mobil listrik, mantan Dirut PLN ini belum memikirkan hal itu. Yang terutama adalah masalah kualitas mobil listrik. Namun Dahlan menjamin, harga mobil listrik tak akan lebih mahal dari mobil biasa. Terutama masyarakat diuntungkan dengan merogoh kocek yang lebih ringan untuk membeli bahan bakar listrik.

//