Mutasi Kendaraan Berusai Diatas 10 Tahun Ke luar Jakarta : Hati-hati Data Sering Terselip/tertukar, Sekali Lagi waspadalah Bikin Mumet! | Bonsaibiker

Mutasi Kendaraan Berusai Diatas 10 Tahun Ke luar Jakarta : Hati-hati Data Sering Terselip/tertukar, Sekali Lagi waspadalah Bikin Mumet!

perpanjang-stnk-lewat-atm

perpanjang-stnk-lewat-atm

Pengalaman James Bon mutasi kendaraan dari Jakarta ke luar Jakarta terutama mobil atau motor yang usianya 10 tahun ke atas ternyata sering kali di surat pengatarnya tertulis data terselip. Nah James Bons sendiri ragu sebenarnya data terselip ini bagaimana bisa terjadi entah memang petugasnya yang males mencari atau memang benar-benar saking banyaknya data yang ada di Jakarta lebih-lebih lagi data lama yang memang sangat mungkin terselip atau memang sistemnya kurang bagus sehingga menjdikan hal seperti ini terjadi, yang jelas memmm puziang. Kasus ini misalnya data STNK tidak ada atau data Arsip tidak ada, atau BPKB tidak ada di Polda metro Jaya karena terselip atau tertukar ke data orang lain. Atau juga misalkan sebuah data pengantar dari dealer yang berisi data impor atau produksi kendaraan tertukar dengan data orang lain, sangat mungkin semua itu terjadi dan akhirnya diberi pengantar bahwa data terselip.


Apa Efeknya?
Data terselip ini untuk sebagian daerah boleh jadi tidak masalah, namun untuk daerah tertentu misalkan Cirebon mmm boleh jadi ini menjadi masalah besar. Pasalnya beberapa daerah ini tidak menerima data terselip atau tertukar dengan yang lain walhasil proses mutasi jadi terkatung-katung bahkan bisa terancam gagal, terutama bagi yang datanya tertukar dengan data orang lain.

Siapa yang Salah?
Susah memang untuk menjawab siapa yang salah. Satu sisi kepolisian daerah berusaha untuk teliti dalam menerima data yang masuk, sehingga kalau data tidak lengkap akan susah ditandatangani pejabat daerah karena ini memang jabatannya dipertaruhkan, nah di sisi lain memang ada jutaan data di Jakarta yang setiap harinya diubek-ubek untuk maslah mutasi ini yang meungkinkan sering terjadi terselipnya data ini. Atau bisa juga memang sistem bank data belum tertata rapi, wallahu a’lam.

Konsumen Paling Dirugikan!
Kalau ditanya siapa paling dirugikan tentu Konsumen atau pemilik kendaraan karena kalau sudah kena kasus ini, tentu membutuhkan waktu, kesabaran dan biaya yang mmm lumayan bikin puyeng.

Wal akhir ini hanyalah sekedar share dari sekian kali James Bons mengurusi mutasi ke luar jakarta memang banyak sekali ditemukan data terselip. Ya sebagai warning saja bahwa salah satu risiko membeli Motuba atau mobil/motor tua bangka adalah data terselip sehingga mutasi agak terhambat.

Advertisements
%d bloggers like this: