Mudik Peke Motor, Antara Faktor Ekonomi Dan Kebutuhan Disela-sela Ancaman Maut

mudik motor
mudik motor

Menarik diskusi di Metro TV Pagi ini tentang segala sesuatunya yang menyangkut mudik. Terutama sekali mudik dengan menggunakan motor. Menurut sumber dari kepolisian yang diungkap dalam diskusi tersebut tahun ini jelas jumlah mudikers pakek motor melonjak tajam, demikian pula kecelakaan meningkat drastis. Kalau tidk salah tak kuran gdari 80% kecelakaan yang terjadi selama mudik dan balik melibatakan mudikersyang pakek  motor ini. WOw sunguh sebuah realita yang sangat amat merisaukan.

Padahal berbagai upaya telah dilakukan, mulai dengan himbauan dari kepolisian untuk tidak mudik pakek motor, lalu pengadaan jasa angkutan barang untuk membawa motor ke luar JKT, kemudian bahkan beberapa instansi malah menyediakan jasa angkutan gratis bagi penumpang dan sekaligus motornya.

Faktanya mm jauh dari harapan.

Nah disini memang beberapa kemungkinanbisa saja terjadi. Pertama jelas membayar tiketkereta atau bus untuk udik memang kelewat mahal, bayangkan angka untuk kelas executive tak kurang dari Rp. 550.000 tujuan Jatim, itupun kalau tiket masih ada, demikian kelas bisnis dan ekonomi tiketnya keburu ludes. SEmentara angkutan bis ke Jatim kelasexecutive tak kurang dari Rp 450.000,pun juga tiket bisa saja habis. Bisa bayangkan uang segitu dikalikan 2 atau 3 atau sejumlah anggota keluarga.

Nah ketika mudik pakek motor hanya habis bensin tak lebih dari Rp. 100.000 itu pun bisa membawa 2 orang dan bahkan bisa membawa anak di tengah atau di depan, “yang meski oleh pemerintah dilarang”, tetep sajamasih banyakberseliweran di jalan. Jauh sekali beda secara prinsip ekonomi biaya mudik pakek angkutan umum dengan pakek motor.

Hasilnya ya itu ribuan bahkan jutaaan mudikers tetap pakek motor dengan risiko diintai maut,so bagaimana menurut sampean?

 

Advertisements
Advertisements

21 Comments

  1. motor itu kecil, bisa leluasa selap selip.. suka males berhenti krn harus napak.. jd selama ada celah, pada suka jln terus meski mendadak pindah jalur.. di sinilah bahayanya..
    semenjak belajar nyetir baru bener2 ngrasa bahayanya sruntulan.. keliatan bgt.. coba perhatikam klo dr dlm mobil.

    restoran kota jln agus salim ya bro..:mrgreen:

  2. Kebiasaan lama, gambarnya gak nyambung fokusnya kemanaa…
    #bagi mudikers motor berbahaya kalo tdk fokus

  3. kbiasaan mudik pake motor ga bakal turun malah cenderung naik. Motor paling tjangkau& hemat dbanding kndaraan umum. Drpada make angkot tp hari, mending kredit motor. Dn dsini masalah’y, kemampuan riding biker beda2, ad pemula & expert. Yg pemula(baru pny motor) mayoritas p’bons..

  4. gimana kalo di buat pos penanganan mudik, bisa join dari dishub dan dissos..Teknisnya di buat pos pendaptaran peserta yg akan mudik, misal u/ 2013..minimal pendaftaran minimum 2 atau 3 bulan H..ya dari sini pemerintah bisa punya data angka mudiker..untuk nanti di follow up dan orgenaiz bagaimana teknis dan solusi’y…ya mirip” acara mudik yg pake EO atau di bentuk mudik Engineer..Karena pasti setiap tahun angka mudik bertambah besar dan pemerintah haarus siap dan memberikan solusi dengan segala SDM yg pemerintah punya..NB: hanya saran dan lamuna kamar mandi

  5. Gw beli ticket normal tujuan solo balapan 627.500 balik ke jakartanya kereta ekonomi terpaksa beli di calo 150rb beli 2 kursi, ternyata yang 1 kursi no.nya double … tahun kemaren mudik pake motor full Tank vixion pake shell cuma 100rban dah sampe sragen dengan jarak tempuh 670km riding sendirian

  6. Menurut ane bagusnya ikut mudik pake motor tapi gabung ama program mudiknya Honda, hahaha…Aman dan nyaman…

  7. pemerintah bikin mudik gratis dengan kereta api untuk KECELAKAAN BERMOTOR APALAGI ADA WACANA MUDIK DENGAN KENDARAAN RODA 2 DILARANG TAHUN DEPAN. PEMERINTAH BIKIN MUDIK GRATIS DENGAN KERETA dan MENHINDARI CALO

  8. Emang enak mudik tapi ya gak harus bareng gantian setelah lebaran juga masih bisa saya sebelum puasa mudiknya sendirian enak juga

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin