Great Corolla Memang Gila, Dah Tua Masih Berjaya, Mmmm Harganya ga Masuk Akal Gan!

greco-95
greco-95

Brader sekalian para penggemar motuba alias motor tua bangka, bagi penggemar sedan Toyotalama pasti takkan luput perhatian sampean terhadap si Gat Corolla, atau Greco ini. Ya, mobil yang diproduksi mulai dari tahun 1992-1995 untuk menggantikan Toyota Corolla Twin Cam yang kesohor juga  ini ada 2 mesin yang ditawarkan yaitu 1600 cc DOHC 16 valve (kode mesin 4AFE) & 1300 cc SOHC 12 valve (kode mesin 2E). Girboks matik juga tersedia namun hanya untuk yang 1600 cc. Nah lebih jelasnya sebelum kita ngobrolin gak masuk akalnya si Greco ini monggo kita obrolin bedda-bedamodel boil ini dari tahun ke tahun ngutip dari warungnya kang Mitra :

greco-92
greco-92

Dalam rentang waktu 1992-1995, Great Corolla mengalami perubahan (minor change) di tahun 1994. Adapun beberapa perubahannya antara lain :

  1. Gril 1992/1993 lebih mengarah sporti, sedangkan 1994/1995 cenderung elegan dengan garis putus2.
  2. Lampu rem&sein belakang tahun 1992/1993 berwarna merah kuning sedangkan tahun 1994/1995 berwarna merah putih.
  3. Lansiran 1992/1993 spion luar dapat dilipat otomotis dari dalam (retractable mirror), sedangkan keluaran 1994/1995 fitur tersebut malah dihilangkan. Aneh bin ajaib :)
  4. Sama seperti poin 3 di atas, jebolan 1992/1993 terdapat kisi2 AC di bawah dasbor sedangkan untuk tahun 1994/1995 fitur tersebut dihilangkan !!!

Lalu kelebehian dan kekurangannya sebagai berikut masih dari kang Mitra:

Keunggulan :

  • Hentakan tenaga sudah langsung terasa di putaran bawah, cocok dipake di kota2 besar & macet seperti Jakarta. Urusan selap selip cukup lincah.
  • Bentuk / model tidak ketinggalan jaman meski sudah berumur.
  • Untuk ukuran mobil bermesin cam ganda & belum menerapkan VVT, konsumsi mobil boleh dibilang irit sekitar 9-11 km/liter.
  • Suku cadang banyak ditemui di pasaran, mulai dari yang orisinal hingga yang KW. Bahkan yang limbah eks-Singapura juga tersedia.
  • Jaringan bengkel Toyota yang tersebar dimana2.
  • Harga jual/resale value cukup bagus kecuali untuk versi 1300 cc jeblok di pasaran & kurang diminati konsumen.

Kelemahan :

  • Sering ada masalah di sektor kaki & power steering.
  • Rem belakang masih menganut teromol.
  • Ketika di geber di jalan tol, putaran atas mobil seperti kehabisan nafas.
  • Interior kurang lapang.
  • Masih menganut velg kaleng/besi yang ditutup ama dop velg.

Nah satu hal yan gak masuk akal adalah bahwa mobil ini bukanlah mobil mewah layaknya BMW atau Mercy, namun harga Seconnya  mmmm sungguh selangit gan! Nggak percaya, cek gan di daerah masing-masing atau di Toko Bagus, Berniaga, hingga Iklan Baris Pos kota,mmm sampean bakal menjumpai mobil tua ini masih dipasarkan 60 juta ke atas untuk pasaran Jakarta. Bahkan untuk daerah luar Jakarta masih ada yang berani nawarin harga cesss 80jeti gan! Dan anehnya tuh mobilcepet laku pula,weees jian!

Wew sungguh nggak masuk akal!

Bayangkan uang segitu bisa dpat Xenia atau Avanza generasi pertama,bahkan ditambah dikit dah dapat CRVlansiran 2001, weh mmm namanya selera gan tak bisa diremehkan.

Namun satu hal yang pasti yang bikin boil ini harganya masih melambung adalah dukungan penuh toyota yang menyediakan bengkel banyak dan tersebar dimana-mana serta art yang melimpah. So, tertarik, tebus gaan!

Advertisements
Advertisements

48 Comments

    • Saya pernah diboncengi mobil ini beberapa kali dan itu merupakan kenyamanan yang belum bisa saya dapatkan di mobil yang setara. Nah kalau sudah keluar kota juga enak, tapi belum tau kalau ternyata tenaga atas ngowos 🙂

  1. weleh …
    larange tho .
    request artikel lebih detail kalau harga segitu dapat apa selain corolla ini Pak Bons 🙂

  2. Mendingan gue ambil Vios keluaran pertama atau baleno next G, harga beda2 tipis dr greco. , interior sama aja lapangnya.

  3. Lebaran tahun lalu, pakdhe saya minang greco 1.6 tahun 95, 98 juta pak bons, nyaris 100 juta.. 😀
    kilometer baru 40 ribu lengkap dengan service record di toyota, edan mulus tenan 😀

  4. syukur sy pelihara yg ae92 yg karbu lg, top speednya msh lbh nendang dr avansa 1500, minyak kyknya sm iritnya, d jln lempang speed imbang ma inova terbaru. Waktu manasin mesin aj agak brebet, jika dah seminggu tdk hidup.

  5. sptnya lebih value corona tahun 97, 2000cc and lumayan irit, interior lebih luas. klo harga 80jt emg mahal benar, lebih baik melirik mobil korea. tp kembali smw sesuai selera 🙂

    klo trajet sdh pernah dibahas apa blm Mas?

  6. Mending civic ferio bro, dah vtec, kemaren belum lama ambil th 97, tarikan mantap, irit pula. biasa rute jogja kebumen pake xenia habis 100rb, pake ferio paling cuma 80rb.

    • Masak Xenia Jogja – Kebumen 100 ribu? Saya tu belum lama Kutoarjo – Yogya – Sragen – Yogya – Kutoarjo – Kebumen – Kutoarjo cuma habis 150 ribu pake Xenia! Masih agak-agak baru sih 🙂

  7. kl agan2 smw msh dapetin harga >60jt brrti ane beli greco ’93 untung dunk cm 58jt + body mulus….tp syg d bgn bawah ban depan tu srg bunyi gemurutuk apalgi kl belok..tp tu bru kejadian setelah ane pake tu greco 6bln…:(

  8. …..aku ownr Greco 95,……memang mantab surantap & top markotop,…tarikannya juos ……ya emang selera sih,….

  9. Mohon ijin, great owner juga 93′. kalo ngobrolin value 4 money mobil sekelas great kayaknya merk lain gak ada yang lebih stabil ya pak? ada masukan?

  10. Mobilku Great 93 saya pakai jarak jauh Jakarta-Malang cuman habis ngga sampe Rp 200rb. super irit 🙂 dan sekarang sudah laku 70jt barusan bulan Jan-feb 2013.

  11. haduh saya ngidam sekali ni dg sedan great, tapi harga bandung juara di atas 60 bahkan ada yg sampe 85 gan… susah juga ni menyesuaikan dg budget yg 60jutaan… harus bersabar nabung lagi buat beli c greco ini….

  12. prasaan mobil2 terbaru juga rata-rata rem blakangnya tromol bro,

    oiya mnurut ane ni mobil lemahnya cuma kalo dipake jalan keluar kota nanjak-nanjak agak kurang bertenaga, apalagi yg matic. & injectionnya sering bermasalah.

  13. beuhhh………….. greco, mobil idaman ane brooo tp sementara pke classy juga lumayan kenceng tuk ukuran sedan 1300cc. pernah juga mo diajak tukeran ma timor tp ane milih bertahan ama classy kecuali ada rizqi lebih ya siap pindah ke greco hehehe

  14. Barusan meminang greco 95 dri pati merah maroon, kena 80jt kondisi full ori,,,pati-gombong(lancar jaya), tol semarang wuzz,,,,

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin