Great Corolla Memang Gila, Dah Tua Masih Berjaya, Mmmm Harganya ga Masuk Akal Gan! | Bonsaibiker

Great Corolla Memang Gila, Dah Tua Masih Berjaya, Mmmm Harganya ga Masuk Akal Gan!

greco-95

greco-95

Brader sekalian para penggemar motuba alias motor tua bangka, bagi penggemar sedan Toyotalama pasti takkan luput perhatian sampean terhadap si Gat Corolla, atau Greco ini. Ya, mobil yang diproduksi mulai dari tahun 1992-1995 untuk menggantikan Toyota Corolla Twin Cam yang kesohor juga  ini ada 2 mesin yang ditawarkan yaitu 1600 cc DOHC 16 valve (kode mesin 4AFE) & 1300 cc SOHC 12 valve (kode mesin 2E). Girboks matik juga tersedia namun hanya untuk yang 1600 cc. Nah lebih jelasnya sebelum kita ngobrolin gak masuk akalnya si Greco ini monggo kita obrolin bedda-bedamodel boil ini dari tahun ke tahun ngutip dari warungnya kang Mitra :

greco-92

greco-92

Dalam rentang waktu 1992-1995, Great Corolla mengalami perubahan (minor change) di tahun 1994. Adapun beberapa perubahannya antara lain :

  1. Gril 1992/1993 lebih mengarah sporti, sedangkan 1994/1995 cenderung elegan dengan garis putus2.
  2. Lampu rem&sein belakang tahun 1992/1993 berwarna merah kuning sedangkan tahun 1994/1995 berwarna merah putih.
  3. Lansiran 1992/1993 spion luar dapat dilipat otomotis dari dalam (retractable mirror), sedangkan keluaran 1994/1995 fitur tersebut malah dihilangkan. Aneh bin ajaib :)
  4. Sama seperti poin 3 di atas, jebolan 1992/1993 terdapat kisi2 AC di bawah dasbor sedangkan untuk tahun 1994/1995 fitur tersebut dihilangkan !!!

Lalu kelebehian dan kekurangannya sebagai berikut masih dari kang Mitra:

Keunggulan :

  • Hentakan tenaga sudah langsung terasa di putaran bawah, cocok dipake di kota2 besar & macet seperti Jakarta. Urusan selap selip cukup lincah.
  • Bentuk / model tidak ketinggalan jaman meski sudah berumur.
  • Untuk ukuran mobil bermesin cam ganda & belum menerapkan VVT, konsumsi mobil boleh dibilang irit sekitar 9-11 km/liter.
  • Suku cadang banyak ditemui di pasaran, mulai dari yang orisinal hingga yang KW. Bahkan yang limbah eks-Singapura juga tersedia.
  • Jaringan bengkel Toyota yang tersebar dimana2.
  • Harga jual/resale value cukup bagus kecuali untuk versi 1300 cc jeblok di pasaran & kurang diminati konsumen.

Kelemahan :

  • Sering ada masalah di sektor kaki & power steering.
  • Rem belakang masih menganut teromol.
  • Ketika di geber di jalan tol, putaran atas mobil seperti kehabisan nafas.
  • Interior kurang lapang.
  • Masih menganut velg kaleng/besi yang ditutup ama dop velg.

Nah satu hal yan gak masuk akal adalah bahwa mobil ini bukanlah mobil mewah layaknya BMW atau Mercy, namun harga Seconnya  mmmm sungguh selangit gan! Nggak percaya, cek gan di daerah masing-masing atau di Toko Bagus, Berniaga, hingga Iklan Baris Pos kota,mmm sampean bakal menjumpai mobil tua ini masih dipasarkan 60 juta ke atas untuk pasaran Jakarta. Bahkan untuk daerah luar Jakarta masih ada yang berani nawarin harga cesss 80jeti gan! Dan anehnya tuh mobilcepet laku pula,weees jian!

Wew sungguh nggak masuk akal!

Bayangkan uang segitu bisa dpat Xenia atau Avanza generasi pertama,bahkan ditambah dikit dah dapat CRVlansiran 2001, weh mmm namanya selera gan tak bisa diremehkan.

Namun satu hal yang pasti yang bikin boil ini harganya masih melambung adalah dukungan penuh toyota yang menyediakan bengkel banyak dan tersebar dimana-mana serta art yang melimpah. So, tertarik, tebus gaan!

Advertisements
%d bloggers like this: