Apa Yang Anda Persiapkan Saat Pergi Jauh Menggunakan Motuba

motuba blazer
motuba blazer

Jujur ketika James Bons pergi jauh menggunakan Motuba alias mobil tua bangka yakni si Blazer DOHC lansiran 97, yang dipersiapkan pertama adalah uang  jaga-jaga ya minimal 2-3 jutalah untuk jaga-jaga siapa tahu ada masalah di jalan, maklum namanya motuba kan siapa tahu? Uang ini setidaknya kalau mobil ada masalah bisa digunakan untuk perbaikan di jalan agar perjalanan bisa dlianjutkan. Atau bila mogok di luar kota, uang bisa digunakan untuk menderek mobil menuju benkel terdekat. Bahkan kalau perlu misalkan mobil lama perbaikannya bisa untuk sewa penginapan, atau melanjutkan perjalanan dengan agkutan umum. Ya makluum jarak tempuh kan jauh, Cirebon – Jakarta atau Cirebon – Magetan Jatim.

Nah apakah mobil tua selalu mogok? Ya sebenarnya nggak jugasih, kan namanya motuba siapa tahu. Ha,kalau ngak mogok ya uang bisa  utuh dan tetap ditabung.

Kemudian hal ke dua yang perlu dipersiapkan biasanya sebelum berangkat harus general check up, mulai kondisi mesin, rem, kabel-kabel, radiator dan sebagainya. Ini jelas untuk menghindari terjadinya mogok di jalan, prepaare laah.

motuba blazer
warung dohc

Lalu hal ketiga adalah mempersiapkan  no telpon bengkel siaga untuk tiap kotanya, khususnya benkels spesialis Blazer. Maklum Boil James Bons adalah buatan Amreik yang tidak semua bengkel bisa memperbaiki. Pernah suatu saat kebo James Bons mogok di Tegal, lalu panggil teknisis bengkel terdekat, kata si mekanik mobilbaik-baik aja,  pas disater nyala,tapi begitu jarak 2 km mati lagi, beee, dia gak tahu seluk beluk Blazer, akhirnya cuman buang-buang uang aja, masalah tidak terselesaikan. Dan akhirnya setelah nelpon bengkel spesialis Blazer dari Kadipaten/daerah majalengka-sumedang dengan menceritakan gejala-gejalayang dialami langsung terdeteksi bahwa fuel pump mobil rusak, saat si tehnisi dateng ternyata benar,lalu fuel pump diganti, mobil langsung jalan, tak tanggung-tanggung magetan-cirebon pp gan aman ampek sekarang.

motuba zebra
motuba zebra

Nah bila tiga hal tersebut di atas tidak terpenuhi,mm mending James Bons pergi naik bis atau kereta, daripada  berabe di jalan, meski yaa,tidak selamanya mobiltua itu mogok, jagajaga aja gan!

Nah bagaimana pengalaman anda,monggo dishare!

Advertisements
Advertisements

19 Comments

  1. klo saya jalan santai aja mbah, tau dirilah make motuba jangan mudah terpancing sama mobil2 lansiran 2005 keatas kebut2an hehe

  2. yup betul … jalan nyantai kecepatan maks 60-80 km/jam, bawa cadangan fuel pump elektrik universal, slang bensin, busi, kabel, platina, air bersih 1 galon …. motuba Fiat 1963 + 1974, alhamdulillah lancar 600km P.P. bbm 200rb ….

  3. Pernah Mogok pake espass, dari semarang ke purwokerto. baru isi bensin di banjarnegara, baru mau sampe Klampok, mesin brebet2 (cilaka, mana bawa anak bayi), di paksain jalan meski pelan, akhirnya sampe tujuan dan mesin mati dengan suksesnya. Deteksi, Kabulasi masuk angin. dan memang bener2 masuk angin. setelah ganti karbu second ori. alhmdllah lancar sampai skrg. perawatan mobil tua memang harus lebih teliti dan sabar.

  4. Yang jelas jangan lupa bawa ban cadangan, terutama buat motuba offroad ato bergaya offroad, soalnya ban besar 30″ keatas kadang suka malas bawanya…..
    Hardtop bokap dulu juga begitu, habis ngecek pembukaan lahan di Argamakmur-bengkulu. Mobil ane pecah ban, ga bawa ban cadangan, sampai terpaksa ninggalin mobil dirumah penduduk buat pulang ambil ban k bengkulu…. Benar2 pengalaman tak terlupakan

  5. Emang paling sip kalo ke bengkel dulu sebelum perjalanan jauh. Pernah kejadian, Stakap ’94 punya tetangga timing belt-nya(cmmiw) putus di perjalanan. Pas dibawa ke bengkel mobil terdekat, langsung ambyar mesinnya (piston,klep,apalagi yah.. kena semua)
    Ngeri denger ceritanya, apalagi perjalanan masih jauh

  6. Inyong termasuk korban keracunan motuba oleh masbos Bons. Pilihan jatuh ke corab 93 ben regane murah dan anak bojo nyaman. Perasaan nih mobil kok minta jajan terus, beli cuma 50an jeti tp perawatan dalam setahun wis habis 10jt lebih. Opo mending dilego lagi yo masbos?

  7. haiyyaahh ono dik annis barang nampang numpak jovan :mrgreen: , paling utama ber Doa sebelum jalan mbah! , no 2 dompet di ganjel pake lembaran biru / merah 😆 , wis selebihnya terkendali

  8. paling alat tambal ban praktis, seperangkat alat sholat eh….. alat tukang lengkap dengan kunci2nya, yang lainnya sih cuma cek2 mesin dan kaki2 aja. ngerawat mobil nggak harus ngoyo kok karena gejalanya sebenarnya mirip2 sepeda motor. kalo ngga beres sebelum perjalanan pasti ketahuan. 😀

    btw itu yang ngumpet di pintu siapa ya, gag kenal tuch…. 😛

    http://yudakuzuma.wordpress.com/2012/10/15/volkswagen-up-beginilah-kalau-orang-jerman-disuruh-menerjemahkan-makna-loreca/

  9. Persiapkan nomor telepon teman atau sedulur pada tiap kota yg mau dilalui… Biar siap ada bantuan bengkel maupun siap ngutangi klo butuh dana banyak… Hehehe
    Syukur2 numpang nginep + akomodasinya bila motuba belum beres juga…

  10. anu mbah, kunci kontak cadangan!

    pernah tuh, jalan jogja-madura, pulangnya kunci kontak ketlingsut 😯
    untung bawa kunci cadangan, jadi ya bisa lanjutkan perjalanan..

    ternyata eh ternyata kuncinya nyelip di jok supir 😆 :mrgreen:

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin