Apa Yang Anda Persiapkan Saat Pergi Jauh Menggunakan Motuba | Bonsaibiker

Apa Yang Anda Persiapkan Saat Pergi Jauh Menggunakan Motuba

motuba blazer

motuba blazer

Jujur ketika James Bons pergi jauh menggunakan Motuba alias mobil tua bangka yakni si Blazer DOHC lansiran 97, yang dipersiapkan pertama adalah uang  jaga-jaga ya minimal 2-3 jutalah untuk jaga-jaga siapa tahu ada masalah di jalan, maklum namanya motuba kan siapa tahu? Uang ini setidaknya kalau mobil ada masalah bisa digunakan untuk perbaikan di jalan agar perjalanan bisa dlianjutkan. Atau bila mogok di luar kota, uang bisa digunakan untuk menderek mobil menuju benkel terdekat. Bahkan kalau perlu misalkan mobil lama perbaikannya bisa untuk sewa penginapan, atau melanjutkan perjalanan dengan agkutan umum. Ya makluum jarak tempuh kan jauh, Cirebon – Jakarta atau Cirebon – Magetan Jatim.

Nah apakah mobil tua selalu mogok? Ya sebenarnya nggak jugasih, kan namanya motuba siapa tahu. Ha,kalau ngak mogok ya uang bisa  utuh dan tetap ditabung.

Kemudian hal ke dua yang perlu dipersiapkan biasanya sebelum berangkat harus general check up, mulai kondisi mesin, rem, kabel-kabel, radiator dan sebagainya. Ini jelas untuk menghindari terjadinya mogok di jalan, prepaare laah.

motuba blazer

warung dohc

Lalu hal ketiga adalah mempersiapkan  no telpon bengkel siaga untuk tiap kotanya, khususnya benkels spesialis Blazer. Maklum Boil James Bons adalah buatan Amreik yang tidak semua bengkel bisa memperbaiki. Pernah suatu saat kebo James Bons mogok di Tegal, lalu panggil teknisis bengkel terdekat, kata si mekanik mobilbaik-baik aja,  pas disater nyala,tapi begitu jarak 2 km mati lagi, beee, dia gak tahu seluk beluk Blazer, akhirnya cuman buang-buang uang aja, masalah tidak terselesaikan. Dan akhirnya setelah nelpon bengkel spesialis Blazer dari Kadipaten/daerah majalengka-sumedang dengan menceritakan gejala-gejalayang dialami langsung terdeteksi bahwa fuel pump mobil rusak, saat si tehnisi dateng ternyata benar,lalu fuel pump diganti, mobil langsung jalan, tak tanggung-tanggung magetan-cirebon pp gan aman ampek sekarang.

motuba zebra

motuba zebra

Nah bila tiga hal tersebut di atas tidak terpenuhi,mm mending James Bons pergi naik bis atau kereta, daripada  berabe di jalan, meski yaa,tidak selamanya mobiltua itu mogok, jagajaga aja gan!

Nah bagaimana pengalaman anda,monggo dishare!

Advertisements
%d bloggers like this: