Astra 90 Bermesin CS 1,Satu Motor Dua STNK, Gimana Bisa Ya?

Satu motor dua STNK. Waduh motor apaan tuh? Masa iya ada satu kuda besi punya dua surat kepolisian. Itulah yang dilakukan Ahmad Muhaimim, modifikator Sinjay Modified (SM) asal Bangkalan, Madura. Demikian Motorplus memberitakan.

Ya, motorini adalah Honda Astra 90 yang tidak terpakai kemudian dipasang satu set mesin utuh milik Honda CS-1. JadinyaΒ  ya seperti gambar di atas. Nah masalahnya adalah motor ini dipakai harian, sementara kan beda antara mesin dan rangka alias tidak bawaan dari pabrik. Nah kata pemiliknya untuk bisa dipakai harian dia harus membawa 2STNK yakn S 1 dan Astra 90. β€œMotor ini dipakai harian. Biar aman ya bawa dua STNK. He..he..he..,” kata Amin, sang empunya.


Nah bagaimana menurut sampean pernahkah modifikasi macem ini atau ganti mesin, bagaimana dengan keabsahan surat menyuratnya, dan bisakah dijadikan satu surat saja, kalau bisa bagaimana peosesnya? Kalau ada yang punya pengalaman monggo dishare!

About these ads

49 thoughts on “Astra 90 Bermesin CS 1,Satu Motor Dua STNK, Gimana Bisa Ya?

  1. Maklum mas bro. Birokrasi kita kurang efektif. Identitas satu motor yang sudah dibedakan antara satu motor dengan motor lainnya, semestinya sudah cukup. Mosok satu plat nomor perlu bikin 2 stnk πŸ™ πŸ™ πŸ™ πŸ™ πŸ™ πŸ™ πŸ™ kayak bikin ktp di zaman dulu. Sama orangnya tapi beda daerah harus punya ktp banyak biar urusan lancar. miris!!!!

  2. yang saya tau (ini juga dari rekan di group), jika ada perubahan seperti itu, sebelum dilakukan modif harus dilaporkan dulu ke samsat dilengkapi dengan foto motor sebelum modif, deskripsi rencana modif.

  3. wis suwe banget ak pengen koyo ngono kui… astrea grand mesin CS1.. apa daya duit rung eneng. di balik pun iso. CS1 body grand.. ngimpi tenan ak..

  4. tetep ilegal itu mas, harusnya dibuatkan stnk baru, di samsat ada aturan tentang ganti mesin, jika mesin yang dipakai sebelumnya sudah diterbitkan stnk, maka stnk lama ditarik. jadi untuk kasus ini astra 90 yang menang, stnk cs-1 ditarik (untuk dimusnahkan?)

  5. wah, setau saia menag gak boleh kayak gitu…harus lapor ke polisi, ada ubahan di engine-sasis, nanti (katanya) dibuatkan identitas baru CMIW
    jadi identitas di STNK S-90, mesin gak 90cc lagi, tapi dah 125 (kalo masih aseli CS-1)

  6. setau saya itu tidak diperbolehkan..karena data noka n nosin di 2 stnk itu pasti tidak benar2 100% valid..stnk cs 1 data yang diperlukan hanya nosin, kapasitas silinder..sedang data plat nopol, noka, tipe kendaraan pasti adanya di stnk honda 90z..
    dulu saya pernah ganti body kijang super dengan body kijang grand full sama interiornya aja sampa izin ke polda n karoseri…noka n nosin tetap…
    kalo ganti mesin saya kira tidak diperbolehkan…

    • Polisi enggak bakalan bongkar blok mesin buat ngukur kapasitas mesinnya… Samsat aja juga enggak bakal ngukur kapasitas mesin, paling cuma gesek nomor mesing dong..

  7. wah di kanibal nih dari 2 motor jadi 1, All For One…tp ciamik juga keliatannya, tampilan juga eye catching banget so mending kalo gt sekalina diproduksi massal z gt. Usulan buat Honda nih, model jadul mesin kini

  8. Wiss Keren bangeud… ini tanda kreativitas anak bangsa.bisa jadi tambah elegan nih motor.. asal jangan lupa bawa stnknya 22nya aja.. simpan dalam 1 dompet..

  9. kreatif juga niih.. ini mencerminkan konsumen yang loyal dan setia ama Honda, jadi dia ga mau jual motor lamanya….. harusnya dikasih sesuatu nih dari AHM…

  10. wah keren nih bisa diaplikasikan ga nih ma Honda untuk mengeluarkan produk baru atau ga revulusi dari CS1. model jadul, mesin masa kini.

  11. menurut gw, apa yang dilakukan oleh Bro Ahmad Muhaimim sudah tepat karena itu merupakan cara teraman jika harus berhadapan dengan aparat. kalau untuk dipersatukan ke dalam satu STNK seharusnya sih bisa, tinggal kemauan dan waktu yang tersedia untuk melakukannya hehehe..

  12. Hmmmm…..kreatif ajiiib….selanjutnya memang musti ngurus “akte kelahirannya” si Astrea CS90-1 :-)…krn gak ada tuh sejarahnya 1 motor 2 identitas…. Ayooo mas Amin. …dr pada kena tilang trus. πŸ™‚

  13. sistem rubbing nie mas bro.. tapi bawa STNKnya satu aja yang di plat nomer ,, heheheh.. jarang banget di check seditail itu.. tapi hebat ya perpaduannya. sep sep sep..

  14. ini baru kreatifitas..
    ane salut bisa bikin kayak gini..
    ayo tunjukan kreasi modifikator indo ga kalah ama luar negeri!

    Ayo tunjukan kepedulian Anda thd lingkungan & anak cucu kita dengan memakai teknologi yg ramah lingkungan.
    Honda dengan mesin injeksi bisa menjadi alternatif terbaik, sebagai bukti kepedulian Anda.

    Kalo bukan Anda, siapa lagi yg peduli?

    pls follow @motogpdistro
    “menjadi juara disetiap harimu!”

  15. harusnya sih bisa jadi 1 stnk aja yaa.. la wong motornya aja bisa disatuin gitu, mosok stnk-nya ngga? tinggal kemauan dan waktu buat ngurusnya aja mungkin yang agak ribet. hehehe

  16. klo menurut gw sih masalah modifnya keren abis,soalnya dia bisa merubah motor lama Honda menjadi motor keluaran terbaru,cuma amsalah surat”nya sih kayaknya bingung juga ko bisa yah,mungkin dari pihak kepolisian juga liatnya dari no.mesinnya sih ,kreatif banget nih orrg haha

  17. Bisa tunjukin ke polisi 2 stnk itu bro, plus jelasin ke polisi, karna belum ada aturan resmi, jadi sifatnya kebijakan….gitu kayaknya :p

Leave a Reply

Your email address will not be published.