Kedigdayaan Supra X 125 Belumlah Tertandingi Dari Banyak Sisi Terutama Rondonya

download (4)
download (4)

Secara keseluruhan kerja kelompok bebek di kubu Yamaha memang harus diakui masih kalah dari kelompok bebek Honda. Ya, kita bisa melihat fakta bahwa bolehlah Vega R Maupun Jupiter Z aka Burhan sangat berjaya, bahkan si Vega R ini memang jozz di kelasnya. Vega R ada yang bilang lebih berjaya ketimbang Blade dan Revo, sayangnya kemenangan Vega R ini bisa dibilang tidak stabil, kadang menang, kadang imbang, dan kada kalah, dan itupun selisihnya hanya sedikit. Dan kini kekuatan utama penentu kemenangan Honda di  regu bebek Honda di adalah di Supra X 125. Dan ketika melihat faktan si Supra X 125 sungguh menang mutlak dari Jupiter Z dan MX, sehingga secara keseluruhan Yamaha masih kesulitan menumbangkan Honda. Belum lagi ditambah dukungan matik si pasukan Honda ini yang juga menggila.
Secara teknologi, power, dan model jelas motor ini kalah dari Jupiter MX, dan secara harga jelas jauh murahan Jupiter Z. Namun ternyata konsumen tetep banyak memilih Supra X 125. Terutama sekali bagi mereka yang sudah berumur alias bukan anak muda. Saat James Bon iseng menanyakan kepada beberapa pengguna kenapa milih nih mongtor, jawabannya adalah bahwa motor ini simpel perawatan, stabil diberbagai medan, mantab di jalan datar dan kuat di tanjakan. Nah pertanyaannya adalah, apakah semua aspek ini tidak terdapat pada MX dan Z? Hehehe nampaknya perlu kejelian, kejujuran, dan obyektifitas tinggi untuk menjawabnya. Kecurigaannya sih fanatisme merek, bisa dibilang begitu. Sementara James Bons sendiri menilai memang supra X 125 lebih terasa nyaman bagi yang berumur, dan Jupiter MX memang lebih berorientasi unggul di power. So boleh jadi yang orang berumur lebih banyak ketimbang orang muda, atau boleh jadi pula banyakan orang berumur memeilih motor ini, sementara orang muda, tidak terkonsentrasi ke Jupiter MX dan Z karena banyak pula yang milih FU, CS 1, dll, makanya motor ini kalah jika disandingkan Supra X.

Venomena ini setidaknya kita bisa melihat dari sisi Rondo Supra X 125. Ya, bisa dikatakan Rondo Supra X 125 ini sangat stabil di pasaran. Kehadirannya begitu disabut baik oleh konsumen. Ya rondo si Supra X ini penurunan harganya dari tahun ke tahun tak sedrastis penurunan harga Z ataupun MX.

Advertisements
Advertisements

45 Comments

  1. satu-satu jenis motor bebek yang paling diterima semua aspek masyarakat walaupun harga tergolong mahal tapi image bandel dan irit nya sangat kuat di benak masyarakat indonesia

  2. Selain bodi getar, lainnya bagus banget. Tenaga cukup, paling irit diantara semua jenis motor, yg cc-nya lebih kecil sekalipun. Nyaman, mesin alus, bagasi luas. Setelah puas pakai karisma 8th, gantinya supra helm in injeksi. Tambah irit saja. Cuma, kenapa harganya lebih mahal drpd vario 125 dan verza ya?

      • Tergantung kebutuhan sih, masih butuh bawa barang yg nggak cocok dgn dek vario 125, ban yg lebih besar dan shock dobel utk jalan berlubang ditambah masih lebih irit drpd vario 125. Dan masalahnya sudah beli vario 125, jadi aneh kalau kembar.

  3. Utk kebanyakan orang tua motor itu ya honda, dan honda itu ya supra, supra itu ya supra x.., yg lain bagus jg tp tetep pilih supra x. Aku pernah pake 3 tahun emang enak kok utk riding santai..

  4. Bagasi dan tenaga yang lumayan, mx ga ada bagasi + boros.
    Ane pernah punya karisma, sedikit banyak tau keunggulan dan kelemahannya, dari jaman, karisma, supra 125 karbu, trus injeksi d tahun 2005, trus jadi melon in d tahun 2011,… Bahkan ane sempet mempertimbangkan lagi untuk ambil supra melon in d tahun ini, sebelum akhirnya ane ambil keputusan ambil vario wtf, motorna belum datang, dengan alasan lebih value dibanding supra 125 melon in, terlepas dr kasu mbrebet dan ngorok….

    • Mbrebet hanya saat mesin dingin di bawah 30kpj, ngorok terdengar krn suara mesin yg halus banget. Cukup menyesuaikan cara narik gas kok. Kalau sudah biasa, enak banget motor ini, tenaganya besar tapi bisa seirit supra karbu. Dan jangan mau ditakut2in harus pertamax. Mesin modern dgn kompresi 11:1 masih aman premium, sampai saat ini belum pernah ngitik.

  5. supra 125 itu..nyaman..irit..tenaganya juga masih bisa untuk meladeni kebanyakan jalanan indonesia, ya walau bukan yang paling superior..tapi masalah bodi geter..hmm..faktor ganjel karet..hmm..mending masang sendiri deh setelah diprotolin.. 😐

  6. “So boleh jadi yang orang berumur lebih banyak ketimbang orang muda”

    saya setuju dengan pernyataan diatas, orang yg punya duit ya rata-rata orang yg sudah berumur, coba bandingkan anak muda yg punya duit sendiri (sudah kerja) sama anak muda yg masih malak ortu jumlahnya gak akan lebih dari orang berumur yg sudah mapan.

    sedangkan yamaha selalu membidik kalangan muda. so masih jauh untuk bisa menumbangkan honda. CMIIW

  7. tau nduwe aq…125r 2005…kasih cdi brt dual band + porting&polish…jetting karbu…udah enak.. tp bar kui di dol..speedo ne agak lebay..ra yakin aku kalo jalan 125 km/jam…angin nya sih sktr 110 km an…oh ya yg plg mengecewakan shockbreaker blkg…rebound payah…mental2

  8. mmg yg karbu hrga 2nd-nya bagus mbah, tapi kalo yg HSX 125 tipe injeksi generasi awal harganya terjun bebas di daerah ane ( jogja), dulit sekali lakunya wong sparepart injeksinya susah n mahal…..

  9. yamaha tidak membuat motor yang secara khusus (berkesan) utk semua golongan. MX utk anak muda, jupiZ juga……dan vega juga lebih condong ke anak muda meski bisa juga ke gol tua tapi bukan/tidak sekelas dgn supraX125.

  10. ane juga punya dari 2006 ampe sekarang blm turun mesin cuma ganti kampas kopling 1x cuma ya keluhannya body dah pada somplak.

  11. banyak faktor konsumen lbh pilih hsx125,,modelnya anggun dan dinamis tdk seperti model yamaha yg sbagian besar org dianggap ekstrim(kurang sopan;jawa)..selain bandel juga irit.dibanding jupi yg emang boros…

  12. 4taun pake hsx125, boros(34,4kmpl), ngga kuat nanjak(pengalaman riding ke puncak), rem gk sepakem jupi yg msh tr0m0l(bandingin sm punya temen), jual lagi cm laku 7,1jt, lumayan buat nebus P135 seken yg lebih irit, kuat nanjak, rem dpn lbh pakem, cm shockbreaker lbh keras tp stabil

  13. 7 tahun pakai supra pgmfi, sekarang 65 km/liter (barunya 72 km/liter). onderdil yang diganti cuma bohlam, ban, rantai dan aki

    • supra x 125 R is the best.. awet, irit, bgasi luas, gak bikin pegel pokoknya nyaman bgt.. dengan kompresi 9,0 jd diisi premium gak masalah.. soal tenaga diputaran atas mantapp bgt.

      • Gue heran banget,sewaktu servis perdana supra 125 di Ahass kedapatan packing cock yg harusnya terpasang dibaut pembuangan oli mesin malah tidak ada sehingga terpaksa dipasangkan oleh mekaniknya, harganya 2500 rupiah. Bukan masalah harga tapi motor baru kok bisa kelupaan masang packing cocknya dari pabriknya sono…gimana ni honda, jangan cuma kejar produksi tapi konsume kecewa. Jangan2 bsk keluar dari pabrik kelupaan masang rodanya.

  14. HSX sih lebih lembut, lebih rapih bodynya, sura lebih enak, drpd Jupiter.. Biar katanya New Jup115 katanya dk lebih besar, ternyata ga juga sih. Gw sering test ternyata HSX lebih kenceng kok. New Jup115 dari body aja ga karuan, pantat belakang jelek, tampak samping jg jelek, kurang bagus deh desainnya. apalagi tenaga… torsinya aja jauh deh dengan HSX. GW sih sering tes CS1 gw dg kedua tadi. ternyata HSX lebih unggul kok. Nyalip New Jup115 lebih mudah daripada HSX… Jadi, apa dong kelebihan New Jup115??? Kalo gw suruh pilih bebek, pasti deh HSX, tapi sayang,… dari semuanya tetap aja CS1 gw No. 1.

    • point diatas benar bro…
      tapi kekurangan yg gak disebutkan juga ada.
      yaitu ditanjakan kurang tenaganya.

  15. Gilaa!! 99% komentator pnya pandangan n pngalaman positif sma si supri…
    Trpksa deh ane jujur…hahah..
    Motor pertma yg sanggup sya bli dlu jga supra..wktu itu tahun 2002 msh kuliah smster4an.. Pnya uang cma 3jt..berbekal duit honor ngajar SD n privat…pnjam uang ibu 5jt..nyicil 300rb/bln.alhmdllh 2th beres..o ya hrga second di7.8 jt wkt tu. Bner2 nyaman n uiirit poll klo d bnding mtor bbek pabrikn lain…
    Yg plg menarik dsni trnyata pola fikir remaja jg bsa dilihat dr pilihan motornya..

    http://prestigesotomobile.wordpress.com/

  16. jujur Supra X 125 stabil, tenaga lumayan di jalan datar, kenyamanan handling lumayan mantap.

    tapi point kuat ditanjakan, itu point yg salah bro. supraX125 lemah ditanjakan dibanding kompetitor atau saudaranya 1 merk yg ber-cc 110.

  17. hhh,motor kropos aja dibanggain?

    HONDA = MOCIN

    gak ada bedanya brow….

    wkawkawkawkawkaaaaaa…….

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin