Pohon Ghat Yang BIkin Rafi Dkk Masuk Bui, Ahay Dikonsumsi Para Supir Afrika | Bonsaibiker

Pohon Ghat Yang BIkin Rafi Dkk Masuk Bui, Ahay Dikonsumsi Para Supir Afrika

ghatin

ghatin

Sebagaimana ramai dikabarkan di TV bahwa presenter kondang Rafi Ahmad beberapa waktu lalu digerebeg di rumahnya dengan beberapa koleganya yang kabarnya tengah berpesta dan sebagian positif menkonsumsi zat terlarang. Usut punya usut ternyata Raffi Ahmad menkonsumsi zat katinona. Zat ini terkandung dalam tanaman yang kabarnya berasal dari Afrika dan Timur Tengah yang bernama Ghat. Dan uniknya ternyata, untuk penduduk kawasan Afrika dan Timur Tengah tanaman ini adalah tanaman biasa.Para pengendara pun suka mengkonsumsinya biar konsentrasi saat nyetir. Ya, terutama para supir truk atau moda angkutan jarak jauh demi menambah stamina. Ngerinya gan selain para supir, ternyata pekerja dan petani atau bahkan pelajar yang hendak menempuh ujian juga suka mengkonsumsi! Alamak betul-betul berpengaruh pada psikologi!

Menurut sebuah artikel di Detik Oto banyak yang percaya bahwa khat berasal dari Ethiopia, yang kemudian menyebar ke Afrika Timur dan Yaman. Ada pula yang berpendapat kalau tanaman itu berasal dari Yaman sebelum menyebar ke Ethiopia. Saat ini, selain kedua kawasan tadi tanaman ini juga sudah menyebar ke Somalia, Malawi, Uganda, Tanzania, Arab, Kongo, Madagaskar, Zimbabwe, Zambia dan Afrika Selatan serta ditemukan juga di Afghanistan dan Turkistan.

Nah sejak saat penggerebekan Rafi itu  popularitas ghat yang mengandung cathinone/katinona di Indonesia ini meningkat pesat. Bahkan belakangan diketahui ternyata tanaman ini banyak ditanam di Puncak Bogor Jabar, dan banyak dikonsumsi para wisatawan timur tengah. Alamak, semoga gak meracuni bangsa kita ini gaaaan, Amiin!

%d bloggers like this: