Unik Nian Sepedamotor.web.id Dalam Menanggapi 162 km/liter | Bonsaibiker

Unik Nian Sepedamotor.web.id Dalam Menanggapi 162 km/liter

Seru memang ketika menanggapi event yang diadakan Honda bahwa lomba irit konsumsi BBM Verza katanya rata-rata bisa tembus 162 km/liter. Ya ketika itu dalam rangka ranah lomba irit-iritan dalam artian speda motor disetting seirit mungkin smentara jalan diseting selancar mungkin lalu bikernya diseting untuk tidak melakukan tindakan yang meboroskan BBM ya sah-sah aja wong ini namanya lomba irit. Namun ketika hasil irit ini dipublish untuk dijadikan wahan promosi baik secara langsung atau tidak langsung kemudian oleh banyak orang dibandingkan dengan kehidupan nyata ya, satu hal yang susah diterima akal. Alih alih hanya menjadi bahan tertawaan orang, setidaknya sesuai artikel rpoud 2 ride ini: http://proud2rideblog.com/2013/02/15/hasil-test-bbm-verza-rata-rata-16294-kmliter-hanya-jadi-bahan-candaan/

honda-verza

Nah lain Proud 2 Ride lain pula Mabah Dukun Satar yang harus Koprol nerima itu di artikel berikut: http://indobikermags.com/2013/02/12/honda-verza-bisa-162-km-liter-gw-harus-bilang-wow-sambil-salto-kalo-gitu/. Paling unik dan menggelitik menurut James Bons adalah kang Yoshi dalam warungnya SepedaMotor.web.id yang di tulis dalam judul : http://sepedamotor.web.id/2013/02/28/outlier-dalam-statistik/comment-page-1/#comment-2178
Beliau ini mengatakan bahwa si Hasil (162) ini sebagai “Outlier Dalam Statistik.” Jelasnya monggo lihat :

“Dalam ilmu statistik, outlier adalah data yang menyimpang jauh dari kumpulan data yang lain. Data seperti ini diragukan kebenarannya, oleh karena itu perlu dieliminasi agar analisa dan kesimpulan yang diambil tidak bias.
Misalnya, dalam sebuah penelitian, didapatkan data bahwa konsumsi bahan bakar sepeda motor adalah 30, 35, 44, 46, 48, 55, 65, 42, 38, 62, 61, 45, 46, 50, dan 54. Semuanya dalam satuan km/l. Lalu tiba-tiba ada satu data yang angkanya jauh dari teman-temannya, katakanlah 162 km/l.
Data 162 km/l ini sangat diragukan kebenarannya, jadi harus dieliminasi. Bukannya malah dipublikasikan. He he . . .”

Nah berarti bisa juga dikatakan orang gila itu outlier dalam statistik, karena kebenaran orang gila harus dieliminasi, lalu orang galu juga mungkin harus dielimnasi karena juga diragukan kebenaran galau, nah kalau Honda Sedang apa ya? Aihihi, jelas-jelas sdang lomba irit. KIkiki galau dah!

Advertisements
%d bloggers like this: