Berburu Rondo Civic Wonder, 25 Jetian Gan! Simak Selangkapnya Mengenai Boil Ini!

Back to Motuba gan, setelah beberapa artikel tentang motor telah kita simak diskusikan bersama. Yup bahasan kita kali ini adalah si Wonder, sebuah boil dari Honda sebelum tahun 90-an, kenapa kita ngomongin boil ini? Ya karena boil ini memang masih banyak dirawat, dimodif dan diburu. Kabarnya memang enak dan jozz, gitu menurut testimoni para pemakaianya. Realnya sih mobil ini sudah tua makanya kita sebut motuba alias mobil tua bangka, tapi masi enak diajak lari gan, dan harganya we murah meriah, sekitar 25 jutaan. Seperti biasa sebelum berburu mari kita ulas berbagai hal tentang mobil ini!

Sejarah dan Varian Civic Wonder

Civic Wonder adalah sebutan di Indonesia bagi  Honda Civic yang diproduksi tahun 1984 – 1987. Ini adalah Honda Civic generasi ke tiga.
Model ini dipasarkan dengan beberapa varian yaitu :
  1. Sedan 4 pintu
  2. Hatchback 3 pintu
  3. Hatchback 5 pintu.
  4. Coupe
 Untuk varian Hatchback 5 pintu, sesungguhnya adalah penggabungan antara varian hatchback dengan  station wagon. Oleh sebab itu varian ini juga disebut sebagai Station Wagon “Shuttle” 4 pintu atau di amerika disebut sebagai “Wagovan”.
Coupe adalah varian  civic yang berukuran kompak dan ringan. Varian ini disebut sebagai CRX.  Di Amerika, CRX  hanya menggunakan dua   kursi dengan kompartemen penyimpanan yang dapat dikunci, sedangkan yang ditawarkan ke seluruh dunia dilengkapi dengan kursi belakang.

Tahun 1984

Civic menggunakan mesin seri “D” model baru dengan CVCC, 4 silinder dengan kapasitas 1.5 L (91,5 cu in). Untuk pasar domestik di Jepang, dipasarkan  model “Si”, yaitu Civic high performance, dengan upgraded suspension dan mesin DOHC ZC, 1.6L (97.6 cu in) yang menghasilkan daya 130 PS.
 Di amerika juga dipasarkan model “Si” tetapi dengan seri mesin yang berbeda, yaitu SOHC 12 katup fuel injected, 91 horsepower (68 kW). Di Amerika Serikat Civic “Si” adalah varian  Hatchback 3 pintu dan CRX “Si”.
Pada tahun 1984 ini pula, mulai diperkenalkan model 4WD yang kemudian  ditingkatkan kemampuannya   pada tahun 1987.
Di bandingkan dengan generasi kedua, Civic generasi ketiga, memiliki  wheelbase-nya lebih panjang  2-5 inci (13 cm) sampai 93,7 inci (pada varian hatchback) atau 96,5 inci (pada varian sedan).
Suspensinya menggunakan independent front control arms dengan torsion bar springs dan semi-independent rear beam with coil springs.
Dashboard pada varian hatcback dan sedan sama dan identik. Perbedaan dashboard ada  pada varian CRX yang memiliki cubby tertutup ditengah dashboard, serta pada varian wagon yang memiliki ventilasi yang dapat disetel pada saat digunakan atau ditarik kembali ke dashboard apabila tidak digunakan.
Selanjutnya juga diperkenalkan Mesin baru seri  I4, 1500 cc, dengan 12 katup ( tiga katup per silinder) yang irit bahan bakar yaitu  4,7 L/100 km di jalan bebas hambatan. Mesin ini digunakan pada Sedan seri DX, Hatcback seri 1500S, dan CRX 1.5.  Selain itu juga diperkenalkan  mesin 1300 cc, 8 valve, 60 hp (45 kW), yang digunakan pada varian hatcback dan CRX 1.3.

Tahun 1985

Pada tahun 1985, mulai diproduksi CRX model Si  yang menggunakan mesin 4 silinder 1488 cc dengan injeksi bahan bakar PGM-FI. Di amerika model ini dapat menghasilkan daya 91 tenaga kuda (68 kW). Perbedaan lain dengan model sebelumnya adalah penambahan wiper belakang, spoiler belakang, sunroof  dan velg alumunium.

Model CRX selanjutnya adalah seri  HF yang menggunakan mesin seri EW 1.5 Liter dengan “CVCC head” untuk menggantikan CRX 1,3
Pada tahun ini mulai diproduksi versi wagon yang dilengkapi dengan “part-time any-speed four wheel drive” yang dioperasikan oleh sebuah tombol di dasbor. Transmisi penggerak empat roda ini juga dilengkapi dengan “low speed grany gear” yang berfungsi saat penggerak empat rodanya diaktifkan.

Tahun 1986

Pada tahun 1986, Civic yang diproduksi telah  dilengkapi dengan lampu flush-mount. Untuk seri CRX dilengkapi dengan bumper yang sewarna dengan bodi, velg alumunium model baru dan   karet spoiler bodi dengan posisi berbeda dari model sebelumnya.
Pada tahun 1986 juga,  versi Si dari Civic hatchback diperkenalkan, dengan pop-up glass sunroof, bumper sewarna bodi, dan dop yang stylis
Model ini datang dengan mesin CRX Si, 1.5 L 12 katup, injeksi bahan bakar, menghasilkan 91 hp (68 kW), dan gearbox manual 5 kecepatan.

Beberapa iklan
HONDA CIVIC Wonder 1985/ 6 Speed Konds Full kaleng Ori Merah. Ac dingin/ Vr/ tp 24. 5jt serius hub. kota tangerang. 08158361170
HONDA CIVIC Wonder 86 PUTIH (4PT)AC DGN, PJK HDP, INT ORI, mbl bgs skl Komp Ligamas indah blok H/ 5 msk dr sate pancoran/ dpn gd SUCOFINDO pncrn JKS

Sumber:
Iklan baris Pos Kota
http://civicwonder87.blogspot.com/2011/02/sejarah-civic-wonder.html

About these ads

0 thoughts on “Berburu Rondo Civic Wonder, 25 Jetian Gan! Simak Selangkapnya Mengenai Boil Ini!

  1. Sempet pengen beli tapi untuk tahun lama masih mahal mbah..akhirnya dana 17 juta dapet mazda elite 323. Tampilan modern mesin bandel sparepart murah..mantap

Leave a Reply

Your email address will not be published.