Dibalik Tutupnya Dealer Chery QQ 2011 Lalu dan Sejarah Kelam Otomotif Cina

Ketika itu tahun 2008-2009 ketika James Bons tinggal di Bambu Apus TMII, maka setiap belanja pastilah larinya ke TMANI (sebuah Mal di dekat TMII Jaktim). Suatu saat ketika belanja si Boil Chery QQ ini mejeng memamerkan diri di depan Carefour Tamini, saat James Bons melintas langsug disodori  bosur dan diperilakan melihat mobil ini. Mmm Jozz, interior manteb, desain tak kalah dengan pasukan Jepun dan harga etika itu hanya berkisar 75-an kaau gak salah. Tahun 2011 lalu sebuah kabar dari detik com mengatakan bahwa dealer penjualan boil ini ditutup.Chery QQ saat sebelum ditutup dibanderol dengan harga Rp92-100 juta, sementara Chery Tiggo dijual dengan harga Rp177-184 juta. Untuk ukuran mobil harga tersebut senarnya tidak murah murah amat dibanding dengan mobil Jepang.

Penutupan ini disinyalir bahwa data dari detik.com yang dikutip dari data Gaikindo penjualan Chery terbilang tidak terlalu sukses. Berikut ini data penjualan 3 tahun terakhir :

Tahun QQ Tiggo Jumlah
2009 305 102 407
2010 491 37 528
2011 170 14 184
966 153 1119

Beberapa hal disinyalir menjadi penyebab tutupnya dealer mobil ini. Ya,  setelah berjalan tiga tahun dengan penjualan yang tidak terlalu sukses, akhirnya Indomobil memutuskan untuk bercerai dengan Chery dengan alasan kualitas produknya yang tidak sesuai harapan. Memang sulit menjual otomotif merek China di Indonesia setelah rontoknya merek China pada motor roda dua. Sialnya isu kualitas dari produk China ini selalu hampir bisa dibuktikan memang berkualitas jelek. Logis juga kalo  Indomobil tidak mau nila setitik rusaklah susu sebelanga, alias gara – gara kualitas Chery jelek nama baik merek dibawah Indomobil ikut tercoreng juga. Ingat Indomobil membawa nama besar Suzuki yang laris manis dan terkenal bandel di Indonesia di segmen mobil.

Sebenarnya sih beberapa user Chery QQ ini mengatakan bahwa mobilnya tak bermasalah, asoy aja, dan so far so good. Bebrapa bahkan mengatakan bahwa boil ini lebih nyuss daripada duet maut xenia avanza, tapi ya dibalik itu semua bahwa artikel ini hanyalah sebuah share bahwa risiko berburu mobil ini meski harganya murah, dan indomobil kabarnya masih menjual part mobi ini, tapi ya itu dia bahwa mobil ini dealernya udah tutup.

sumber http://motorek.wordpress.com/2011/09/28/indomobil-stop-jual-chery-quo-vadis-untuk-merek-china/

 

Advertisements
Advertisements

16 Comments

  1. Masih idup kok om bons dealernya ada di daerah kemayoran…unitnya juga banyak yg jadi taksi sekarang…yg sering lewat kemayoran pasti tau dah.

  2. Silahkan kirim intelejen dah letaknya di Graha mandiri jl.Griya Utama tembusan perempatan Jl.Danau Sunter Utama nah di seven eleven deket sini banyak parkir unit taksinya juga.

  3. masih ada koq ATPM resminya. ta[pi saya lupa under siapa yg pasti bukan indomobil lagi. jujur kecewa sama indomobil yg seenaknya lepas tanggung jawab mengenai chery ini.

  4. masih bisa ngebut om 😀 sering isengin krupuk of the year ko di toll
    cheryku dah upgrade kaki kaki R14,, kekuranganny 1 jadi boros! pikir balik lg ke R13, tapi kalo R13 ceper bgt fiuh, 1:9km :cry kalo bawanya ngebut yah max 140kpj lah, kalo bawa irit mode max 100kpj dapet 1:12 kalo yg pernah nyoba pake harian yaa berasa deh beda..

  5. R13 max speed 160kpj, R14 max 150kpj, mungkin karena lebih tinggi ya imho, akselnya enak di sensasi gear 3 n 4, bawa nya diurut shifting gear 1,2 pendek di gear 3 baru bejek gas, 0-100kpj 12 detik, power memang cuma 63dk tapi berat total cuma 900kg kurang, enteng, jgn coba2 lgsg bejek di gear1 ke 2 bisa-bisa spining.. 😀

  6. tiggo is ok kalau ada yang mau beli mobil chery tiggo sebaiknya tanya pada yang telah menggunakan mobil tersebut bisa kepada saya di email picavit@yahoo.com saya menggunakan mobil cherry tiggo dari tahun 2010 beli baru sampai sekarang gak pernah ada masalah dan sekarang masih dipakai selama 3 tahun lebih saya baru ganti ban dan sendor spedometer saja…….servicenya lebih murah dibanding mobil2 yang lain…..bro.

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin