Dibalik Tutupnya Dealer Chery QQ 2011 Lalu dan Sejarah Kelam Otomotif Cina | Bonsaibiker

Dibalik Tutupnya Dealer Chery QQ 2011 Lalu dan Sejarah Kelam Otomotif Cina

Ketika itu tahun 2008-2009 ketika James Bons tinggal di Bambu Apus TMII, maka setiap belanja pastilah larinya ke TMANI (sebuah Mal di dekat TMII Jaktim). Suatu saat ketika belanja si Boil Chery QQ ini mejeng memamerkan diri di depan Carefour Tamini, saat James Bons melintas langsug disodori  bosur dan diperilakan melihat mobil ini. Mmm Jozz, interior manteb, desain tak kalah dengan pasukan Jepun dan harga etika itu hanya berkisar 75-an kaau gak salah. Tahun 2011 lalu sebuah kabar dari detik com mengatakan bahwa dealer penjualan boil ini ditutup.Chery QQ saat sebelum ditutup dibanderol dengan harga Rp92-100 juta, sementara Chery Tiggo dijual dengan harga Rp177-184 juta. Untuk ukuran mobil harga tersebut senarnya tidak murah murah amat dibanding dengan mobil Jepang.

Penutupan ini disinyalir bahwa data dari detik.com yang dikutip dari data Gaikindo penjualan Chery terbilang tidak terlalu sukses. Berikut ini data penjualan 3 tahun terakhir :

Tahun QQ Tiggo Jumlah
2009 305 102 407
2010 491 37 528
2011 170 14 184
966 153 1119

Beberapa hal disinyalir menjadi penyebab tutupnya dealer mobil ini. Ya,  setelah berjalan tiga tahun dengan penjualan yang tidak terlalu sukses, akhirnya Indomobil memutuskan untuk bercerai dengan Chery dengan alasan kualitas produknya yang tidak sesuai harapan. Memang sulit menjual otomotif merek China di Indonesia setelah rontoknya merek China pada motor roda dua. Sialnya isu kualitas dari produk China ini selalu hampir bisa dibuktikan memang berkualitas jelek. Logis juga kalo  Indomobil tidak mau nila setitik rusaklah susu sebelanga, alias gara – gara kualitas Chery jelek nama baik merek dibawah Indomobil ikut tercoreng juga. Ingat Indomobil membawa nama besar Suzuki yang laris manis dan terkenal bandel di Indonesia di segmen mobil.

Sebenarnya sih beberapa user Chery QQ ini mengatakan bahwa mobilnya tak bermasalah, asoy aja, dan so far so good. Bebrapa bahkan mengatakan bahwa boil ini lebih nyuss daripada duet maut xenia avanza, tapi ya dibalik itu semua bahwa artikel ini hanyalah sebuah share bahwa risiko berburu mobil ini meski harganya murah, dan indomobil kabarnya masih menjual part mobi ini, tapi ya itu dia bahwa mobil ini dealernya udah tutup.

sumber http://motorek.wordpress.com/2011/09/28/indomobil-stop-jual-chery-quo-vadis-untuk-merek-china/

 

%d bloggers like this: