sangkutan-terlepas
sangkutan-terlepas

Setelah kemaring kita share kelemahan N 250 Injeksi, kini kita coba ulas keluhan CBR 150. Haha, yang pasti kata banyak orang kekurangan CBR 150 R itu katanya kemahalan, wekekekeke, ya wajarlah konsumen inginnya semurah-murahnya, sementara produsen inginnya seuntung-untungnya hehehehehe. Oceh, namanya juga barang buatan manusia pasti ada saja kurangnya, namun yang kita bahas di sini adalah keluhan yang berhubungan misalnya dengan cacat produksi atau qulity control ya gan bukan kekurangan karena kurang jozz, kalau misalkan katanya CBR itu kurang cepat ya itu masuk kekurangan, atau CBR 150 itu modelnya kurang gagah, ya itu masuk kekurangan, mau jozz ya beli aja CBR 1000 RR hahaha, cepat, dan gagah, kikiki. Oceh berikut ini rangkuman keluhan dari berbagai sumber:

1. Noise dari side clearance exhaust camshaft
(http://iwanbanaran.com/2012/01/20/noise-disilinder-head-pada-honda-cbr150r-apa-tindakan-kita/)

Ada uneg uneg di new cbr 150r. Cibie ane baru service 1, pada waktu service ditemukan bunyi noise oleh mekanik Ahass Krida Honda Lombok. Memakan waktu 2 hari buat analisa dan perbaikan, saya coba tanya katanya noise dari side clearance exhaust camshaft yg terlalu besar (maaf bukan valve clearance)….karena keausan dudukan camshaft. Saya coba ikut nimbrung kok bisa aus ; apa supplay oli pelumas ke valve mechanism DOHC kurang, ternyata bukan. Sekarang motor udah selesai di perbaiki, noise hilang, dan masih masa trial tuk memastikan problemnya kemungkinan kumat lagi.

Yang bikin saya heran, ternyata kasus ini juga menimpa temen2 owner cibi 150 di JKT (contact via : Facebook»» Honda All New CBR 150 F1) Tercatat 15 mtr cbr 150 nongkrong di w/ahop Ahas Wahana Artha dgn kasus yg sama…krn waiting part…malahan sampe ada yg camshaftnya aus. Nah bukan maksud hati tuk menjatuhkan produk ini, tapi untuk kebaikan bersama. Mohon bantuan pencerahan mengenai sistem & part DOHC dari new cbr 150 ini, kenapa bisa begini, sukur sukur didengar ma AHM…klo memang perlu di recall ini lebih bagus….guna menjaga kredibiliitas Honda. Mengingat kasusnya sudah byk…..thanks mas IWB. Fb ; Toms Cbrider phone:081237****6

Updated email susulan bro Toms :
Bener emang root cause-nya dari side clearance exhaust camshaft yang terlalu besar, no part replacement, hanya perlu penambahan shim (plat kuningan tipis) buat mengurangi clearance. Barusan motor udah ane test buat jalan jauh dan recheck ulang di AHASS tadi pagi (20 jan 2012)..seep motor udah normal kembali… BTW lain motor mungkin sumber masalahnya berbeda…tapi satu catatan bahwa problem ini byk dikeluhkan owner cibie 150…but tidak perlu risau karena AHM/AHASS punya komitment tuk memperbaikinya….thanks all

2. Problem suara “Helikopter” pada All New Honda CBR150 R senada dengan poin 1
(http://yudibatang.wordpress.com/2011/07/23/problem-suara-helikopter-pada-all-new-honda-cbr150-r/)

lagi blusukan lihat-lihat video diyoutube, Nemu video All new Honda CBR150 FI . Bukan video top speed, tapi video tentang suara mesin cbr150 yang kasar. Yups… menurut biker thailand sono, problem yang muncul pada All Honda CBR150 adalah suara mesin yang kasar layaknya suara helikopter.  Ini aneh! karena saya sudah pernah njajal motor baru honda ini, suaranya halus. nggak seperti suara divideo tersebut. Yang mengelukan problem ini, bukan hanya satu biker, namun ada biker yang lain yang memiliki keluhan sama.

3. Bahan bakar yang mustinya pertamax
(http://gilamotor.com/forums/showthread.php?p=8882)

Salah satu kelemahan Honda CBR adalah mesin CBR hanya bisa diinfus dengan bahan bakar yang memiliki kadar oktan 92 atau lebih. Di Indonesia, jenis bahan bakar ini dikenal dengan nama pertamax. Jika menggunakan bahan bakar yang beroktan di bawah angka tersebut, maka tenaga yang dihasilkan tidak akan sempurna.

Mengapa hal ini dikatakan sebagai kelemahan? Hal ini seseuai dengan kondisi di lapangan bahwa tidak semua stasiun pengisian bahan bakar, menyediakan bahan bakar jenis pertamax. Sehingga pengguna CBR harus bisa pintar-pintar mengatur konsumsi bahan bakar khususnya jika melakukan perjalanan keluar kota.

Perhitungan untuk pengisian ulang harus dilakukan dengan cermat. Jika dipaksakan menggunakan bahan bakar premium, maka akan berdampak pada sistem pembakaran.

Ibaratnya, dengan menggunakan pertamax akan menghasilkan api biru sebagaimana kompor menggunakan gas. Sedangkan premium, hasil pembakaran masih meninggalkan sisa pembakaran yang menyebabkan residu dapur pacu mesin.

4. New Honda cbr 150, motor mahal kok joknya susah dibuka
(http://yudibatang.wordpress.com/2012/02/25/new-honda-cbr-150-motor-mahal-kok-joknya-susah-dibuka/)

Halo brother biker 😀 … Lagi blog walking nyasar ke blog metalbalbut.wordpress.com ada salah satu artikel menarik diblog tersebut. Yups..Sipengasuh blog adalah pemilik New Honda Cbr150. dan ternyata Motor sport full fairing produksi Honda tailand itu, belum genap setahun tapi sudah muncul problem pada Joknya. yaitu jok susah dibuka! hingga sipemilik motor harus “mencongkel” bagian undertail untuk bisa memperbaikinya.
Monggo kalau ada hal baru yang lain!