Tips

Nguras dan Ngisi Radiator Sendiri

radiator2bbocor
radiator2bbocor

Hari ini gan mumpung libur, James Bons iseng nguras air radiator dan ngisi sendiri, ya itung-itung belajar gan, karena radiator ini fital banget fungsinya, bermasalah dikit aja boil bosa mogok overheat. Ya, saat mau nguras air radiator ini james bons lepas banyak bagian daalam kabin mesin, mulai dari aki, saringan udara, hingga selang-selang. Ya tujuannya mendeteksi korosi dan kebocoran cairan maklum kan motuba, alias mobil tua bangka. Nah bagi brader sekalian yang mau iseng buka readiator sendiri mnggo perhatkaan beberapa tips berkut!

1. Buka sumbat radiator (letaknya di bagian bawah radiator), lalu buka tutup radiator dan biarkan air radiator lama mengalir keluar sampai habis bersama kerak atau kotoran radiator.

2. Setelah semua air keluar, tutup kembali sumbat radiator dan mulailah menuangkan air dari lubang pengisian radiator diatas sampai penuh (paling baik menggunakan air hasil penyulingan khusus untuk radiator atau menggunakan cairan radiator coolant). Untuk kendaraan yang dilengkapi dengan katup pembuang udara seperti Avanza atau Xenia, pada waktu mengisi air, katup ini dibuka hingga air keluar melalui katup ini.

3. Setelah penuh, silakan menutup kembali lubang pengisian radiator rapat-rapat.

4. Hidupkan mesin dengan posisi AC off. Biarkan mesin hidup beberapa saat sampai kipas elektrik berputar agar air radiator bersirkulasi hingga ke dalam mesin untuk kebutuhan sistem pendingin, lalu matikan kembali mesin. Jangan lupa, di tahap ini anda harus memeriksa selalu suhu mesin pada indikator temperatur di dashboard saat mesin menyala, dan segera matikan mesin bila temperatur naik melewati batas. Untuk kendaraan yang tidak menggunakan kipas elektrik, bisa dengan melihat indikator temperatur di dashboard sampai jarum menunjuk posisi setengah.

5. Setelah mesin kembali dingin, buka kembali penutup radiator, lalu periksa kembali apakah volume air masih tampak penuh. Jika ya, berarti proses mengisi air radiator telah selesai dan anda bisa langsung ke langkah no 7. Tapi jika tidak, tambahkan kembali sampai batas mencapai maksimum.

6. Tutup kembali radiator dan ulangi langkah 4-5 di atas.

7. Periksa juga volume air di tangki cadangan air radiator, kuras juga jika terlihat telah kotor. Pastikan permukaan air cadangan harus di atas batas “minimum” dalam takaran tangki cadangan. Tangki cadangan air radiator harus diisi dengan air atau cairan radiator coolant yang sama.

kusus Blazer monggo ikuti langkah berikut:

Mesin harus didinginkan dulu sebelum dikuras dan diganti. Buka saluran drain.

 

Saluran drain ada di bawah saringan udara. cara bukanya:

1. Lepas dulu rumah saringan udara.

2. Gunakan sejenis obeng dengan ujung segi empat ukuran 5×5 mm, putar ke kiri 1/4 putaran plastik tutup drain warna putih kecoklatan.

3. Tarik sedikit plastik tutup drain tsb.

4. Buka tutup radiator.

5. Buka selang radiator yang atas.

6. Setelah habis air di radiator, tutup lagi drain, masukkan coolen baru.

7. Hidupkan mesin, tambahkan air radiator baru secara bertahap sampai air yang keluar dari selang sama dengan air radiator baru.

8. Pasang kembali selang.

sumber:

http://blog.sewamobilsurabaya.com/?p=258

Astra world

Blazerian Indonesia

 

14 komentar pada “Nguras dan Ngisi Radiator Sendiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.