Tahu Bulat Kemangi: Wisata Kuliner ala Mrs.James Bons’s Kitchen

By: Ny.Bons

                Sebagai pengantar weekend kali ini, ada resep kuliner sehat yang bisa diolah sendiri oleh kita nih mas bro. Sebenarnya Tahu Bulat itu sendiri adalah tahu yang dibentuk sedemikian rupa dengan campuran bumbu-bumbu sederhana yang biasanya disantap dengan ditemani saos sambal atau cabe rawit. Tapi saya mencoba memberikan inovasi baru yang lebih menyehatkan tentunya. Awalnya dikarenakan anak yang tidak mau makan sayur, maka sayur saya selipkan disetiap masakan kesukaan anak. Seperti bayam,wortel, kentang dan lain. Dan kali ini, saya akan berbagi sedikit resep Tahu Bulat Kemangi kepada mas bro sekalian.

Photo: TAHU BULAT KEMANGI, rEseP masakan positif 4 this weekend..:</p><p>Daun kemangi mengandung 1,8 sineol, anethol, apigenin, boron arginine dan asam aspartat. Ternyata khasiatny dahsyat banget bro&sist!! Antara lain: memperkuat daya tahan hidup sperma, mencegah kemandulan, menurunkan gula darah, antihepatitis, diuretik, merangsang saraf dan analeptik. Khasiat lainny yaitu untuk mengatasi bau badan dan keringat, untuk bau mulut, untuk Ejakulasi prematur, peluruh haid dan ASI.Tuh,dahsyat kan.<br />Bikinny mudah kok. Bahannya hnya Tahu, Telur, Daun kemangi & Bumbunya hnya bawang putih&lada yg dihaluskn. Dtambah lg kl mau pk bmbu penyedap yg sdh ada ya monggo.Tp yg anti sm bhn penyedap blh pake garam aja jg sdh enak.Carany:<br />(1.) 6 Tahu ukurn sedang dihancurkan smpai halus (lbih mudah dhncurkan dlm wadah pk ulekan).(2.)Masukan bumbu yg dihaluskan, garam/bmbu pnyedap instan.<br />(3.) Masukan 2 butir telur. (4.) Cmpur dngan daun kemangi scukupnya.(5.) Karena Tahu mngndung air, jd alngkah baikny adonan dimasukan freezer dl bbrapa saat. Tp mau lngsung digoreng jg bisa.(6.) Setelah itu dibntuk bulat (tgntung selera), lalu digoreng dngn api sedang.(7.) Stelah wrnany kcoklatan, maka siap disajikan dngn dtemani saos smbal atau cb rawit. Atau mnjadi lauk tmbahan.</p><p>Nah, kbetulan swamiku doyan bnget sm daun yg 1 ini. Akhirny hmpir disetiap msakan,termasuk Tahu Bulat nih dksaih daun itu jg. Bisa jg dignti dngan sayuran lain loh. Wah ank2 jg suka, kata SeNo sih “rasany beda bu sm yg dijual diskolahan,ini mah lbih enaaak..” ktnya.”Ya iyyalaah..,ibu gtoo lloooh..”he he. O iya! Agar lebih mmpererat keharmonisan dlm keluarga, libatkan anak qta dlm pembuatan tahu bulat ini. Minta mrk untuk mmbntu mmbulat2kan tahu ini. Yah, mskipun dapur bakal sdikit berntakan, tp anak2 qta akn lbih mnghargai mkanan hasil karyanya sndiri..<br />Selamat mncoBa..!

Daun kemangi mengandung 1,8 sineol, anethol, apigenin, boron arginine dan asam aspartat. Ternyata khasiatny dahsyat sekali nih mas bro. Antara lain: memperkuat daya tahan hidup sperma, mencegah kemandulan, menurunkan gula darah, antihepatitis, diuretik, merangsang saraf dan analeptik. Khasiat lainnya yaitu untuk mengatasi bau badan dan keringat, untuk bau mulut, untuk Ejakulasi prematur, peluruh haid dan ASI. Membuatnya  mudah kok. Bahannya hanya Tahu, Telur, Daun kemangi & Bumbunya hanya bawang putih &lada yang dihaluskan. Ditambah lagi kalau ingin pakai bumbu penyedap yang sudah ada ya monggo. Tapi yang anti sama bahan penyedap boleh hanya menggunakan garam saja juga sudah enak. Caranya:

  1. 6 Tahu ukuran sedang dihancurkan sampai halus (lebih mudah dihancurkan dalam wadah pakai ulekan)
  2. Masukan bumbu yang dihaluskan, garam/bumbu penyedap instan
  3. Masukan 2 butir telur
  4. Campur dengan daun kemangi secukupnya.
  5. Karena Tahu  mengandung air,  jadi alangkah baiknya adonan dimasukan freezer dulu beberapa saat. Tapi mau langsung digoreng juga bisa.
  6. Setelah dibentuk bulat (tergantung selera), lalu digoreng dengan api sedang.
  7. Setelah warnanya kecoklatan, maka siap disajikan dengan ditemani saos sambal atau cabe rawit.

Nah, kebetulan mas Bons suka sekali dengan daun kemangi. Hal itulah yang menginspirasi saya dalam membuat cemilan ini. Selain itu, dengan mengolah sendiri cemilan seperti ini bisa mempererat keharmonisan dalam keluarga yaitu dengan mengajak anak kita membantu membentuk bulat-bulat tahu yang sudah diolah. Meskipun pastinya dapur akan terlihat berantakan. Namun biasanya anak akan lebih menghargai makanan yang diolah dengan kreasinya sendiri.

Oke mas bro, met weekend & Selamat mencoba..!

Advertisements

20 Comments

  1. Saya suk kemangi mas bons. Tapi di sini krisis. Ada itu juga pakai bahan pengawet jadi ga enak rasanya.

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin