Tips

Mencermati Surat-surat Mobil/motor Jakarta Yang Kadang Bikin mumet dan bahkan Gila Ketika Mutasi ke Daerah.

stnk-motor
stnk-motor

Mas bro sekalian, kini James Bons akan membahas sisi relung-relung kelam di permotubaan dari sisi surat-surt kendaraan bermotor yang yakin tak pernah dibahas di blog manapun, hahaha ngayal kalee. Ya,  sisi-sisi negatif yang terkadang jarang tersentuh oleh media adalah bobroknya sistem administrasi data base surat kendaraan bermotor. Sampean beli mobil atau motor di Jakarta dengan harga murah itu betul, sampean bisa mendapatkan semua merek dan semua tipe serta semua tahun bahkan mendapatkan kendaraan yang lahir sebelum sampean lahir itupun juga bisa diperoleh dengan mudah itu betul. Anda mau cabut berkas ke daerah dengan mudah itu betul namun berkas anda mudah  di terima di Samsat daerah itu yang tidak betul.

Bayangkan ada jutaan berkas surat kendaraan bermotor di Polda Metro Jaya, kadang penataan berkasi ini ada yang tidak rapi sehingga ketika kita mutasi berkasi ini ada yang hilang, ada yang terselip, ada yang ketuker dengan berkas motor atau mobil lain kadang juga faktor manusiawi yang bikin keselip lengah dan sebagainya. Nah ketika anda mau mutasi ke daerah, maka sering dijumpai berkas hanya ada beberapa lembar saja dengan dibubuhi keterangan bahwa berkas terselip. Padahal biasanya namanya berkas sebuah kendaraaan bermotor itu segepok. Nah apa saja berkas itu mungkin kita ulas di artikel mendatang. Sekarang kita hannya mengulas gambaran umum saja. Nah ketika di daerah masalah yang sering timbul adalah ada beberapa daerah tidak mau menerima berkas tertukar atau hilang ini meskipun ada surat keterangannya dari Polda Metro jaya.

Nah kalau sudah demikian, yakni daerah gak mau menerima, apalagi yang sampean pikirkan, mumetz kan! Ketika daerah sudah menolak dengan alasan jabatan dipertaruhkan, mau ke calo kadang calopun juga angkat tangan, mau punya bekingan, mmm bekinganpun kadang takut jabatannya diturunun kalau dah menyangkut kasus ini. Nah kondisi ini bisa menimpa siapa saja dan mau mobil darimana saja, mau beli di Pos Kota, Mau beli di Toko Bagus, dari Calo, dari Show Room, tetep aja kalau lagi apes, hal ini bisa terjadi. Kalau sudah demikian, bila daerah masih bisa dinego dengan segepok uang mungkin nasib anda akan lebih baik, namun kalau sudah tidak bisa nego, heheh anda harus balikin berka ke DKI jakarta, masih belum merasa mumetz, mm anda hebat, hahaha. Mau ngadu sama siapa, mau menyalahkan siapa? Jelas ini negara yang salah, ya jelas konsumen atau rakyat dirugikan, tapi akhirnya kita tak bisa berbuat apa-apa, ya akhirnya hanya bisa berserah diri pada Allah karena ketika keaadaan ini menimpa sambil berusaha menyelesaikan meski dengan mumetz.

Dari pengalman melakukan mutasi ke daerah entah sudah berapa banyaknya James Bons gak ngitung, memang  James Bons beberapa kali mendapati kasus ini, dan wew mumetzz, dan ketika derahnya tuh gak rewel ya lantjar jaja.

Nah saran James ketika sampean mau beli motor/mobil dengan leter B alias Jakarta, sebelum anda merenovasi memperbaiki kendaraan tersebut, silakan anda balik nama dulu atau kalau ke luar daerah mutasi dulu sampai selesai biar aman. Ya bayangkan misal anda udah ganti ini itu lalu mutasi gak kelar apa gak mumetz harus balikin ke jakarta, atau anda beli ke show room harus balikin mobil ke show room padahal adna sudah bayak habis uang. Demikian saran james Bons, kalau masih ngeyel hahaha risiko besar silakan hadapi sendiri. James hanya berharap semoga agan sekalian tidak mengalami nasib seperti tergambar di atas Amin.

27 komentar pada “Mencermati Surat-surat Mobil/motor Jakarta Yang Kadang Bikin mumet dan bahkan Gila Ketika Mutasi ke Daerah.

  • Untung tarunaku tuku nang suroboyo (pembelaan diri padahal kemahalan 🙂 )

    Balas
  • kudalumping

    naaahh.. pengarsipannya kurang sip..

    Balas
  • Kang Ealmee

    iku sing garai susah, penak antar kota dalam provinsi ae..

    Balas
  • kutu_kupret

    makane tuku kendaraan sing ora ono surate…ben ra mumet ngurus 🙄 wakakakak

    Balas
  • jape methe

    salah satu resiko tidak ada pembatasan umur kendaraan ya begityu, ga cuma di jalan yg sumpek pemberkasan surat2nya pun ruwet

    Balas
  • alhamdulillah beberapa waktu lalu mutasi si esteem nggak masalah.. 🙂

    Balas
  • berkasnya lg ikutan uka-uka..hehe
    ngilang cliing..

    Balas
  • wah baru tau bisa ada masalah di pindah berkas. selama ini beruntung blum pernah ngalamin..

    Balas
  • makacih infonya om bons!

    Balas
  • Bisa disebutin gak polresnya/poldanya,kabarnya ada beberapa yg minta lengkap-kap,klo gak ditolak

    Balas
  • kalau ngikuti prosedur dipersulit sebaiknya abaikan saja aturan hukumnya

    Balas
  • Nasib tinggal di negara yang masih ngandelin dokumen kertas….itu bolak-balik proyek data base pake komputer yg harganya mahal buat apaan aja ya….?

    Balas
  • Amin…mdh2an tak ada masalah

    Balas
  • Saya sangat berterimah kasih banyak kepada PAK MANDALA atas bantuannya saya bisa menang togel, saya benar2 tidak percaya dan hampir pingsan karna angka yang di berikan beliau ternyata tembus. awalnya saya cuma coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar di daerah Malaysia. kerja sebagai TKI dan tidak ada ongkos pulang, mulanya saya ragu tapi dengan penuh harapan saya pasangin kali 100 lembar dan ALHAMDULILLAH berhasil. sekali lagi makasih banyak ya PAK… dan saya tidak akan pernah lupa bantuan dan kebaikan PAK MANDALA. kepada saudara yang ingin merubah nasibnya seperti saya silahkan Hub 0823″4898″5714 PAK MANDALA. Demikian kisah nyata dari saya dan ini tanpa rekayasa. INGAT. kesempatan tidak akan pernah datang Yang ke.(2).kalinya…!

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.