Menurutku Sih Kayak Gini Ajarannya Benar Tapi Disampaikan dengan Kurang Benar | Bonsaibiker

Menurutku Sih Kayak Gini Ajarannya Benar Tapi Disampaikan dengan Kurang Benar

Just opini pribadi gan, biasanya kita sering mendapat SMS tentang suatu ajaran atau ajakan berbuat baik, lalu diminta untuk menyebarkan SMS itu. Cuman menurut James Bons ada beberapa cara yang kurang simpatik yang dilakukan, misalnya dengan memberi ancaman apabila tidak menyebarkan SMS berikut. Padahal isinya masyaallah, sungguh luar biasa, betul-betul hak, namun itu tadi kenapa musti ngancam! Monggo tengok SMS ini!

damai di bumi

damai di bumi

“Ni dari pipik,istri almrhm Uje Ia bermimpi ke temu
ustd jefri al buchori dlm mimpi itu
Beliau berpesan , kuatkan Akidah dlm Ibadah.
Karena dunia sudah goyang dan tua , jngn
tinggalkan sholat . Tlng sebarkan sms ini ke 20
muslim , insya ALLAH dlm wkt 10 hari kamu akan
dpt rizki besar , dan bila tidak di sebarkan maka
kamu akan menemukan kesulitan yang tidak henti
2 nya
(demi Allah terbukti)”

Ya, bagi James Bons pribadi agama itu disampaikan dengan cara simpatik tidak harus diancam, bahkan membuat orang dalam posisi terancam baik itu oleh agama, oleh manusi atau oleh makhluk lain itu justru dilarang dalam agama. Misalkan kita katakan hal di atas benar, ya memang benar, tapi kalau tidak simpatik ya jelas gak simpatik, masak ajakan berbuat baik harus diancam, padahal berbuat baik itu banyak wujud dan caranya, tak harus hanya mengikuti sms di atas saja, ya to. Dan setidaknya akan lebih simapatik kalau disampaikan dengan cara yang tidak mengandung intimidasi. Rasul saja mensikapi orang kristen mengatakan “untukkmu agamamu untukke agamaku”, tak harus memaksa kan, kecuali orang lain memaksa baru bertindak.

Ini hanya opini dari James Bons, kalau brader sekalian mempunyai opini berbeda, ya monggo saja, just share.

اللهم اجعل تفرقنا تفرقا معصوما

Ya, allah jadikanlah perbedaan pendapat ini merupakan perbedaan yang terhindar dari dosa.


32 thoughts on “Menurutku Sih Kayak Gini Ajarannya Benar Tapi Disampaikan dengan Kurang Benar

    khas, ngancam2

    bones
    on said:

    bagus, tapi tetep salah ye om

    sering dpt kaya gtu. Paling wong operator ben trafik’e naik. :p

    old blade
    on said:

    sms kaya gituan mah d cuekin aja lah,wlpun isi nya benar,itu kesan nya kaya permainan operator selular 😛

    cecep
    on said:

    kita harus cerdas dalam menerima berita.
    oke bung!

    Gosong
    on said:

    Jgnkan sms, di bbm (blackberry) aja sering dapet broadcast model itu
    Dgn “ancaman”, kalo gak disebarluaskan nanti akan dpt musibah lah, penyakit lah, rejeki seret, dll..
    Mbuuuhhh..

    seringkali malah mengandung pitenah nggih mbah bons….
    kayak dulu selebaran yang mengatasnamaken penjaga makam Rasululloh…hmmmm…..
    mugo2 si sumber sms2 aneh gitu mendapat hidayah…

    Akur, malah bisa menimbulkan kemusyrikan, karena kebaikan dan keburukan bukan berasal dari sms, tapi dari yang Maha Berkehendak.

    1 lagi pak bons, kalau masalah tidak berbuat baik ada ancamannya dalam agama tidak mengapa selama ada dalil syar’i yang mendukung baik dari al quran dan sunnah karenanya diciptakan neraka sebagai ancaman. cmiiw

      ndawul
      on said:

      nyebar 20 sms kayaknya ga ada dalilnya.. 😀

        @ndawul. hooh. saya cuma mengomentari kata-kata ‘itu justru dilarang dalam agama’. Saya pribadi mengartikan itu = ancaman dan mengartikan ancaman dilarang dalam agama. lalu untuk apa diciptakan neraka jika bukan sebagai ancaman bagi yang melanggar ajaran agama?
        Rasulullah pernah bersabda : man roghiba ‘ansunnati fa laysa minni artinya barangsiapa yang benci dg sunnahku maka bukan bagian (umat) dariku. hadits tsb berisi ancaman kepada muslim yang tidak mengikuti perintah Rasulullah. cmiiw. tidak semua ancaman dilarang. imho

        @ndawul. hooh. saya cuma menanggapi kata-kata ‘itu justru dilarang dalam agama’. Saya pribadi mengartikan itu = ancaman dan mengartikan ancaman dilarang dalam agama.
        Rasulullah pernah bersabda : man roghiba ‘ansunnati fa laysa minni artinya barangsiapa yang benci dg sunnahku maka bukan bagian (umat) dariku. hadits tsb berisi ancaman kepada muslim yang tidak mengikuti perintah Rasulullah. cmiiw. tidak semua ancaman dilarang.

        jelas dlm quran dan sunnah tipikal laranGAN dan pahala, tapi yang ini, mmm ngarang mode on

        @Pak bons, iya ini memang ngarang, saya setuju dgn pak bons. saya membaca seluruh isi artikelnya dan hanya pada salah satu isinya yang kurang sependapat yaitu ttg kata-kata ancaman itu dilarang, itu saja. Dalam da’wah bukannya ada penyampaian ttg, ancaman akan neraka dan kabar baik ttg surga. cmiiw

    biasane malah tak hapus om sms koyo ngene

    Joko
    on said:

    Secara teknis, itu namanya spam. Gampangannya, sampah.

    Kang Ealmee
    on said:

    Jian ora apik nek gawe ngancam2, ibarate berjihad pake ngebom kesana kemari tdk jelas, malah saudara sendiri dibom..

    deidara
    on said:

    waelahhhh,,, itu mah ulah orang iseng,,,,

    udah sering dapet sms kaya gitu tapi diabaikan terus

    gundamz
    on said:

    Ibarat makan,karena emang suka ato dpaksa makan, enak mana? Ibarat kerja,krn suka ato kepaksa,enakan mana? Begitu juga dlm beragama. Beribadah dibawah ancaman,ketakutan,ato dg suka rela krn cinta,ENAKAN MANA? Kalo saya pilih yg enak saja.

    setuju mbah,orang yang sdh mati sdh repot dengan pertanggungjawabanya.kok yo jik iso dakwah…..opo yo bener…

    ane sering dapet model sms gitu, namanya bom sms mbah

    Ancaman terakhir bikin kalimatnya jadi gak enak…

    Luvy
    on said:

    Refleksi bagus pak Bons, sangat menginspirasi. Kadang kita terjebak dan takut untuk tidak melakukan. Setuju hal yang baik tidak harus dilakukan dengan keterpaksaan. Sms seperti itu bukan lagi dakwah yang simpatik malah kontraproduktif hemat saya.

    hahaha
    kalau diagama juga hampir sama
    ada surat wasiat berantai
    katanya dari alm. paus yohanes paulus 2
    kalau disebarkan dapat hogi besar
    kalau diabaikan dapat celaka 😀

    tak abaikan terus ya gak apa2 tuh
    menurut saya, TUHAN gak pernah mengancam umat2nya pake surat2 aneh macam gitu.
    menurut pak bons gimana?

    Komengtator
    on said:

    itu termasuk hoax.. kasian sama org yg percaya bgtu saja..

    bad.munir
    on said:

    kalo menurut saya bukan hanya ancaman P Bons, tapi di dua statemen terakhir itu yang bisa menimbulkan bibit syirik terhadat sms-nya
    “Tlng sebarkan sms ini ke 20
    muslim , insya ALLAH dlm wkt 10 hari kamu akan
    dpt rizki besar , dan bila tidak di sebarkan maka
    kamu akan menemukan kesulitan yang tidak henti
    2 nya
    (demi Allah terbukti)”
    disitu dituliskan kalau menyebarkan ke 20 muslim bakal dapat rizky besar dl 10 hari. (Rizky di dapat karena mengirim sms ke 20 muslim)
    dan kesulitan akan menimpa kita karena tidak mengirimkan sms ini.
    rizky dan kesulitan menimpa kita hanya atas izin Allah, kalau ancaman dan kabar gembira datangnya dari Al Qur’an kita wajib percaya karena Al Qur’an adalah Kalamullah.

    Ya bikin lucu itu isi/ajaran-nya bertolak belakang dgn caranya. Pada isi sms mengatakan “kuatkanlah akidah”, tapi dorongan untuk menyebarkannya justru malah melunturkan akidah, lha wong rejeki, maut, dan ujian dalam hidup itu Allah yg punya kuasa kok, bukan sms itu yg punya kuasa. Hehe…

    Langsung banting HP…!!! :mrgreen:

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan

%d bloggers like this: