Ingat Penipuan Itu Bukan Hanya Di Iklan baris Pos Kota, Tapi Juga di Kaskus, Berniaga, dan Lainnya

Brader sekalian James Bons mengulas sesuatu rata-rata dicari perimbangannya, ketika membahas murahnya harga mobil di iklan baris pos kota, suatu ketika pasti bahas pula kelemahan iklan-iklan tersebut sesuai yang James Bons tahu. Demikian pula ketika membahas sebuah mobil atau motor seken, jelas dibahas dari berbagai sisi termasuk kelemahan dan kelebihan. Ya kita pasti berasumsi bahwa segala sesuatu itu tak ada yang sempurna, pasti ada kurang dan lebihnya. Rasanya kurang arif ketika kita langsung menjutifikasi bahwa iklan di tempat A semua nipu, koran di tempat B betul semua dan gak ada yang nipu, tanpa terlebih dahulu melihat banyak sisi untuk dikaji, kira-kira begitu.

bubrah
bubrah

Nah ketika James Bons membahas tentang kelemahan iklan baris pos kota dengan judul, Relung-relung Kelam dalam Iklan Baris Pos Kota beberapa komentar menyatkan bahwa iklan ini penipu belaka, semacem yang disampaikan Pak Tarno dengan sentilannya berikut:

15. pak tarno – 22 Mei 2013 [Edit]

udah tau harga ngibul semua tapi kok tetep dijadikan patokan dan artikel?

Kemudian ada dari mas bro yang menamakan diri Taufik, dengan santai dan sangat sopan menyatakan sebagai berikut:

17. taufik – 22 Mei 2013 [Edit]

betul yg diatas seharusnya klo ada iklan yg murmer pak bons jgn buru2 dibikin artikel,hrs konfirmasi dulu klo bsa surpai lgsng,klo lgsng bkn artikel sama saja membantu para pengiklan yg tujuannya menjatuhkan hrga rondo suatu prdk trtntu

Yup, menanggapi komentar ini, ya James Bons merasa wajar-wajar saja, namanya komen kan merdeka dan bebas saja, blog ini adalah tempat sahre, bukan James Bons lebih tahu tapi silakan yang tahu fakta kita share di sini, agar ke depannya kita semua menjadi tahu data fakta di lapangan, bukan berdasarkan satu atau dua peristiwa lalu kita justifikasi sebagai semua, masih ingat kan pepatah “gara-gara setetes nila rusak susu sebelanga”, begitulah kira-kira pemahaman James Bons.

Yup kembali ke Pos Kota, kira-kira 7-10 tahun lalu saat Kaskus belum ada, Berniaga.com, Tokobagus, dan sebagainya belum ada, Iklan Baris Pos Kota ini sudah menjadi patokan para pemilik ayng menjual motornya, ataupun pedagang untuk menentukan harga khususnya di DKI Jakarta dan sekitarnya. Sejak 7-10 tahun lalu itu pula James Bons sudah keliling sana-sini membuktikan benar-tidaknya iklan ini, sampek beberapa tempat James Bons hafal mana pedagang dan mana pemilik. Karena iklan ini pula James Bons mendapatkan banyak motor seken yang selanjutnya James Bons bawa ke Magetan untuk dipakai oleh saudara-saudara dan tetangga James Bons, karena disana harga motor mahalnya minta Apun. James Bons beli Blazer seharga 40 juta, juga dari Pos Kota gan, langsung dari pemiliknya yang kerjanya di bandara Halim. So, masih dianggap begini nipu semua, mmm ya monggo saja. Atau mau mengatakan James adalah blogger yang gak mau dikritik? Ya monggo saja, hak sampean!

Nah melalui artikel yang kemarin James Bons sampaikan tentang kelemahan Iklan ini, ya James Bons hanya mengajak brader sekalian melihat fakta yang ada, kadang ada yang kelewat murah bisa jadi nipu, ada yang sedang berarti kadang pedagang, kadang pemilik dan sebagainya. Semua kita ulas sedikit demi sedikit, biar tidak mbosenein. Nah kalau seprti kata Bro Taufik di atas (Bukan TMC Lho, 😀 😛 ) James Bons harus survey dulu ke lapangan hehehe ya berat lah mas bro dalam sehari ada ribuan pemasang iklan lalu James Bons harus datengi semua, beraaat, mohon maaf untuk yang ini James Bons tak mampu melakukannya. James hanya sedikit memberi rambu-rambu mana pedagang-mana penjual, dan mana penipu, silakan kenali ciri-cirinya lalu jangan dihubungi, demikian menurut James Bons. Lalu dengan demikian ada yang mau mengatakan bahwa kalau gak mau capek ya jangan jadi blogger, hahahaha, ya monggo saja silakan kalu itu membuat sampean yang suka usil merasa senang! “Tapi bukan bro Taufik yang ini, James Bons yakin, komentator satu ini sangat sopan dan tidak usil, piss bro, 😀 !

Ya, penipuan itu musti kita catat, tak terjadi hanya di Iklan Baris Pos Kota saja, tapi lihat misalkan di Kaskus, mmm banyak gan, sering diulas penipuan dan modus-modusnya. Misalkan saja Link ini http://www.solopos.com/2013/04/16/penipuan-kaskuser-solo-korban-diperkirakan-terus-bertambah-397486  . Demikian kita juga bisa menemui penipuan di berniaga.com , silakan cek di sini http://www.datapenipu.com/cek-penipu.html nah dengan demikian apa kita menganggap semua iklan di Berniaga atau Kaskus itu penipu? Tentu tidak kan gaan, kasuistik lah, jadi ada plus dan minusnya, dan kita musti arif, teliti dan sabar menghadapinya.

Kata blogger kondang macem  Mas Taufik TMC Blog makin ramai suatu blog makin banyak pula nada komentatornya, ada yang suka sopan, ada yang suka rasional, ada pula yang suka suuzon, menjustifikasi dengan nada sinis, dan tak jarang menyerang blogger. Ya gitu menghadapi hal ini James Bons bersikap monggo saja lah, terserah, wong mau mampir ke warung James Bons aja James Bons udah seneng banget terimakasih gitu, hahahaa, 😀 , apalagi sampek komen segala, wewe seep thanks very-very thanks lah.  Nah prinsip James Bons belum mau mendelet yang macem ini, atau masang perangkap spam, kalau bisa diajak dialog kenapa mesti di delet, hehehe, tapi kalau gak sabar ya kasih perangkap juga, namun sejauh ini James Bons belum pernah sekalipun membenned komentator. Trims semua komentator termasuk Paka Tarno dan bro Taufik di atas.

Semoga bermanfaat.

 

Advertisements
Advertisements

45 Comments

      • kalo qwerty,dkk kenapa tidak beretika dibiarin
        tri mah kalo di debat suka maen hapus komen bray

      • nih bukti curhatan

        4. abu_faishol – 23 Mei 2013

        sedikit curhat yang tak bermanfaat,pernah koment diblog sebelah menanyakan klu pembalap lain pakai istilah ” dloozzoor” tapi klu pembalap idolanya hanya pakai istilah “jatooooh” gini aja kena delet moderasi atau banned

      • ya, monggolah kita disini adem ayem diskusi beda pendapat beda fans, bedaselera, wajar itu manusiawi, yang penting tetap saling menghargai, tetap pada wacana bahwa blogger bukan paling tahu, warung hanya wadah diskusi saja, bahkan boleh jadi komentator lebih tahu banyak dari blogger itu sendiri.

  1. siip yang ini namanya kedewasaan berpikir,beda dengan bujangan yang masih tinggi tensinya….(makin banyak istri makin dewasa hahaha analisa ngawuriyah;maaf mbah tak pinjem istilahnya)

  2. sedikit curhat yang tak bermanfaat,pernah koment diblog sebelah menanyakan klu pembalap lain pakai istilah ” dloozzoor” tapi klu pembalap idolanya hanya pakai istilah “jatooooh” gini aja kena delet moderasi atau banned

  3. Alhamdulillah,selama ini transaksi lewat toko bagus dan yang lain belum pernah ketipu dan jangan sampai lah.

  4. hmm. iyo om….

    tapi kalo sering belanja onlen. . biasanya udah ngeh. mana yang tipu2. mana yang beneran. ..
    atas dasar apa “ngehnya”. . kadang juga sulit dijelaskan. .
    alhamdulillah belom pernah ketipu. jangan sampe deh. .

    dulu babe ane dapet Vantrend juga dari Pos Kota. murah meriah. dari orangnya langsung. en barangnya bener2 ajib.

  5. ane sih iklan d dunia maya (kaskus,berniaga,tokobagus dll) hanya d jadikan referensi harga aja,trus bandingkan sama yg nawarin barang ke kita,harga beda dikit wajar lah,toh beda tempat juga 😛

  6. poskota mesti hati2 tuh.
    dulu ane pernah nyari kijang ada yg jual harganya sgt miring pas ane telp disuruh transfer sbg dp klo emg serius sebab ada pembeli lain yg otw takutnya kebeli org duluan. haha enak aja blm liat barangnya sdh suruh tranfer duluan… pas ane samperin ternyata alamatnya fiktif gan… parah dah.

  7. Leres meniko,mau ngehujat,njelekin ya sekarepe. ndak akan digagas. Pengunjung bawa sikap masing2,isi warung juga bukan yg paling sempurna, ya mbah bons……#benerin kopyah#

  8. sabar mbah dengan komen yang aneh2 itu, biasa itu mbah jangan masukin ati yaaaa….
    Terus berkarya menjadi bloger sejati!!!

  9. Terutama di toko bagus banyak penipunya mas bons,dgn iming2 mencantumkan harga yg jauh lebih murah,tau penipunya dari mana?gambar kendaraan yg dicantumkan seperti bkn dari 1 kendaraan yg sama,seakan yg pasang iklan pasang gambar dari hasil googling,banyak lg sih alasan lain…klo sering iseng2 lihat iklan toko bagus pasti tau…yg jelas patokannya satu jgn mau klo diminta untuk transfer DP,entah untuk alasan apapun padahal wujud kendaraan aja blm lihat langsung,klo ada yg minta DP besar kemungkinan itu penipu

  10. Nggak apa2, yg ketipu juga biasanya serakah. Lihat harga murah, terus lupa sama akal sehat. Yg nipu jelas salah, tapi yg ketipu juga salah, kenapa nggak hati2? Nggak cuma yg online, langsung ketemu juga tetap harus hati2.

  11. Betul, penipuan dari shopping online sudah marak dan harus ditindak tegas agar tidak ada lagi korban yang tertipu ! Jari tengah buat penipu !!

  12. Kemerdekaan berserikat dan berkumpul mengeluarkan pendapat baik lisan dan tulisan. Joss. imho, iklan baik dari media cetak maupun elektronik akan selalu ada potensi penipuan, tinggal bagaimana kita menyikapinya secara cerdas dan bijak.

  13. ingat kmarin di tokobagus ada iklan (iklannya dari 4 hari yg lalu). di bandung ada vario tekno 125 2012 ditawarkan 7.65jt, soul gt 2012 7.5jt, byson 2012 11.5jt….murah amir….ternyata minta tranfer duluan alias tipu…..hari ini di cek lagi, iklannya dah ga ada. oh ya….ngiklaninnya juga pake foto iklan punya orang lain. so…..hati2…… ga ada yg murah banget tanpa “embel2”. pasti ada “sesuatu”nya syahrini…. 😀

  14. Intinya kewaspadaan aja.
    Buyer lengah ya jadi santapan empuk seller nakal atau penipu.
    Kalo di kaskus, iklan tnp gambar sih akan dicuekin.
    Lbh baiknya lagi kalo gambar yg mau di upload dikasi watermark id atau nama sellernya, jd lumayan susa kalo mau digunakan kembali di tempat lain.

  15. coba ketik key word “sepeda listrik ” di tokobagus.. dah yg nongol penipu semua yg diiklan itu 19 halaman isinya cm satu orang,dia buat ID yg beda2,alamat beda2,dia juga bikin ID dikaskus ga cm 1ID ,di fb pun juga ga cuma 1 akun.waspadalah..waspadalah..

  16. coba ketik key word “sepeda listrik ” di tokobagus.. dah yg nongol penipu semua (-+hny dua yg verified klo g slh)yg diiklan itu 19 halaman isinya cm satu orang,dia buat ID yg beda2,alamat beda2,dia juga bikin ID dikaskus ga cm 1ID ,di fb pun juga ga cuma 1 akun.waspadalah..waspadalah..

  17. Di atas langit msh ada langit,yang bawa montir dan survei pun kdng ketepu (pengalaman pas maharin tiger).Paling gak jd tau seluk beluk pdgang mokas/motkas

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin