Menengok Pricing Strategi Moge Yamaha, Timing, dan Sasaran Tembaknya! | Bonsaibiker

Menengok Pricing Strategi Moge Yamaha, Timing, dan Sasaran Tembaknya!

Brader tanda mbrojolnya Moga Yamaha di Indonesia makin hari makin jelas. Setelah beberpa kali dirumorkan akan brojol, kini mulai dirumorkan Juni mendatang, tapi rumor itu patah, karena ada kabar terbaru bahwa itu terlalu cepat, dan baru bisa direalisasikan sekitar lebaran mendatang, entah itu menyambut lebaran atau pasca Lebaran. Pastinya, moge ini bakal dilaunch pertama di Bali di seputar lebaran tahun ini. Ya, perihal timing peluncuran si R1,R6,T-Max, dan skuter V ini -Max ini disampaikan langsung oleh Sutarya, Direktur Pemasaran PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Wew joz, tar lagi gan, tapi kenapa musti di bali, ya itu dia kabarnya pertama untuk melayani rental moge yang kini mark di bali.

yamaha-yzf-r6-2013gxu

yamaha-yzf-r6-2013gxu

Kemudian mengenai pricing strategi, nampaknya Yamaha berani bermain di sini dengan banderoll yang menggiurkan. Sebuah satmen menarik dari detik oto, entah itu statmen keceplosan, ngawur, atau memang benar adanya, namun ini layak dicermati, bahwa Yamaha bakal membanderol R 6 di kisaran 100 jutaan, wew lihat 100 jutaan berarti antara 100-99 juta. Pun andai Yamaha membanderoll 199 juta tetep saja masih lebih murah dibanding ZX 6nya kawasaki yang 220 juta otr jakarta. Harga ini sekaligus bisa mengintimidasi Ducati 795 yang dikisaran 225 juta, dengan performa yang juozzz, dan harga murah, kansnya nampaknya ,lebih besar.

Ngomongin sasaran tembak, napaknya Yamaha lebih bernafsu menghajar Kawasaki dan Ducati, bukan Honda, dan pula bukan Suzuki, karen Honda belum ada segmen ini, sementara moge Suzuki masih kurang moncer di tanah air. Lihat saja harga asli R6 paling mahal adalah US$ 11.190 atau hampir setara dengan Rp 107 juta, sedangkan YZF-R1 2013 paling mahal adalah US$ 14.490 atau hampir setara dengan Rp 139 juta. Artinya dua motor ini tidak jauh-jauh amat perbedaan harganya. Nah kalau Yamaha berani bermain smart dengan membanderoll R6 sesuai rumor detik oto yakni 100 jetian atau antara 100-199 yakni dibawah ZX 6 dan Ducati 795, lalu berani membanderoll R 1 sedikit diatas 200 juta, mm itu akan menghajar dua rifalnya itu gan. Jelas ZX 6 yang 22o juta dan Monster 795 yang 225 secara performa akan kalah oleh R 1 wong hampir 1000 cc gan. Heheh manteb, tentunya dengan syarat rumor detik oto benar.

Kenapa Yamaha berani berspekulasi menyerang Monster 795 meski genre berbeda, ataupun ZX 600 yang sudah mulai ngaspal duluan? Ya modal kesuksesan yang dijadikan pangkal kepedean Yamaha adalah layanan 3 s Yamaha yang jauh lebih besar dari dua rivalnya ini. Jelas orang-orang yang berada di kota-kota kecil yang hampir besar macem Cirebon, malang, solo dan sebagainya yang masih jarang ataupun bahkan kadang tidak ada layanan 3snya Kawasaki apalagi Ducati, akan pilih Yamaha yang sudah banyak 3s nya. Yup, perang harga lebih murah, dan 3s lebih lengkap, adalah modal super besar untuk sukses.

Advertisements
%d bloggers like this: