Rawatlah Leher Knalpot CB 150 R Anda Dengan Benar, Atau Si Leher Kuning Akan Menjadi Gelar Motor Anda | Bonsaibiker

Rawatlah Leher Knalpot CB 150 R Anda Dengan Benar, Atau Si Leher Kuning Akan Menjadi Gelar Motor Anda

Motor dengan kubikasi kecil biasanya lobang keluaran bekas pembakaran menuju knalpot juga kecil, ini berefek pada leher knalpot yang kecil pula. Nah leher knalpot kecil ini sangat rawan pada korosi, macem V-ixion, Cs 1 dan sebagainya, karena panas leher kenalpot ini luar biasa tinggi, sehingga meski dilapisi  cat tahan panas tetep aja dalam waktu tertentu akan pudar dan menguning. Ini sedikit berbeda dengan motor yang diameter leher knalpotnya agak besar macem Tiger, Scorpio, P180-P 220 yang cenderung lebih awet catnya dan tidak gampang menguning, karena disinyalir panas yang keluar lebih plong karena lobangnya agak gedean.

CB 150 R

Masalahnya gan motor ini mesinnya tegak, sehingga ketika leher knalpot menguning akan merusak pemandangan, alias sangat terlihat, beda dengan motor-motor bebek yang mesinnya rebah, leher knalpotnya kirang terlihat, jadi meski menguning tapi kurang kelihatan. Lebih-lebih lagi motor ini naked, beda cerita kalau berfairing akan tertutup leher kuningnya. So mau nggak mau kita harus pinter-pinter merawat si leher knalpot, karena kalau nggak, maka siap-siap aja motor anda dibilang CB 150 R KE aliasa Kalung Emas, hahaha.

Nah sekedar tip sederhana, untuk menjaga setidaknya mengurangi percepatan korosi ini atau menghambat korosi kita harus membersihkannya tiap hari pada sektor leher knalpot. Gunakan kain basah untuk me-lap sampai kotoran hilang, kemudian lap pakai lap kering, maka hal itu bisa menghambat korosi. Kotoran di leher knalpot ternyata mempercepat penguningan leher knalpot. So monggo coba saja!

%d bloggers like this: