Rawatlah Leher Knalpot CB 150 R Anda Dengan Benar, Atau Si Leher Kuning Akan Menjadi Gelar Motor Anda

Motor dengan kubikasi kecil biasanya lobang keluaran bekas pembakaran menuju knalpot juga kecil, ini berefek pada leher knalpot yang kecil pula. Nah leher knalpot kecil ini sangat rawan pada korosi, macem V-ixion, Cs 1 dan sebagainya, karena panas leher kenalpot ini luar biasa tinggi, sehingga meski dilapisi  cat tahan panas tetep aja dalam waktu tertentu akan pudar dan menguning. Ini sedikit berbeda dengan motor yang diameter leher knalpotnya agak besar macem Tiger, Scorpio, P180-P 220 yang cenderung lebih awet catnya dan tidak gampang menguning, karena disinyalir panas yang keluar lebih plong karena lobangnya agak gedean.

CB 150 R

Masalahnya gan motor ini mesinnya tegak, sehingga ketika leher knalpot menguning akan merusak pemandangan, alias sangat terlihat, beda dengan motor-motor bebek yang mesinnya rebah, leher knalpotnya kirang terlihat, jadi meski menguning tapi kurang kelihatan. Lebih-lebih lagi motor ini naked, beda cerita kalau berfairing akan tertutup leher kuningnya. So mau nggak mau kita harus pinter-pinter merawat si leher knalpot, karena kalau nggak, maka siap-siap aja motor anda dibilang CB 150 R KE aliasa Kalung Emas, hahaha.

Nah sekedar tip sederhana, untuk menjaga setidaknya mengurangi percepatan korosi ini atau menghambat korosi kita harus membersihkannya tiap hari pada sektor leher knalpot. Gunakan kain basah untuk me-lap sampai kotoran hilang, kemudian lap pakai lap kering, maka hal itu bisa menghambat korosi. Kotoran di leher knalpot ternyata mempercepat penguningan leher knalpot. So monggo coba saja!

Advertisements
Advertisements

28 Comments

  1. sudah terbukti ampuh ga bakalan kuning,…
    taruh di garasi saja g usah dinyalain,klo mo buat bepergian pegangan truk saja.. 😀
    sebegitunya perhatian ama knalpot,ridernya aja ga pernah mandi 😀 😀

  2. leher knalpot yg full chrome seperti thunder 125 lebih awet dari penyakit kuning dan tahan karat daripada yg cuma dicat item.

  3. kuning akibat panas karena kompresi tinggi, pengen aman yaa dibalut heat wrap yg warna gelap atau enjoy aja

  4. Bukankah diameter leher knalpot disesuaikan dg sekian persennya diameter klep buang, jadi kalau klepnya kecil diameter lehernya kecil cmiiw, kalau berkarat mungkin lebih kepada kualitas material dan perawatannya, imho.

  5. ninja rr ku yo wes kuning pak bons, pdhal lg 6 wulan terutama ng bagian sambungan/las-lasan, biarpun fairing yo tetep wae ketok seko ngarep pak bons, marai elek pemandangan wae

  6. Pas motor baru turun rajin mas.. tp seiring waktu dengan rutinitas kerja yg melelahkan sy biarkan saja.. saat rajin dibersihkan kuning2nya pun tetap muncul walau tidak bnyk skrg.. mau ganti knalpot racing aj sepertinya.. biar awet dan tarikan padat.. ada recomend untuk knalpot racing mas?!

  7. dicat apapun tetap kuning,
    depan membubuk krn panas berlebihan,
    bisa sampai keseluruhan rata kuning bukan karat tapi cat gosong,
    sekalian aja di cat kuning => kuning2 gosong.
    #knalpot ori cat hitam kl tidak terawat umur cuma beberapa bulan.
    #di crom cuma tahan sekitar 1 tahun terus mulai menguning beda dengan finishing pabrik.
    #knalpot ori crom lama juga sudah langka,
    tahan karat bertahun-tahun 10 th aja masih mulus.
    #knalpot racing, suara ngebas,
    kurang cocok untuk nyetir jauh suara lama2 berisik.

    .mana yg cocok pikirlah sendiri 🙂

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin