Kenapa Honda Memilih Desain Tralis Dengan Kenfigurasi V kebalik, Bukan Rel Supur Sejajar, Share Gan!

cb 150 r kang IWB
cb 150 r kang IWB

Hingga kini nampaknya masih saja banyak pertanyaan seputar asal muasal desain Honda CB 150 R yang dibilang tralis ini. Ya, pasalnya desainnya memang terlihat beda dengan tralis-tralis sebelumnya macam ducati monster, atau yang punya Honda sendiri yakni VTR 250.

Beberapa spekulasi mengatakan bahwa desain ini kurang sindergi dengan desain body, bahkan terkadang membingungkan pemodif, atau mengomentari bahwa desain ini kurang indah, dan bahkan beberapa yang laing mengatakan bahwa desain ini mirp Tower pemancar Telkom, hahaha.

sasis CB150R
sasis CB150R

Namun sebaliknya banyak pula yang bilang desain ini justru lebih kokoh, membuat mesinย  jadi terikat kuat di body sehingga meminimalisir getar dan bikin stabil.

Nah menurut agan sekalian, monggo share apa alasan pengunaan desain model trelis dengan V terbalik ini, apa kelebihan dan kekurangannya!

Advertisements
Advertisements

47 Comments

    • Riset Honda jepang mengatakan frame dengan konvigurasi segitga merupakan konvgurasi terkuat dibanding dengan konvigurasi yang laen. orang yang pernah belajar ilmu konstruksi faham betul akan hal ini.

    • Maklum lah bro, pemimpin nya saja cuma besar badan doank.. Bisanya cuma buat Lagu yg gak laku-laku… Wkwkwk… ๐Ÿ˜†

  1. lah memang begitu yang cocoknya mas bon. kan kalo pakai deltabox juga gak jauh beda konfigurasinya. memang yang gak enak itu desain teralisnya gak seperti teralis ducati. jadi memang hitungan simetris atau hitungan derajatnya memang harus begitu, jadi teralis itu menyesuaikan saja. malah jelek nanti pakai deltabox. wong deltaboxnya gak kayak vixion punya.

    • ga pake deltaboy aja sering d bilang mirip vixion,gmana kl pake deltaboy,pasti d bilang pinang d belah dua ๐Ÿ˜† padahal cbr 150 nya sndiri pake deltabox (twin frame) ๐Ÿ˜€

  2. Ini sudah pada coba belum?.baru 1 bulan ini pake lama indent-nya…..yang jelas minim getaran sama rebahnya enak banget…sebelumnya pake megapro dan pernah cobain vixion…CB 150 buat tekuk lebih enakkk…nikung tajem 60-70 masih berani…sering ambil dari kanan bebek atau matic yang belagu dijalan…

  3. menurut saya design seperti itu justru lebih kokoh.kalau bagus/enggak itu relatif.

    untuk pembultian coba bloger beli beberapa tipe sasis trus ditest pake mesin press yg ada alat ukur/newton,dsb dan hasilnya di pulish.

  4. Klo rangka delta box (vixion) ane dah pake setahun lebih, stabil cuuuy, lincah buat banting kanan kiri, kalo tralis belom pernah coba!!!!

  5. kalo menurut saya frame cbsf lebih cenderung ke diamond frame yang bercabang dua, penyebutan trelis hanyalah semacam propaganda untuk mendapat simpati publik, karena trelis identik dengan ducati dan motor2 premium di eropah sono
    yang jelas honda melakukan costdown besar2an pada sektor rangka, padahal menurut saya frame twinspar cbr150r jauh lebih terlihat gahar jika dibikin naked/half fairing, tapi memang kalo dipaksain pake frame cbr jelas harga gak akan bisa kompetitif dengan pikson, karena secara spek mesin juga cbsf lebih advance dari pikson
    pikson >>> pahe disektor mesin :mrgreen:
    cbsf >>> pahe disektor sasis (frame+kaki2) dan body :mrgreen:

  6. Ah alasannya gampang koq… Ahm cuma copy paste dr rangka cbr 250 honda global u/ cb150r ini… Wes yo ?! Paham… Ok

  7. Klo mnurut ane ntu body njiplak old vixi, mesin punx turahan cs1 di upgrade, rangka bekas dukati, jok mlik tig3r. ๐Ÿ˜€

  8. rangka itu memang kuat kok menurut ane. ini dibuktikan waktu louncing di bandung bagaimana cb di ajak jumping.ini sudah menunjukan kuatnya rangka tipe ini. untuk atraksi saya pernah lihat memang mantap kok. penah ada di bekas bioskop lama singkawang ada rider cbf sedang free stile sambil disuting mantap liukannya.

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin