45 Juta Pilih si Bandel Muda Ceria atau Si Bandot Tua Jozz Starlet?

Sebuah rekues artikel dari kang Abdul Basith tentang opsi ketika punya duit 45 juta, mau pilih Si bandel Muda daihatsu Ceria lansiran 2000-2003 atau si Bandot Jozz Toyota Starlet tahun 90-92? Ya, ceritanya kang Basith ini punya isi kantong sekitar 45 juta, nah bingung pilih yang mana mobil kecil untuk perkotaan. Yup, kita estimasikan harga mobil adalah 40 jutaan sementara sisanya 5 juta untuk perbaikan. Pasaran Ceria lansiran 2000-2003 di kisaran 35-40 juta, sementara pasaran Starlet 90-92 sekitar 40 jutaan juga. Nah kita bahas dari berbagai sisi gan!

Daihatsu Ceria
Daihatsu Ceria

1. Irit/Konsumsi BBM

Untuk yang satu ini memang sensitif karena ya BBM tengah naik gan. Si Starlet memang irit, tapi ya lebih irit Ceria, mesin Starlet kan 1-1,3 sementara Ceria hanya 9ratusan gan. Wajar Ceria lebih irit. Disamping itu bobot Starlet lebih berat.2. Kesetabilan

Mau dalam kota atau luar kota Starlet sungguh stabil gan, bodynya kokoh, dan kompak, model juga gak ketinggalan kereta, apalagi yang kapsul. Sementara Ceria wew diatas 100 kph kadang dah sedikit melayang.

Toyota Starlet
Starlet

3. Bandelnya mesin

Dua-duanya bisa dibilang bandel gan, Si Starlet ini menggunakan mesin lama yang terkenal minim perawatan dan bandel, sementara Ceria, wew tak diragukan lagi juga minim perawatan dan bendel.

4. Fitur

Meski Starlet tergolong lama, namun gak kalh kok fiturnya dibandeing Ceria, perlu diketahui si Ceria ini belum memakai Power steering.

5. Beberapa artikel tentang Ceria mulai dari kelemahan dan kelebihan, kisaran harga, testimoni dan sebagainya silakan kli berikut:

  • http://bonsaibiker.com/2012/03/04/rondo-daihatsu-cocok-buat-pemula/
  • http://bonsaibiker.com/2013/05/11/rondo-daihatsu-ceria-harganya-bikin-ceria-35-jutaan-gan/

6. Sementara untuk segala sesuatunya tentang starlet silakan klik berikut:

  • http://bonsaibiker.com/2012/01/30/super-gila-harga-rondo-starlet-ini-kagak-turun-turun/
  • http://bonsaibiker.com/2011/03/05/varian-starlet-di-seluruh-dunia/
  • http://bonsaibiker.com/2011/03/04/variandan-tips-membeli-toyota-starlet/
  • http://bonsaibiker.com/2011/03/04/toyota-starlet-mobil-yang-tak-masuk-akal/

 

Advertisements
Advertisements

34 Comments

  1. kalau pilihan cuma dua itu ya pilih starlet meskipun lbh tua.tanya bro martini yang melihara starlet.kalau ada pilihan lain ya acccord maestro…

  2. ceria lah coyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyy….
    Doyan amat sih beli mobkas tahun 90an ,udah banyak PR

  3. yo ceria lah, usia gak bisa bohong, semakin tua semakin banyak yang waktunya rusak, perbaiki ini besok rusak yang laen dst, apalagi benerin AC mobil yang terlalu tua susah bener..

  4. Starlet lah, pilih mobil diatas 5 tahun cari yg tknologi mesinnya simple. cz klo dah canggih taulah perangkat injeksi & sensor2 klo bermasalah bisa seharga beli mesin gelondongan. kurangnya starlet cuma ditanjakan rada lelet.

    dipastikan ceria lebih kuat nanjak walau 1000cc,taulah mesin turunan generasi Charade G10/ Hijet 1000 jagonya nanjak & irit BBM 1:20 wow 😀

  5. Starlet mirip kakek2: Uda tua bangka, jelek, banyak penyakit, gak bisa ngaceng, tapi jual mahal.
    Orang takut beli ceria karena suku cadang nya susah, bahkan di BERES sekalipun, dikarenakan populasinya gak banyak.
    Tetapi gue tetap beli ceria karena usia nya masih muda.
    Kok gak dimasukin Kia Rio?

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin