Ban Belakang Matik Gampang Botjoer, Itu Mitos Apa Fakta!

Sebuah usulan artikel dari kang Old Blade tentang ban belakang Matik kabarnya sering bocor, berikut gan di fb:

MaTik
MaTik
  • Old Blade

     

    knpa mtor matic gampang bocor ban belakang,ini pake ban standar,bukan ban cacing,ada yg 6 bulan habis 8 ban dalam,ada yg 2 bln 3 kali ganti ban dalam,motor ane yg genre nya bebek ga separah itu ngabisin ban dalam,oh ia jln yg d lalui rute nya sma kaya ane,mulus,ancur gitu lah

  • Muhsin Riyadi Bonsai

     

    boleh nanti bisa kita bikin artikel, tapi ada berapa orang yang psetau sampean yang pernah ngalamin ini, setidaknya bsa menjadi acuan?

  • Old Blade

     

    ya ada om makanya berani req,yg ngalamin sih org yg nambal d dket rumah ane,seperti yg ane bilang tadi 6 bulan habis 8 ban dalam,2 bulan habis 3,mungkin setelah d bikinin postingan pada “ngeh” dan bnyak yg curcol Eh ia,ini ng0m0ngin matic macem beat-mio,bukan pcx

Monggo bagaiman menurut agan sekalian, adakah yang mengalami seperti ini!

Advertisements
Advertisements

47 Comments

  1. Vario sy iya, Mbah. Baru 7 bulan, entah sudah berapa kali bocor belakang. Pernah sehari 2x bocor. Mau ganti ban dalam, kata orang bengkel, ganti ban vario bisanya cuma di beres. Tapi trus bisa ganti ban di bengkel lain. Nggak lama ya bocor lagi 🙁

    • nah om bon’s kata ane juga apa,ada yg “ngeh” kan kl d udh bikinin postingan,cuman ya masih penasaran sama matic yg sering bocor ,bukan merk satu aja,tapi ini kelemahan berbagai merk (yamaha-honda khusus nya,populasi nya banyak 😀 ) apa karena ukuran ring yg kecil ? Atau karena apa gituh ?
      Faktor jln ? ah tau deh,nunggu ada yg komen yg lebih ngerti ginian aja deh 😀

  2. Kalo matik wajar om,dikarenakan velg belakang cepet panas dibanding motor bebek,krn dibelakang itu ada cvt yg klo dipakai lumayan lama mesin cvt panas yg ditransfer ke lwt cranckaase cvt..makanya rajin2 cek tekanan angin per 3 hari apalagi yg sering2 boncengan,klo human error ya paling ukuran ban dlmnya lbh besar dr ukuran ban luar, atau kualitas baan dlm nya yg kurang bagus.seperti merk irc biasanya sambungan bannya ada ditengah yg kalo udh bocoor di tengahnya susah buat ditambelnya,bisa aja ditambel tpi gk akan kuat lama(klo ini pengalaman dgn merk tsbt).tapi casenya ya itu velg blkg lbh panas dibanding velg bebek dikrenakan ada cvt.cmiiw

      • Klo ada rejeki ganti ban tubeless aja om bro,atau klo msh suka pake ban tubetype cek tekanan anginnya 3hari sekali.byk faktor juga sih om,ya rajin2 ngecek ban aja deh sebelum jalan,klo kempes dikit isi angin lagi,krn ban kempes bikin ban dalam gk maksimal yg ada ban bisa kejepit2 didlm..

  3. masa siih
    Alhmdllh matic ane kaga kaya gitu,

    mungkin ga, faktor jalannye yg banyak jebakan betmen?

  4. sadis. kayak saya tuh suka ganti ban dalam. tapi lain kasus aja. soalnya saya suka cornering. setelah itu awalnya sering tambal ban. eh juga sering ganti ban dalam. usut punya usut, ban luar motor saya kurang baik buat ban dalam. karena ban luar meretak sangat kelihatan kalau kempes, maka kalau dikencangin gak kelihatan, lah kalau dibawa cornering ban keteken, ban dalam dan ban luar saling bergesekan, akhirnya ban dalam menipis permukaannya. cornering pakai ban gak layak, sampai kempes dibuat cornering sampai geal-geol beloknya. sadis bener.

  5. Setuju dengan komen fitri n yanda.
    Beban cvt yg berat sangat berpengaruh, terutama saat jalan rusak, krna sering kebanting banting, juga cvt itu panas… Jd membuat karet ban lebih cepat memuai. Pengalaman pribadi denganwtf ane.
    Solusinya. Ane ganti dengan ban tubeless 110/80, dan isi cairan anti bocor…

  6. hmm. iya sih sering bocor.
    tapi ya ga sesering itu juga. . . soalnya pake tube type cuman 6 bulan. terus ganti tubeless rasanya malah jadi free mainten,hihihi. cuma rutin cek angin aja. . .

  7. pengalaman ane,itu krn ban luar yg bagian dalam ada yg cacat/robek dikit,trs njepit ban dalam.
    stlh ane gnt ban luar,alhmd penyakit bocor ban dalam sembuh,mtr ane beat karbu…..dl pernah masuk lobang sih,mayan kenceng,pelk aman2 saja,tp ban luar bagian dlm ternyata robek dikit.

    saran ane,cb cek ban luar bagian dlm,kl rusak y gnt ban luar,mgkn bs sembuh

  8. mitos
    ane d rumah ada 3 matic merk h
    2 vario n 1 beat
    smuanya aman terkendali,hehe..
    gak gampg bocor kog,sm aja ky bebek n semprot
    asal suspensi blakang,ban,velgnya normal sy kira aman2 aja.,trus beban angkut sm tkanan angin ban juga harus ideal
    🙂

  9. pernah make mio wah sering bocor kalo tekanan angin kurg n buat boncengan ame istri +anak kr2 bobot pengendara 180kg, tapi setelah ane ganti ban gede dah gak pernah bocor lg
    yg ajib pulsar 135 ane ban MRF dah 50.000 km cuman skali bocor gara2 kena paku pas 6000-an km..

  10. Bocor sih harusnya enggak sampe, kecuali kena paku atau benda tajam lain dan ini bukan cuma matik tapi semua motor harian di DKI dalam sebulan besar kemungkinan kena paku (wong di tebar sama oknum tk tambal ban) di luar itu ban belakang matik lebih rentan benjol, aus sebelah, dst karena: cenderung kena panas berlebih (mesinnya di belakang), benjol (ngantem lubang dalam kecepatan tinggi + beban berlebih) aus sebelah (di matic yg cuma pake single side shock), dst.

  11. Dulu Ban Matik saya bocor seminggu sekali… Setelah diruwat di Klinik Tong Fang… Ban Matik saya Bocot setiap Hari looo…. Makasih Ting Fang… *basiiiii 😀

  12. alhamdulillah, 1 tahun lebih spacy saya ga bernah bocor. kondisi jalan disini lebih banyak ancurnya dibanding alusnya…

  13. udah dicek tekanan anginnya belom??
    mungkin menurut ane tekanan anginnya kurang,jadi gampang bocor.
    coba dicek dulu.soalnya kalo anginnya kurang ban emang gampang bocor,entah itu ban dalamnya nglipet atau bannya jadi retak2..
    matic adek ane udah setahun lebih aman2 aja tuh

  14. setau saya roda belakang matic relatif panas, karena mesin nemplok di roda, lagi pula diameternya kecil ban berputarnya juga lebih cepat dan tambah panas, cek seminggu sekali anginya biasanya sudah berkurang.

  15. Pengalaman miara bit amper 3 th, seringnya bocor krn ban delem kegesek ban luar krn derabut ban luar yg bersinggungan dg ban dlm kasar. Jadi ini kayanya emang kualitas ban luarnya.. Paling aman make tubeless

  16. yap ,salahkan paku yang bertebaran di jalan,bisa juga kelebihan muatan,btw motor matic ane baru ganti ban belakang km 30rb an ,luar dalam,dan selama itu belum pernah bocor padahal motor rutin ane pake kuliah dgn jarak 60km,

  17. 3 matik dirumah sudah pake tubeless smua.
    ban pabrikan pada nganggur smua ga dipake, masih pd mulus tuh krn cuma pake 3 bulan doang.
    biaya mahal yg penting aman dijalan, kecuali lg apes keinjek paku.

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin