Gendang, Gong, Rebana, Drum, Apakah Beda? Apa Hanya Karena Rebana Datang dari Arab, lalu Drum Dipelopori Paman Sam Dan Sekutunya Yang Katanya Kafir?

Ini memang artikel gila yang sungguh mengocok iman, hehe sesekali membuka dan membakar wacana gan, biar gak motor melulu. Ya, bayangkan ketika rebana, qasidah, dan marawis bebas waraa-wiri masuk Masjid, sementara drum, ahaii kabarnya banyak masjid menolak dengan alasan datang dari orang kafir. Lah padahal itu kan sama-sama alat musik tiup to! Masak hanya karena datang dari tempat yang berbeda bisa dianggap haram?

indosat
indosat

Berarti kalau demikian, kedelai, daging sapi, buah, dan sebagainya yang diimpor dari negara non muslim macem AS dan Australia haram dong! Tuh lihat apel Fiji, daging sapi Ausi, jeruk Cina, bawang Bomay, mmh masih banyak lagi.

Berarti pula, mobil buatan Jepang, Prancos, AS, dan lainnya haram dong, padahal Hobinya orang Arab adalah boilboil Eropa, hhehhehehe. Dan uniknya Arab ssndiri juga gak bisa bikin mobil.

Berarti pula senjata buatan Amerika, Rusia, dan sebagainya haram dong! Mmhhh dikotomi ekstrimitas.

Demikian juga konvksi asal Cina juga haram, hp asal Cina juga Haram, bahkan komputer yang hingga kini dipake para jaksa Agung, hakim agung juga buatan cina dan Amerika itu haram, mhh susah amat jadi orang Islam, dikit-dikit haram.

Bahkan James Bons sendiri kurang tahu persis apakah komputer yang dipake para Anggota MUI dan juga para pemuka agama macam NU, muhammadiah itu softwarenya aseli atau bajakan, hahaha, jangan-jangan bajakan hehehe.

So bukankah semua itu hanya rizki yang aslinya berasal dari Allah, hasnya saja kebetulan datang lewat orang Amerika, orang Austria, Cina dan sebagainya!

Hayo ini masalah politik, ideologi, atau kepentingan beberapa gelintir kelompok?

Advertisements
Advertisements

44 Comments

  1. dari yang saya pelajari semua jenis musik haram,mending dengarkan murotal.kalau soal makanan semua halal kecuali ada dalil yang mengharamkan.klu hp,gadget, mobil,komputer,pisau dll hukumnya tergantung mau digunakan apa kan hanya alat.mau digunakan yang nambah pahala atau dosa.muamalah sama orang kafir boleh.bahkan kafir dzimi dan muahad kita dilarang membunuhnya.intinya agama ini sempurna dan semua sudah ada aturannya.mari kita belajar supaya semua berdasarkan ilmu dan tidak ngawuriyah…

  2. yang halal gak boleh diharamkan sebelum datang dalil2 yang mengharamkannya. prinsip produk dunia. kalo syariah semua haram sebelum datang dalil yang menghalalkannya seperti puasa senin-kamis, jelas ada dalilnya. so, urusan dunia itu ujar rasulullah halal semuanya. ckck se-enaknya dewe haramkan ini itu. tambah kacau ntar dunia bro 🙁

  3. Hahahaha….. Numpang ketawa saja….ayo debat yg seru… Habisin wktu utk berdebat. Sedangkan org barat yg dibilang kafir malah lagi tekun membaca, mengamati,mencatat, mempraktekan ayat2 Gusti yg terpampang di alam dunia ini yg ringkasan intisarinya ada di Alqur’an.

  4. betul mas bro. ada tuh dalil yang mengharamkan musik yang insya Allah kuat sanadnya. namun ada pula dalil yang membolehkan hanya dengan syarat di tempat dan waktu khusus pula.

    kalo saya pikir hati nurani saja. lebih banyak mana dengerin musik/lagu atau murrotal. lebih nyaman mana dengerin musik atau ngajian. apakah saat dengerin musik iman kita bertambah atau hampa 🙁

    memang menurut pakar frekuensi alat musik bisa menyehatkan otak. dan janin. tapi menurut pakar frekuensi orang mengaji dengan bagus tentunya sama2 bisa menyehatkan otak. lah sama kan. malah otak sehat iman kuat kalo ngajian.

  5. itu semua benar, alat musik itu tafir, bikinan remason, wahyudi, dan jionis, ente harus fercaya kalo tidak ana fentung haha :p
    yaah kembali lagi lah tinggal individunya aja menyikapinya gimana 😀

  6. makanya belajar pakde…cari ilmu biar ga tersesat.bkn cm ikut ikutan.giliran ditanya kok bisa begini kok bisa begitu jawabnya cm katanya….###
    hehe…kabooorr!!!

  7. simple aja pak,
    masa iya lu mau bawa drum seperangkat untuk dimainkan di dalem masjid, gile aja lu..
    drum segitu gedenya mau ditaroh mana? di ruang imam?
    sama halnya dengan bedug, masa iya juga ditaroh tempat imam?

    segala hal itu gak bisa digeneralisasi. tempatkan sesuatu pada tempatnya.

    rebana & marawis cocok di tempat agamis, drum dll cocok di tempat hiburan.
    masa iya konser METALLICA pake musik rebana & marawis?
    atau solawatan diiringi musik ROCK.

    analoginya:
    kita pake sempak ya di dalem
    pake kolor ya di luar.
    jangan dibalik (meskipun asalnya sama-sama dari kain), superman terbaru aja udah insaf pake sempak di dalam

    kembali lagi, tempatkan sesuatu pada tempatnya

    • padhal kalau sampean tahu, rebana gendang dll adalah dipake ditempat2 hiburan di Arab sana sejak zaman sebelum nabi Muhammad lahir ampek sekarang, ini hanya perkara budaya, bos, drum dari amrik, Bedug dari jawa, rebana dari arab

      • iya jaman dulu juga rebananya bukan sama qosidah dan lagu pujian. dulu itu mereka pake rebana diiringi semacam joget udel atau tayub gitu setauku. ini yg dulunya jadi masalah di jaman nabi.

        kalo drum gak mungkin bisa ngiringi kosidah sendirian, harus ada temannya, semacam gitar, organ, bass dll.
        dan itu gak cocok di dalem masjid, terlalu banyak. kalo rebana kan simpel. ditenteng doang.
        kalo di halaman masjid masih bisa bos pake drum, gitar dkk.
        tuh acara ramadhan di ceramah2 ada pembukanya lagu rohani di depan masjid, bukan di dalem. mereka pake drum juga kok

      • eh, tapi di daerahku belum pernah nemuin rebana dimainin di dalem masjid, di emperan depan sih pernah

  8. ya intinya sih tempat kan sesuai tempatnya. seinget gw drum bukan di cap haram tapi emang gak cocok di taro di dalam masjid. dan rata2 main rebana pun paling di pengajian rumahan, sunatan bukan dalam masjid.

    adapun bedug adalah untuk sebelum adzan biasanya. bukan untuk konser qasidahan…

    masalah produk amerika = haram adalah orang2 yang fanatik buta. padahal tanpa teknologi dari mereka, orang2 itu gak bisa apa2.

    intinya sih luwes aja,…

  9. sing cok ngumbar kata2 kafir kae kon urip nang hutan bae , sitik2 haram … padahal mobil e nganggo gawean amrik bukakaka…….

    Uripo nang hutan bareng wedhus

  10. main musik dangdutan jelas haram.
    gambar2 poto2 juga haram.
    pesbukan dan internetan haram.
    gitu aja kok gak tau to pirrrr pir….

  11. BTW ngisi komentar disini juga haram loh, soalnya ngisi komentar sambil minum2an keras, seperti es batu, es lilin, es mambo, dll. 😀

  12. stop impor barang2 dari negara kafir (kedelai amerika, sapi australia, gandum amerika, jeep rubicon amerika) sekalian.

  13. Kl ga mau haram jual2in hp sampeyan jgn pakai lagi.
    wong sistem hardware dan software operator telco buatan atau patent dari yuahudi. Komputer juga.
    Namanya agama itu bahasa utk komunikasi/mengenal/menyembah/ibadah dengan Tuhan, area paling pribadi seseorang.
    Bertanya ke pemuka agama pun jawabannya bisa beda, yg biasa pake hp ‘tergantung penggunaannya itu alat’, yg ga biasa pake hp ‘haram itu bla…bla..buatan kafir dsb’.
    Kembali ke diri anda sajalah, anda baca isi kitab suci, terus memutuskan sesuai nurani anda halal/haram, kl haram jangan dilakukan gitu aja. Masalah nanti di akhirar ternyata yg anda anggap halal ternyata haram ya itu resiko keputusan yg harus ditanggung jawabkan, kl yg anda anggap haram ternyata halal ya ga ada penyesalan toh udh jadi keputusan.
    Intinya mah penafsiran bisa beda2 tapi anda dibekali hati nurani untuk cek dan re-cek-nya.

  14. jawabnya pakai Quran ajah yah.. dahulu kala.. ketika nabi muhammad berburu dengan para sahabat sahabatnya beliau memakai binatang piaraanya yaitu seekor anjing untuk membantu mengejar buruannya… nah disini menjelaskan bahwa seekor hewan yg najis air liurnya..haram dagingnya masih diperbolehkan untuk digunakan sesuai untuk kemakmuran manusia… apalagi cuma sebuah alat music saja yg notabene benda mati.. dan gak bisa dimakan disebut haram dalilnya apa… satu lagi deh dari Quran buat jawaban.. dijaman nabi dahulu kala ketika nabi ditanya pendapatnya untuk mengkawin silangkan antara tumbuhan maka dijawab dzalim.. dan haram… kemudian turunlah ayat Quran dari Allah… yg intinya tidak berhak dari satu orangpun mengharamkan sesuatu yang sejatinya halal…terkecuali Allah… disini diceritakan nabi aja kena marah oleh Allah. .. dan bahkan seorang nabi pun tidak berhak mengharamkan sesuatu apalagi kita… (coro jowone… lha koe ki sopo!!!!) :mrgreen: kemudian nabi memberikan jawaban kepada si petani tadi: urusan dunia engkau lebih pintar… nah… disini nabi memberi tahu.. bahwa tehnologi… kecanggihan… ataupun kemajuan ilmu pengetahuan (seperti mengkawin silangkan tumbuhan agar lebih besar dan bagus buahnya) itu tidak bisa diharam halalkan….

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin