Berita Umum

Gendang, Gong, Rebana, Drum, Apakah Beda? Apa Hanya Karena Rebana Datang dari Arab, lalu Drum Dipelopori Paman Sam Dan Sekutunya Yang Katanya Kafir?

Ini memang artikel gila yang sungguh mengocok iman, hehe sesekali membuka dan membakar wacana gan, biar gak motor melulu. Ya, bayangkan ketika rebana, qasidah, dan marawis bebas waraa-wiri masuk Masjid, sementara drum, ahaii kabarnya banyak masjid menolak dengan alasan datang dari orang kafir. Lah padahal itu kan sama-sama alat musik tiup to! Masak hanya karena datang dari tempat yang berbeda bisa dianggap haram?

indosat
indosat

Berarti kalau demikian, kedelai, daging sapi, buah, dan sebagainya yang diimpor dari negara non muslim macem AS dan Australia haram dong! Tuh lihat apel Fiji, daging sapi Ausi, jeruk Cina, bawang Bomay, mmh masih banyak lagi.

Berarti pula, mobil buatan Jepang, Prancos, AS, dan lainnya haram dong, padahal Hobinya orang Arab adalah boilboil Eropa, hhehhehehe. Dan uniknya Arab ssndiri juga gak bisa bikin mobil.

Berarti pula senjata buatan Amerika, Rusia, dan sebagainya haram dong! Mmhhh dikotomi ekstrimitas.

Demikian juga konvksi asal Cina juga haram, hp asal Cina juga Haram, bahkan komputer yang hingga kini dipake para jaksa Agung, hakim agung juga buatan cina dan Amerika itu haram, mhh susah amat jadi orang Islam, dikit-dikit haram.

Bahkan James Bons sendiri kurang tahu persis apakah komputer yang dipake para Anggota MUI dan juga para pemuka agama macam NU, muhammadiah itu softwarenya aseli atau bajakan, hahaha, jangan-jangan bajakan hehehe.

So bukankah semua itu hanya rizki yang aslinya berasal dari Allah, hasnya saja kebetulan datang lewat orang Amerika, orang Austria, Cina dan sebagainya!

Hayo ini masalah politik, ideologi, atau kepentingan beberapa gelintir kelompok?

107 komentar pada “Gendang, Gong, Rebana, Drum, Apakah Beda? Apa Hanya Karena Rebana Datang dari Arab, lalu Drum Dipelopori Paman Sam Dan Sekutunya Yang Katanya Kafir?

    • untuk masalah seperti ini memang yang paling pas..menurut saya harus didudukkan lagi sesuai Al Quran n AsSunnah…
      🙂

      Balas
  • dari yang saya pelajari semua jenis musik haram,mending dengarkan murotal.kalau soal makanan semua halal kecuali ada dalil yang mengharamkan.klu hp,gadget, mobil,komputer,pisau dll hukumnya tergantung mau digunakan apa kan hanya alat.mau digunakan yang nambah pahala atau dosa.muamalah sama orang kafir boleh.bahkan kafir dzimi dan muahad kita dilarang membunuhnya.intinya agama ini sempurna dan semua sudah ada aturannya.mari kita belajar supaya semua berdasarkan ilmu dan tidak ngawuriyah…

    Balas
      • semua alat musik haram??

        lha masjid tempat ku penanada waktu sholat pakai bedug!!

        bedug kan salah satu alat musik!

        Balas
        • monggo cari2 di gugel aja mas Bagus..masalah alat musik nih banyak perdebatan memang…di Arab gak ada bedug setau saya…cmiiw…

          Balas
    • yooo belajar lagi mas, jangan sama mbah google tapi sama pak kyai/ustad yg paham ilmu.. pas Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah disambut pakai apa hayoo sma kaum ansor..

      Balas
      • Lekdjie

        Soal rebana,diperbolehkan seperti pada walimahan misalnya.tetapi,yg main anak2 kecil..CMIIW

        Balas
  • Ki demang kiyer kiyer

    Nyimak aja inyong mbah. Musmet jdnya…

    Balas
  • brigade jaalan raya

    yang halal gak boleh diharamkan sebelum datang dalil2 yang mengharamkannya. prinsip produk dunia. kalo syariah semua haram sebelum datang dalil yang menghalalkannya seperti puasa senin-kamis, jelas ada dalilnya. so, urusan dunia itu ujar rasulullah halal semuanya. ckck se-enaknya dewe haramkan ini itu. tambah kacau ntar dunia bro 🙁

    Balas
  • gundamz

    Hahahaha….. Numpang ketawa saja….ayo debat yg seru… Habisin wktu utk berdebat. Sedangkan org barat yg dibilang kafir malah lagi tekun membaca, mengamati,mencatat, mempraktekan ayat2 Gusti yg terpampang di alam dunia ini yg ringkasan intisarinya ada di Alqur’an.

    Balas
  • brigade jaalan raya

    betul mas bro. ada tuh dalil yang mengharamkan musik yang insya Allah kuat sanadnya. namun ada pula dalil yang membolehkan hanya dengan syarat di tempat dan waktu khusus pula.

    kalo saya pikir hati nurani saja. lebih banyak mana dengerin musik/lagu atau murrotal. lebih nyaman mana dengerin musik atau ngajian. apakah saat dengerin musik iman kita bertambah atau hampa 🙁

    memang menurut pakar frekuensi alat musik bisa menyehatkan otak. dan janin. tapi menurut pakar frekuensi orang mengaji dengan bagus tentunya sama2 bisa menyehatkan otak. lah sama kan. malah otak sehat iman kuat kalo ngajian.

    Balas
  • itu semua benar, alat musik itu tafir, bikinan remason, wahyudi, dan jionis, ente harus fercaya kalo tidak ana fentung haha :p
    yaah kembali lagi lah tinggal individunya aja menyikapinya gimana 😀

    Balas
  • makanya belajar pakde…cari ilmu biar ga tersesat.bkn cm ikut ikutan.giliran ditanya kok bisa begini kok bisa begitu jawabnya cm katanya….###
    hehe…kabooorr!!!

    Balas
  • pak tarno

    simple aja pak,
    masa iya lu mau bawa drum seperangkat untuk dimainkan di dalem masjid, gile aja lu..
    drum segitu gedenya mau ditaroh mana? di ruang imam?
    sama halnya dengan bedug, masa iya juga ditaroh tempat imam?

    segala hal itu gak bisa digeneralisasi. tempatkan sesuatu pada tempatnya.

    rebana & marawis cocok di tempat agamis, drum dll cocok di tempat hiburan.
    masa iya konser METALLICA pake musik rebana & marawis?
    atau solawatan diiringi musik ROCK.

    analoginya:
    kita pake sempak ya di dalem
    pake kolor ya di luar.
    jangan dibalik (meskipun asalnya sama-sama dari kain), superman terbaru aja udah insaf pake sempak di dalam

    kembali lagi, tempatkan sesuatu pada tempatnya

    Balas
    • padhal kalau sampean tahu, rebana gendang dll adalah dipake ditempat2 hiburan di Arab sana sejak zaman sebelum nabi Muhammad lahir ampek sekarang, ini hanya perkara budaya, bos, drum dari amrik, Bedug dari jawa, rebana dari arab

      Balas
      • pak tarno

        iya jaman dulu juga rebananya bukan sama qosidah dan lagu pujian. dulu itu mereka pake rebana diiringi semacam joget udel atau tayub gitu setauku. ini yg dulunya jadi masalah di jaman nabi.

        kalo drum gak mungkin bisa ngiringi kosidah sendirian, harus ada temannya, semacam gitar, organ, bass dll.
        dan itu gak cocok di dalem masjid, terlalu banyak. kalo rebana kan simpel. ditenteng doang.
        kalo di halaman masjid masih bisa bos pake drum, gitar dkk.
        tuh acara ramadhan di ceramah2 ada pembukanya lagu rohani di depan masjid, bukan di dalem. mereka pake drum juga kok

        Balas
      • pak tarno

        eh, tapi di daerahku belum pernah nemuin rebana dimainin di dalem masjid, di emperan depan sih pernah

        Balas
  • ya intinya sih tempat kan sesuai tempatnya. seinget gw drum bukan di cap haram tapi emang gak cocok di taro di dalam masjid. dan rata2 main rebana pun paling di pengajian rumahan, sunatan bukan dalam masjid.

    adapun bedug adalah untuk sebelum adzan biasanya. bukan untuk konser qasidahan…

    masalah produk amerika = haram adalah orang2 yang fanatik buta. padahal tanpa teknologi dari mereka, orang2 itu gak bisa apa2.

    intinya sih luwes aja,…

    Balas
    • pak tarno

      ya itu om, sebenernya ane juga belom pernah nemuin rebana dipake di dalem mesjid, yg ada malah di depan masjid, di luar (tapi jarang banget sih) atau bahkan paling sering di rumahan pas kondangan.

      Balas
  • st3v4nt

    Drum alat musik tiup? Bukan alat musik gebuk alias perkusi?

    Balas
  • sing cok ngumbar kata2 kafir kae kon urip nang hutan bae , sitik2 haram … padahal mobil e nganggo gawean amrik bukakaka…….

    Uripo nang hutan bareng wedhus

    Balas
  • Komengtator

    Orang sok paling ngerti agama tapi intelektualitasnya cethek ya gitu om… asal ngomong kafir!!!

    Balas
  • cah bagus

    main musik dangdutan jelas haram.
    gambar2 poto2 juga haram.
    pesbukan dan internetan haram.
    gitu aja kok gak tau to pirrrr pir….

    Balas
  • BTW ngisi komentar disini juga haram loh, soalnya ngisi komentar sambil minum2an keras, seperti es batu, es lilin, es mambo, dll. 😀

    Balas
  • stop impor barang2 dari negara kafir (kedelai amerika, sapi australia, gandum amerika, jeep rubicon amerika) sekalian.

    Balas
  • bocah_koplak

    Kl ga mau haram jual2in hp sampeyan jgn pakai lagi.
    wong sistem hardware dan software operator telco buatan atau patent dari yuahudi. Komputer juga.
    Namanya agama itu bahasa utk komunikasi/mengenal/menyembah/ibadah dengan Tuhan, area paling pribadi seseorang.
    Bertanya ke pemuka agama pun jawabannya bisa beda, yg biasa pake hp ‘tergantung penggunaannya itu alat’, yg ga biasa pake hp ‘haram itu bla…bla..buatan kafir dsb’.
    Kembali ke diri anda sajalah, anda baca isi kitab suci, terus memutuskan sesuai nurani anda halal/haram, kl haram jangan dilakukan gitu aja. Masalah nanti di akhirar ternyata yg anda anggap halal ternyata haram ya itu resiko keputusan yg harus ditanggung jawabkan, kl yg anda anggap haram ternyata halal ya ga ada penyesalan toh udh jadi keputusan.
    Intinya mah penafsiran bisa beda2 tapi anda dibekali hati nurani untuk cek dan re-cek-nya.

    Balas
  • Redribbon Army

    jawabnya pakai Quran ajah yah.. dahulu kala.. ketika nabi muhammad berburu dengan para sahabat sahabatnya beliau memakai binatang piaraanya yaitu seekor anjing untuk membantu mengejar buruannya… nah disini menjelaskan bahwa seekor hewan yg najis air liurnya..haram dagingnya masih diperbolehkan untuk digunakan sesuai untuk kemakmuran manusia… apalagi cuma sebuah alat music saja yg notabene benda mati.. dan gak bisa dimakan disebut haram dalilnya apa… satu lagi deh dari Quran buat jawaban.. dijaman nabi dahulu kala ketika nabi ditanya pendapatnya untuk mengkawin silangkan antara tumbuhan maka dijawab dzalim.. dan haram… kemudian turunlah ayat Quran dari Allah… yg intinya tidak berhak dari satu orangpun mengharamkan sesuatu yang sejatinya halal…terkecuali Allah… disini diceritakan nabi aja kena marah oleh Allah. .. dan bahkan seorang nabi pun tidak berhak mengharamkan sesuatu apalagi kita… (coro jowone… lha koe ki sopo!!!!) :mrgreen: kemudian nabi memberikan jawaban kepada si petani tadi: urusan dunia engkau lebih pintar… nah… disini nabi memberi tahu.. bahwa tehnologi… kecanggihan… ataupun kemajuan ilmu pengetahuan (seperti mengkawin silangkan tumbuhan agar lebih besar dan bagus buahnya) itu tidak bisa diharam halalkan….

    Balas
  • Boostaro is a natural health formula for men that aims to improve health.

    Balas
  • GlucoTrust 75% off for sale. GlucoTrust is a dietary supplement that has been designed to support healthy blood sugar levels and promote weight loss in a natural way.

    Balas
  • EndoPeak is a natural energy-boosting formula designed to improve men’s stamina, energy levels, and overall health.

    Balas
  • SightCare ingredients have the ability to promote the communication processes between the eye and the brain. They tend to enhance the production of chemical compounds that help in creating neurotransmitters. By getting these neurotransmitters to perform better, the ingredients solidify the connection between the eyes and the brain.

    Balas
  • PuraVive is a natural supplement that supports weight loss naturally. The supplement is created using the secrets of weight loss straight from Hollywood.

    Balas
  • Introducing Claritox Pro, a natural supplement designed to help you maintain your balance and prevent dizziness.

    Balas
  • Buy Actiflow 78% off USA (Official). Actiflow is a natural and effective leader in prostate health supplements

    Balas
  • Cortexi – $49/bottle price official website. Cortexi is a natural formulas to support healthy hearing and mental sharpness well into your golden years.

    Balas
  • Fast Lean Pro is a herbal supplement that tricks your brain into imagining that you’re fasting and helps you maintain a healthy weight no matter when or what you eat.

    Balas
  • NeuroPure is a breakthrough dietary formula designed to alleviate neuropathy, a condition that affects a significant number of individuals with diabetes.

    Balas
  • NeuroRise is a ground-breaking hearing support formula that promotes ear and brain health for both men and women of all ages and improve their hearing.

    Balas
  • ProvaSlim™ is a weight loss formula designed to optimize metabolic activity and detoxify the body. It specifically targets metabolic dysfunction

    Balas
  • TerraCalm is a potent formula with 100% natural and unique ingredients designed to support healthy nails.

    Balas
  • Neurozoom is one of the best supplements out on the market for supporting your brain health and, more specifically, memory functions.

    Balas
  • Prostadine is a unique supplement for men’s prostate health. It’s made to take care of your prostate as you grow older.

    Balas
  • GlucoBerry is a unique supplement that offers an easy and effective way to support balanced blood sugar levels.

    Balas
  • Amiclear is a blood sugar support formula that’s perfect for men and women in their 30s, 40s, 50s, and even 70s.

    Balas
  • Cortexi is a natural hearing support aid that has been used by thousands of people around the globe.

    Balas
  • Good info. Lucky me I reach on your website by accident, I bookmarked it. sollet sollet

    Balas
  • Hello! I could have sworn I’ve been to this blog before but after browsing through some of the post I realized it’s new to me. Casibom Website Giriş : Casibom

    Balas
  • After all, what a great site and informative posts, I will upload inbound link – bookmark this web site? Regards, Reader.

    Balas
  • Boostaro increases blood flow to the reproductive organs, leading to stronger and more vibrant erections. It provides a powerful boost that can make you feel like you’ve unlocked the secret to firm erections

    Balas
  • Neotonics is a dietary supplement that offers help in retaining glowing skin and maintaining gut health for its users. It is made of the most natural elements that mother nature can offer and also includes 500 million units of beneficial microbiome.

    Balas
  • Support the health of your ears with 100% natural ingredients, finally being able to enjoy your favorite songs and movies

    Balas
  • Dentitox Pro is a liquid dietary solution created as a serum to support healthy gums and teeth. Dentitox Pro formula is made in the best natural way with unique, powerful botanical ingredients that can support healthy teeth.

    Balas
  • The ingredients of Endo Pump Male Enhancement are all-natural and safe to use.

    Balas
  • Neurodrine is a fantastic dietary supplement that protects your mind and improves memory performance. It can help you improve your focus and concentration.

    Balas
  • HoneyBurn is a 100% natural honey mixture formula that can support both your digestive health and fat-burning mechanism. Since it is formulated using 11 natural plant ingredients, it is clinically proven to be safe and free of toxins, chemicals, or additives.

    Balas
  • TropiSlim is a unique dietary supplement designed to address specific health concerns, primarily focusing on weight management and related issues in women, particularly those over the age of 40.

    Balas
  • Amiclear is a dietary supplement designed to support healthy blood sugar levels and assist with glucose metabolism. It contains eight proprietary blends of ingredients that have been clinically proven to be effective.

    Balas
  • Herpagreens is a dietary supplement formulated to combat symptoms of herpes by providing the body with high levels of super antioxidants, vitamins

    Balas
  • Buy discount supplements, vitamins, health supplements, probiotic supplements. Save on top vitamin and supplement brands.

    Balas
  • Cortexi is an effective hearing health support formula that has gained positive user feedback for its ability to improve hearing ability and memory. This supplement contains natural ingredients and has undergone evaluation to ensure its efficacy and safety. Manufactured in an FDA-registered and GMP-certified facility, Cortexi promotes healthy hearing, enhances mental acuity, and sharpens memory.

    Balas
  • Hi, just required you to know I he added your site to my Google bookmarks due to your layout. But seriously, I believe your internet site has 1 in the freshest theme I??ve came across.Onwin Giriş için Tıklayın onwin

    Balas
  • After all, what a great site and informative posts, I will upload inbound link – bookmark this web site? Regards, Reader. Onwin Giriş için Tıklayın onwin

    Balas
  • Thank you for great content. Hello Administ. Onwin Giriş için Tıklayın onwin

    Balas
  • I really love to read such an excellent article. Helpful article. Hello Administ . Website Giriş için Tıklayın: tipobet

    Balas
  • After all, what a great site and informative posts, I will upload inbound link – bookmark this web site? Regards, Reader.Website Giriş için Tıklayın: tipobet

    Balas
  • Hello! I could have sworn I’ve been to this blog before but after browsing through some of the post I realized it’s new to me.Website Giriş için Tıklayın: tipobet

    Balas
  • Hi, just required you to know I he added your site to my Google bookmarks due to your layout. But seriously, I believe your internet site has 1 in the freshest theme I??ve came across.Website Giriş için Tıklayın: tipobet

    Balas
  • Hi, just required you to know I he added your site to my Google bookmarks due to your layout. But seriously, I believe your internet site has 1 in the freshest theme I??ve came across.

    Balas
  • Hi, just required you to know I he added your site to my Google bookmarks due to your layout. But seriously, I believe your internet site has 1 in the freshest theme I??ve came across.Website Giriş için Tıklayın: asyabahisgo1.com

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.