Perihal Habisnya BBM M1 Rossi, Karena M1 Boros Atau Memang Strategi Rossi?

Mas Bro sekalian, ramai memang ketika membahas Rossi dan Yamaha khususny M 1 nya. Ya kini memang si Doi gak semoncer dulu, tapi tetep saja bertia mengenai Rossi masih laris manis bak kacang goreng. Bahkan sekarang ia tercatat sebagai sembalap termahal, wew. Yup salah satu berita yang santer di rilis adalah tentang bagaimana Rossi kehabisan bensin. Peristiwa terakhir adalah ketika kemarin di  bahwa beberapa detik setelah Rossi melewati garis finis bensinnya habis dan dia tidak bisa melakukan selebrasi sehingga dibonceng Crutchlow dan berduaan melakukan Selebarasi.

Rossi Kehabisan Bensin
Rossi Kehabisan Bensin

Dan yang sangat menggemparkan adalah saat Rossi kehabisan Bensin lalu kembali ke Paddocknya menggunakan matick Honda, padahal saat itu dia adalah pembalap Yamaha, maka Visordown merilis candaan bahwa “Rossi balik ke Honda”.

Rossi Kehabisan Bensin 2010
Rossi Kehabisan Bensin 2010

Nah, yang jadi topik pembicaraan adalah Yamaha memang sedang mengembangkan motornya untuk mengejar power honda yang begitu alohay, makanya bisa jadi M 1 nya bisa jadi lebih boros, itu kemungkinan pertama, tapi ya ini bisa jadi lemah karena hitungan ini pasti sudah dirinci detail oleh Yamaha.

Nah kemungkinan selanjutnya adalah boleh jadi Rossi mengisi Fuel alias BBMnya tak sebanyak pembalap lain. Karena makin banyak BBM makin berat makanya power bisa berkurang, sedangkn Rossi paling gede tinggi adapun lawan keci-kecil macem hohe, markus, dan pedros, sehingga perbandingan power/weight-rasio bisa menguntungkan alias ringan. Nah kita bisa melihat saat akhir race Rossi biasanya moncer, karena beban berat berkurang karena BBM juga berkurang.

Hal ini boleh jadi sah-sah aja karena nampaknya dalam aturan tercatum bahwa fuel tank adalah 24 liter/20 liter. Ya efisiensi lah gitu judulnya dalam kamus strategi Rossi.

Nah bagaimana menurut agan sekalian? Monggo kalau salah silakan dikoreksi!

 

Advertisements
Advertisements

24 Comments

  1. Crew yamaha, selain siapin informasi dipapan setiap rossi melintas garis start/finish…..last lap musti siapin di di pinggir trek bahan bakar 2 botol aqua.
    Setelah rossi melintas garis finish langsung minggir isi bahan bakar ….. Jd mirip M1 beli bensin eceran ya….wkwkwkwkwk

  2. gini, mungkin itu termasuk strategi bro bons,
    kita lihat di beberapa race sebelumnya dimana saat 8 lap terahir M1 rossi mulai beringas. mungkin ini juga disadari ama mekanik.
    mekanik hebat itu bikin motor yg habis BBM pas finish, mekanik salah perhitungan itu yg bikin habis BBM sebelum finish.
    bobot sangat berpengaruh saat race. walo cuma sekilo.

  3. loh ko pakek matik honda…bukannya jupiter z1 operational paddock bike yamehong selama gelaran motogp, khn ada peresmiannya pas di mugello kemaren???

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin