YLKI: "Produsen Mobil Bohong, Gugat Saja!" Ahaii, Bener Gak Nih!

Hari ini Berita Yahoo malansir sebuah tulisan dengan judul, “Produsen Mobil Bohong, Gugat Saja!” Utamanya adalah melihat pada kasus bahwa banyak hal yang disampaikan produsen, tetapi pada kenyataannya tidak sesuai dengan kenyataan. Ya kongritnya ini berkaitan dengan misalnya LCGC yang menyatakan bahwa konsumsi BBMnya adalah 20:1, lalau menurut himbauan YLKI kalau tidak esuai silakan Komplain.

Ayla
Ayla

Ngutip dari Yahoo, :

“>>>>>>>>>>>>>> Ketua Haria YLKI Husna Zahir mengingatkan agar konsumen agar tetap bersikap kritis terhadap penawaran mobil murah itu. Jangan mudah terkesima dengan promosi yang gencar dilakukan produsen otomotif. …….Kepada produsen, dia menyarankan agar dalam mempromosikan dan menawarkan produk, harus memberikan informasi jelas dan terang. Dengan begitu, konsumen tidak tersesat dan keliru memilih barang yang diminati. …………..”

Ya, bila ada ketidaksesuaian informasi yang disampaikan dengan fakta di lapangan, Husna mengatakan, konsumen dapat melakukan gugatan terhadap produsen di pengadilan. Landasna hukumnya Jelas, Undang-Undang Perlindungan Konsumen tahun 1999, Pasal 4 Ayat C disebutkan, hak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa. Ayat H melanjutkan, konsumen berhak atas kompensasi atau ganti rugi apabila barangnya tidak sesuai yang dijanjikan.

Suara ini nampaknya bisa mengandung banyak interpretasi, mulai pertanyaan kenapa giliran mobil di urusin, sementara untuk motor gak pernah disinggung?  Ataupun juga ini hanya mencari sensasi ketika sedang rami orang bicara LCGC? MMM. Kalau di Amrik memang Konsumen bisa menuntut produsen apabila tidak sesaui, namun dimari.

AAAAahai, kemana aja YLKI selama ini! Bagaimana dengan kasus2 lama yang tak ada penyelsaian hingga lekang oleh waktu macem Homstir oblag, tanki bocor, demikian juga kasus baru yang belakangan muncul mulai dari helikopter, shock meleleh, dan sebagainya? Promosi 50:1 km bahkan ada yang mengisukan 160:1 mmm namapaknya itu semua membutuhkan pencerahan hati-isasi kata Vicky mah!

Advertisements
Advertisements

19 Comments

  1. * bintang ketjil di langit yg tinggi… Kalo produsen motor gmn ‘Mbah ?
    ** salam bintang ketjil , kebiasaan siapa ya ? :mrgreen:

  2. mengugat kalo gak punya duit ya pasti kalah to mbah bons…. tahu sendiri lah bgmn kualitas pengadilan kita….
    kalo kasus di motor yg cuman seharga 20jt aja, trus ngajukn gugatan, ya rugi konsumenya…. , 20 jt hasil jual motr gak akan cukup buat biaya sogok sana-sini mbah… malah tekor…!!!!
    piye jal mbah Bons….????

  3. jadi inget penipuan berkedok mengecoh konsumen,
    konsumsi BBM 75km/liter *
    pake tanda bintang.
    iya kalo tanda bintangnya bertuliskan besar mudah dibaca sih oke, ini tulisannya keciiiilll di pojokan paling bawah lagi
    gimana tuh?

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin