Hubungan RI dengan Australia kembali memanas, terutama setelah kasus penyadapan terhadap ponsel pejabat RI. Presiden SBY betul-betul menginginkan penjelasan resmi dari Australia, sekaligus sikap dan langkah apa yang akan dilakukan oleh Negeri Kanguru tersebut. SBY mengaku tidak paham mengapa penyadapan harus terjadi dan dilakukan oleh pemerintah Australia.

Mercon Besar
Mercon Besar

Buntutnya, SBY melakukan tindakan yang katanya tegas, mudah mudahan tegas beneran. Pertama Presiden SBY untuk sementara menghentikan kerja sama di bidang militer. Lalau mengirimkan surat resmi kepada Perdana Menteri Abbott, untuk meminta penjelasan resmi pemerintah Australia terhadap kejadian penyadapan ini. Slanjutnya SBY bahkan memerintahkan Menteri Agama Suryadharma Ali membatalkan seminarnya di Universitas Deakin dan ini pembatalan pertama tingkat menteri setelah SBY menegaskan meninjau kerjasama dengan Australia.

Jelasnya ada 3 poin sikap RI atas insiden ini:

  • Indonesia menunggu penjelasan dan pertanggungjawaban Australia atas kasus penyadapan.
  • Berangkat dari kasus penyadapan itu, maka sejumlah agenda kerja sama akan di-review. Untuk sementara dihentikan dulu kerja sama pertukaran informasi dan pertukaran intelijen. Ikut dihentikan dulu latihan bersama antara tentara Indonesia dan Australia, baik TNI AD, AU, AL maupun latihan yang sifatnya gabungan. Coordinated military operations juga dihentikan sampai semuanya jelas.
  • Indonesia berpendapat dan akan meminta untuk keberlanjutan kerja sama dibutuhkan protokol code of conduct serta guidance principle di segala bidang mulai dari latihan militer, kerja sama menghadapi people smuggling, pertukaran intelijen dan informasi. Code of conduct ini bersifat mengikat dan jelas.

Perdana Menteri Tony Abbott yang awalnya songong tak mau minta maaf pada Indonesia, ternyata segera memberikan keterangan langsung di depan anggota parlemen Australia dia sangat menyesal sebab hal ini menjadikan hubungan kedua negara terguncang. “Kami juga menyesal membuat Indonesia malu sebab dokumen rahasia dari Guardian disebarkan ini,” ujar Abbott.