Indonesia-Australia Memanas, SBY Angkat Bicara | Bonsaibiker

Indonesia-Australia Memanas, SBY Angkat Bicara

Hubungan RI dengan Australia kembali memanas, terutama setelah kasus penyadapan terhadap ponsel pejabat RI. Presiden SBY betul-betul menginginkan penjelasan resmi dari Australia, sekaligus sikap dan langkah apa yang akan dilakukan oleh Negeri Kanguru tersebut. SBY mengaku tidak paham mengapa penyadapan harus terjadi dan dilakukan oleh pemerintah Australia.

Mercon Besar

Mercon Besar

Buntutnya, SBY melakukan tindakan yang katanya tegas, mudah mudahan tegas beneran. Pertama Presiden SBY untuk sementara menghentikan kerja sama di bidang militer. Lalau mengirimkan surat resmi kepada Perdana Menteri Abbott, untuk meminta penjelasan resmi pemerintah Australia terhadap kejadian penyadapan ini. Slanjutnya SBY bahkan memerintahkan Menteri Agama Suryadharma Ali membatalkan seminarnya di Universitas Deakin dan ini pembatalan pertama tingkat menteri setelah SBY menegaskan meninjau kerjasama dengan Australia.

Jelasnya ada 3 poin sikap RI atas insiden ini:

  • Indonesia menunggu penjelasan dan pertanggungjawaban Australia atas kasus penyadapan.
  • Berangkat dari kasus penyadapan itu, maka sejumlah agenda kerja sama akan di-review. Untuk sementara dihentikan dulu kerja sama pertukaran informasi dan pertukaran intelijen. Ikut dihentikan dulu latihan bersama antara tentara Indonesia dan Australia, baik TNI AD, AU, AL maupun latihan yang sifatnya gabungan. Coordinated military operations juga dihentikan sampai semuanya jelas.
  • Indonesia berpendapat dan akan meminta untuk keberlanjutan kerja sama dibutuhkan protokol code of conduct serta guidance principle di segala bidang mulai dari latihan militer, kerja sama menghadapi people smuggling, pertukaran intelijen dan informasi. Code of conduct ini bersifat mengikat dan jelas.

Perdana Menteri Tony Abbott yang awalnya songong tak mau minta maaf pada Indonesia, ternyata segera memberikan keterangan langsung di depan anggota parlemen Australia dia sangat menyesal sebab hal ini menjadikan hubungan kedua negara terguncang. “Kami juga menyesal membuat Indonesia malu sebab dokumen rahasia dari Guardian disebarkan ini,” ujar Abbott.

 

 


12 thoughts on “Indonesia-Australia Memanas, SBY Angkat Bicara

    #101 #303 #505 #707#909
    segala sesuatu bila menyangkut antar negara permasalahan apapun dan bentuk kerja sama apapun dalam bidang apapun maka sebaiknya di selesaikan dan di buat perjanjian di mahkamah internasional , mahkamah otoritas internasional , perserikatan bangsa bangsa serta di saksikan uni soviet rusia , amerika serikat , inggris , jepang , cina , asia afrika , uni eropa dan amerika serikat , indonesia dan kerajaan hindia belanda .agar di musyawarahkan dengan baik dan benar sesuai cara tempat dan waktu yang baik dan benar akan menghasilkan kebaikan seluruh umat manusia ,serta bisa berkelanjutan dalam jangka pendek , menengah serta jangkap panjang, pengalaman pahit baik suka dan duka untuk di jadikan pelajaran yang terbaik karena semuanya mengandung hikmah untuk generasi yang akan datang kebaikan antar sesamanya di seluruh penjuru negara di dunia .mari sama sama saling asah asuh asih gotong royong bahu membahu peduli sesama cinta kasih sayang antar kerukunan antar bangsa negara baik dalam negeri hingga manca negara .berbeda beda tetap satu jua bersatu kita teguh bercerai kita runtuh , bismillah lillah billah semua nya akan barokah maslahat dunia akhirat khasanah gemah ripah loh jinawi sentosa adil makmur anyem tentrem bagas waras , segala sesuatu dengan iringan doa usaha ikhtiar tawakal yakin dan sabar , setiap permasalah apapun kesulitan apapun akan selesai dengan mudah serta mendapat pertolongan karunia ilahi dzat yang maha kuasa sang pencipta alam raya semesta jadad . karena tiada daya pertolongan hanya kekuatan dari ALLOH SUBHANAHU WATAALA .amin amin ya robbal alamin , al fatekhah .

    ki demang kiyer kiyer
    on said:

    hub panas sepanas rhemashon

    bakarrrr…
    santet….
    hack aja….
    tuh aus..shit…!!!

    Komalader
    on said:

    Negara2 tetangga pada songong karna (pemerintah) indonesia klemar klemer.. Ayo buktikan sikap yg tegas yakin semua pada tunduk

    gundamz
    on said:

    Kudune ngene ket awal mbiyen

    hanya menyesal, bkn mnta maaf

    kamplengi ae wong australie sing songong! ayo agen bons saatnya action!

    NuKasev
    on said:

    Itu beneran mbah, roket LAPAN siaga satu? 😀 operator langsung dari warga penghuni hutan Sancang Garut ya?

    fotonya kaya disuatu tempat dimagetan…

    Nezo Danna
    on said:

    ini yang namanya Bpk SBY. aslinya sudah keluar, ilmu kemiliterannya tidak perlu di ragukan lagi. tapi ilmu politiknya, masih banyak belajar.

    Australia kepingin menjajal kemampuan indonesia, disinilah dari sikap lemah lembut Bpk SBY yang aslinya sangat tegas di dunia kemiliterannya. BRAVO BAPAK SBY.

    Tusbol aja pak bons..he he

    tumben bahas diluar motor om… 😀

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan

%d bloggers like this: