Dampak Krismon 98: Industri Automotif Nasional Jadi Nonpribumi

krisis
krisis

Kalau mas bro semua ingat, pada saat terjadinya Krisis moneter 1998 dahulu telah membuat berbagai perusahaan atau industri mengalami penurunan atau juga perubahan yang kurang positif. Seperti halnya industri automotif nasional yang saat ini mengalami kemajuan yang semakin pesat dan memang cukup banyak produsen automotif dunia yang berkiblat ke Indonesia untuk menanamkan modalnya. namun dibalik itu semua terdapat permasalahan lokal yang sebetulnya cukup memprihatinkan.

 
Seperti dilansir dalam Okezone.com, bahwa, Presiden Komisaris Indomobil Group Subronto Laras berpendapat, bahwa masalah industri automotif nasional adalah sudah tidak adanya orang-orang Indonesia yang berada di belakang pabrikan yang ada di Tanah Air. Kebanyakan pabrikan automotif nasional sudah dikuasai oleh orang asing. Seperti Suzuki, Volvo, Mazda, Hino dan Nissan, sejak krisis 98 semua pribumi berganti diduduki oleh orang asing. Bahkan Toyotapun demikian. Juga Astra yang kini diambil alih oleh orang dari Inggris.

 

Hmm, gimana nih mas bro??

Advertisements
Advertisements

19 Comments

  1. liat wawancara dahlan iskan, katanya sebelum krismon sama pa harto turun. Indonesia udh siap masuk industriliasasi, otomotif jg pastinya. Tp takdir berkata lain…

    • betul, biarpun bos dari orang bule asalkan babu dari dalam negeri gak papa. mau disuruh jungkir balik juga pasrah. mau jadi alas kaki orang bule juga pasrah.
      keseringan pasrah sampe lupa caranya bangkit.
      begitu akn??!!

      • ya bilangnya jgn babu lah..hargai mereka…sebut aja buruh…atau karyawan kan lebih terhormat.
        faktanya karyawan yg bekerja di industri otomotif lbh bagus kesejahteraannya dibanding dgn ” yang lain “.
        ingat semua perusahaan otomotiv itu perusahaan asing…mereka berinvestasi besar di negri ini…bagaimana jika mereka tidak ada…berapa puluh ribu bahkan ratusan ribu pekerja disini nganggur…

      • oke sip..
        persis seperti saat penjajahan kompeni.
        mereka bawa teknologi kereta api ke Indonesia.
        alhamdulilah sudah dijajah kompeni 350 taun. kalo gak dijajah gak bakalan kita naik kereta api. jalan kakilah kita 😀
        puji syukur atas penjajahan mereka 😛
        .
        ane jadi inget india, walau otomotif jepang masih merajai hindustan tapi mereka bukan cuma bersyukur. itu merk mereka udah banyak di sini 😀 heheheh… yaaa walau masih susah.

  2. Ssssstt…. Let me tell u a little secret…pemerintah kita udah ada kesepakatan2 dg bbrp merk dagang melalui atpmnya,kalo dagangan mereka lbh diutamakan…salah satu cara adl dg bantuan2 dr negaranya sono…otomotif nasional???? Ntar dulu deh….atpm tlg diuamakan…pecaya monggo,ngga ya monggo…negeri ini terlalu cantik utk dibiarkan berdikari scr ekonomi..

    • otomotif nasional jaman dulu mungkin masih masuk akal (sebelum krismon)
      seperti jaman kerja sama KIA dan bimantara (cmiiw) dengan merk dagang sendiri. maklum masih rintisan.
      kalo sekarang mah otomotif nasional cuma jadi bahan cari popularitas dan pencitraan doang. wkwkwk

      • Langkah timor dan bimantara sbnarnya tinggal ngelanjutin (abaikan bambang n tommy). Utk awal ok,cuman rebranding, tapi kalo dilanjutin ampe skrg bukan tdk mungkin sdh bikin enjin sendiri,body sendiri spt tata n,hyundai,kia sekarang. Sayang baru merangkat sdh dibunuh dg alasan reformasi n kroni orba….padahal cuman ditunggangi kepentingan lawan bisnis…

  3. Sebenarnya mau ditunggangi ato pencitraan mah biarin aja,yg penting fokus di niatan awal utk berdikari dlm dunia otomotif,ide harus ada progres realisasinya,dr pembangunan pabrik,pendanaan, insentif dll,dan ini yg berperan adl pemerintah. Kalo pemerintah punya will, pengejawantahan dr ide tsbt hrsnya dipermudah,dimediasi, tapi nyatanya emang mrk ngga punya will kok, cuman “lamis”mendukung ide mobnas,kalo utk realisasi produksi masalnya mah entar dulu…. Jadi ingat tokoh pembentukan mobnas esemka,semua bank bumn minjemin kredit utk mereka aja kaga ada yg mau,bijimane mrk bisa merealisasikan ide tsb mjd sebuah industri?? Pemerintah dimana saat mrk membutuhkan??? Menikmati hasil dr ATPM kali????

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin