Diskusi Seputar Mesin Mati Saat Melewati Rel Kereta

Menjadi pengalaman tersendiri ketika kita melewati rel kereta lalu tiba-tiba mesin mati, wewewe, nyawa gan taruhannya! Yang PAsti degdegan dan merinding gan ketika mengalami hal itu.

lintas keretaKabarnya peristiwa ini terjadi akibat rel bergesekan dengan ban kereta yang terus berputar, lama-lama si rel mengandung magnet yang suatu saat bisa mengacaukan system kerja mobil atau motor sehingga bisa tiba-tiba meti mesin. Realnya daya magnetik yang berasal dari rel kereta api karena gesekan antara roda kereta dan rel, dan dapat mempengaruhi sistem kelistrikan mobil. Terlebih mobil berbahan bakar bensin karena masih menggunakan platina dan CDI, jadi saat terkena medan magnet besar pengapian di CDI akan berpengaruh. Ini baru sebatas pendapat lho gan. Nah moonggo di share siapa yang punya pengetahuan dan pengalaman tentang hal ini!

Advertisements
Advertisements

36 Comments

  1. Oleh karna itu Mbah, dilarang nyerobot perlintasan KA sewaktu kereta lewat. Teori nya mirip EMP ( elektro magnetic pulse ) yg mengakibatkan sistem elektronik & kelistrikan mobil & motor bisa mati mendadak

  2. lha yo kok ya masih ada orang nyerobot perlintasan kereta api…..,klu sya pas lewat rel kereta mending agak kenceng dikit daripada mogok,kaki2 motor/mobil rusak yo wis isoh diservis…

  3. ini mah karena main serobot aja.
    tapi kalo memang magnet bikin kacau mesin bukannya di mobil itu sendiri banyak magnet ya???
    katakanlah audio yg magnis speakernya kuat banget.
    apalagi kalo udah upgrade gila-gilaan tapi gak mati tuh.
    dan di mesin juga ada magnet. trus di selang bensin kadang ada orang nambahin magnet.
    gimana logikanya ya?
    sekuat apa sih magnet rel? apa sekuat magnet speaker bass?

    • gubrak -_____-.

      bang, yang dimaksud tuh waktu kereta mau lewat alias saat2 kritis. si kereta tinggal 10 – 20 meter lagi lewat. bukan waktu berhenti dipinggir jalan nungguin keretanya liwat.

      umpamanya jalanan macet parah, kejebak ditengah rel, trus palang udah bunyi, begitu mo maju tiba2 mati terus susah distarter. begitu maksudnya.

  4. penyebabnya susah dijelaskan
    tapi
    jika mengalami mesin mati ditengah rel dan susah di hidupkan.
    coba ambil langkah ini.
    masukkan ke gigi 1 atau R tergantung sikon, kemuadian starter tanpa menginjak kopling dg harapan, mobil bergerak menjauh dari rel.

  5. Kata teman yg pernah kerja di bengkel PJKA,kereta itu digerakkan motor listrik yg besar.Kereta yg pakai mesin diesel pun,mesin dieselnya berfungsi untuk menggerakkan generator listrik.Penggerak roda tetap motor listrik.
    Pas kereta lewat,medan magnet yg gede merambat di rel & bisa mengacaukan timing pengapian atau kelistrikan kendaraan yg ada di atas rel..sehingga mesin kendaraan bisa mati mendadak.Katanya gitu gan.

    • motor listrik itu medan magnet berputar bro, gantian kutup utara selatannya, hingga saling menetralkan, klo ga paku2 pada ikut kereta semua….

  6. kynya, klo mobil casing yang dari logam mengamankan medan magnet, cz medan magnet ga akan ada pengaruhnya di konstruksi casing logam (sangkar faraday), contohnya pas hujan n petir menyambar2, selama orang dlm mobil dijamin aman. Untuk motor klo cdinya terpengaruh medan magnit, bungkus aja pakai logam, bisa aluminium foil untuk membuat sangkar faraday. Seberapa besarpun klo dlm bangunan sangkar faraday aman terhadap gangguan magnet, elektromagnet aja ga nembus….

    • klo memang itu karena magnet, deketin aja magnet speaker yang gede ke dinamo stater trus di starter….jalan ga? Klo penyebabnya listrik statis sih mungkin…contoh listrik statis itu ky kestar yang melekat di penggaris plasti pada cuaca terang benderang. Gosokkan penggaris plastik pada baju, terus dekatkan ke potongan kertas kecil2, atau rambut….cara menghilangkan pengaruh listrik statis dengan meng-ground-kan bodi metal, maka pd tangki yg ngangkut bbm, atau mobil luar negeri sering ada (seharusnya!!!!) penghantar yang desentuhkan tanah, itu fungsinya untuk meng-groun-kan bodi metalnya. Jadi jangan disepelekan.

      • jadi muatan listrik statis yang menghentikan kendaraan, cz pas sama2 bermuatan listrik statis baik mobil mupun relnya dan kebetulan muatan berbeda, klo sama akan tolak menolak…cz kendaraan berhenti dengan mendadak maka mesin akan mati. selama muatan yang tarik menarik tadi belum dinetralkan akan mengunci posisi kendaraan.

      • maaf mbah sekedar share aja, bukan bermaksud menggurui, soalnya inget waktu di kilang gas kaltim dl mobil tangki gas yg keluar masuk area kilang musti di grounkan sblm loading/unloading.

  7. kurang lebihnya ya seperti itu pak bons… gaya magnetik dari rel yg besar.. jadi ya jgn menerobos perlintasan saat kereta lewat. setuju ?
    budayakan tertib dan kendalikan diri untuk lebih sabar….

  8. ceritanya org yg selamat dr mobil yg mogok diperlintasan kereta sih spt itu mbah,klo tdk salah dl pnh ada kejadian mobil mogok diperlintasan mranggen,demak &untungnya smua penumpang kluar dr mobil,jd gk ada korban.
    itu crita dr penumpangnya sndr mbh,ane gk ngarang

  9. Ini teori medan magnet udah lama banget ada, coba sebelum heboh baca soal faraday cage dan kenapa mobil aman dari medan magnet dan kilat. Kalau bener rel kereta bisa memunculkan EMP itu bangunan disekitarnya peralatan elektroniknya rusak semua dan mobil-motor yg lewat ECUnya gosong semua 🙂

    • Setuju bro, dan yg lebih menguatkan itu adalah muatan listrik statis akibat rel yg dilewati kereta searah saja, jadi macam digosok searah….mungkin grounding rel perlu diperbaiki/diadakan selain di mobil sendiri dengan logam yg disentuhkan ketanah dari bodi metalnya.

  10. Cara pembuktianya mudah, pas kereta mau lewat jarak 100 ~ 10 meter dengan kecepatan minimal 60 kpj, deketin aja besi ke rel kereta, dari situ kita bisa tau berapa kuat medan magnet yg ditimbulkan roda besi. hati-hati bro kalo mau nyoba beneran. soalnya ane pengin nyoba tapi belum berani, takut diterakin orang gila.

  11. Kalo memang ada gelombang elektromagnet yg slalu disalahkan,kenapa tanah skitarny gk nempel ke besi rel. . Magnet aja kalo jatuh ke tanah,nempel smua tanahny yg mengandung besi .

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin