Kata Pak Polisi : Urusan Knalpot Racing, Kami Tidak Akan Tebang Pilih, Tapi Di Lapangan Kok Beda

Baca Aturan lalu lintas jelas-jelas sungguh jelas, monggo saja simak berikut!

Rujukan aturan knalpot bersuara bising adalah Undang Undang No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) yang mengancam sanksi bagi pengguna knalpot bising yakni pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000. Kemudian ada juga Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No 07/2009 tentang Ambang Batas Kebisingan Kendaraan Bermotor Tipe Baru yang diteken Menneg LH Rachmat Witoelar pada 6 April 2009. Artinya, lebih dulu dua bulan sebelum UU No 22/2009 tentang LLAJ yang diteken Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 22 Juni 2009. Dalam Permen LH tersebut disebutkan bahwa batas ambang kebisingan sepeda motor terdiri atas, untuk tipe 80 cc ke bawah maksimal 85 desibel (db). Lalu, tipe 80-175cc maksimal 90 db dan 175cc ke atas maksimal 90 db. Nah cukup jelas kan!

pemusnahan-knalpot-racing
pemusnahan-knalpot-racing

Kemudian Kasubdit Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Hindarsono  menjelaskan kalau pihaknya tidak akan tebang pilih. Bila memang petugas menemukan ada yang menggunakan knalpot berisik, maka motor tersebut akan ditilang. Cukup jelas kan!

Namun ketika di lapangan, heheh gimana gan tahu ndiri kan!

Salah satu hal unik bahwa seorang temen James Bons yang punya CBR 250 lalu diberi knalpot Yoshimura, kemarin di Cirebon dikumpulkan oleh polisi. Bersama banyak moge lain, ternyata katanya ada yang boleh pake knalpot racing, asal bukan untuk harian, hehehe. Susah kan tetep aja meski bukan motor harian juga masih dipake di jalan, hemmem, bijimana ni gan!

Advertisements
Advertisements

35 Comments

  1. gak kaget, wong polisi paling baik cuma ada 3 kok, polisi hoegeng, polisi tidur ama patung polisi.
    sisanya oknum

  2. Disitu jls knalpot bising..klo knalpot merdu gak dong…wkwkwk..ad tipe2 motor trtentu yg memang bkan mtor harian..sperti mtor contest..itu klo turun ke jalan cma buat manasin (sekitaran pekarangan)ke pom isi bensin..atau ya utk kperluan ke acra contest(ada surat jaln ats nma club dr pembina lantas)..knalpot dsni hnyautk keperluan kosmetika sja. Klo kperluan dinas atau kendaraan sehari2 psti menggunakan motor standart pabrikan.sprti yg temenya bons itu kan sllu pke vario sgt standard n rmah lingkungan utk shari2..skalinya dbawa ke kampus cma utk keperluan sesi pemotretan utk warung sni.hehe..Bkn utk ugal2an atau gerung2an..naah klopun ad yg dgunakn utk hal2 yg menggu..biasanya itu oknum..

  3. Ga semua knalpot racing berisik loh mas bons… knalpot luar rata2 dibekali DBkiller. Harusnya klo polisi atau pejabatnya pinter ga membahas knalpot racing tapi membahas knalpot berisik.. knalpot std pun bisa dibuat berisik, atau knalpot bocor juga sama juga berisik. Lah klo pengguna knalpot berdbkiller atau silent sport ga tebang pilih main ditilang saja pake feeling ya dodol brarti yg nilang. Bisa diperkarakan tuh…
    Apalagi kalau sampai dihancurkan seperti diatas… bisa dituntut. Hak polisi apa ya kok bisa merusak properti pribadi pemilik kendaran.
    Stop knalpot berisik… tingkatkan pemahaman aparat penegak aturan

  4. seharuanya bukan bentuk knalpptnya tp suaranya. coba ninja 150 wlpin knalppt std geber rpm diatas 10 rb suaranya menjerit memekakkan telinga

  5. kalo memang pake kenalpot resing gk boleh kenapa penjualnya gk di razia kalo itu gk memenuhi sni, bukan pemakenya yg di razia tapi penjualnya di biarkan,,,, aneeeeeeehhh polisi polisi,,,!!?

  6. aduh saya bingung sebener nya ada engga sih knalpot racing yang legal , terus kenapa knalpot tidak berisik karena menggunakan db killer tetap di permasalahkan padahal kan masih di bawah ambang batas yang di tentukan apa karena belum sni jadi dilarang?

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin