Menjajaki Tiger Camry vs NVL Camry

Pertama James Bons sampaikan bahwa artikel ini bukan bertujuan menjelek-jelekkan, tapi justru menginfentarisir bagaimana sebuah motor mempunyai kekurangan atau cacat produksi, sehingga kelemahan atau kekurangan ini cepet diblow up dan diketahui oleh pabrikan lalu dilakukan perbaikan. Ya kasus seperti ini kalau tidak diblow up boleh jadi tak terendus oleh produsen, dan pabrikan menganggap tidak ada masalah. Yaknilah setiap pabrikan besar ada tim tertentu yang mengamati pergerakan blog-blog otmotif. Yang di identifikasi adalah kepastian bahwa kelemahan pada suatu produk bersifat masal dalam artian semua atau kasuistik, misalnya Tiger kemrosok itu semua, sedangkan Ninja Spedometernya ngadat kalau kena hujan itu kasuistik. Selanjutnya juga perlu dipertegas bahwa kelemahan itu menggangu durabilitas motor atau tidak, misalnua tiger kemrosok ternyata tak mempengaruhi durabilitas rante, sementara kalau homesteer oblagh itu membahayakan.

rante tiger
rante tiger

Ke dua, terminologi Camry, James Bons maksud adalah cmaryoshock alias kemrosok atau suara brisik. Ini terjadi pada Tiger yang rantenya kemrosok yang selanjutnya James Bons sebut Tiger Camry, lalu karena sering ada keluhan NVLΒ  kerosok maka sebut juga sebagai NVL Camry, kemudian dua kasus kemrosok ini kita bandingkan siapa tahu ada sesuatu yang bisa dipetik hikmahnya.

1. Tiger Camry

Telah beredar seantero nusantara memang bahwa tiger ini kemroshok rantainya dan bahkan kadang terdengar lebih kencang daripada suara knalpotnya. Yup sebagai konsumen James Bons tidak terima dengan kemrosok ini dan kebetulan ada acara AHM tmu blogger, lalu James Bons tanyakan langsung pada yang hadir mewakili Honda waktu itu, dan dijawab bahwa itu dikarenakan ukuran rante yang besar yakni 520, lalu James Bons kejar lagi dengan pertanyaan bahwa Ninja juga menggunakan 520 tapi tidak berisik, lalu dijawab lagi bahwa rante ini memang dibuat dari bahan yang mudah mengeluarkan bunyi, tapi tidak mengurangi durabilitas alias umur rante. Dan terbukti ketika James Bons menggunakan Tiger Revo sudah 4 tahun dari baru dan belum ganti rante.

2. NVL Camry

Beberapa kali James Bons disalip oleh NVl dan memang suaranya kemrosok kenceng banget, bahkan James Bons sore ini disalip NVL yang plat nomernya belum terpasang alias baru, tapi udah camryosok, padahal uuran rante NVL ini hanya 428 kalau tidak salah. Sebuah pertanyaan muncul, ini masal atau kasuistik? Ya, beberapa brader memang mengatakan bahwa banyak NVL rantenya kemrosok, namun saat James Bons lihat dan dengar di jalan ternyata banyak yang halus suaranya. Boleh jadi ini kasuistik, entah itu dari rantenya yang kurang bagus, atau justru dari usernya yang malas bersihin dan nglumasin rante, perlu dipertegas hal ini.

Selanjutnya mestinya juga dipertegas bahwa kemrosok rantai NVL ini mengganggu durabilitas si rante atau tidak, kalau misalnya iya, kan pabrikan harus bertanggungjawab mengganti dengan yang lebih bagus, misalnya tidak, berbarti harus disampaikan pada konsumen agar tidak terjadi rumor negatif. Ataupun juga misalnya ada forum dialog blogger-Yamaha disampaikan pertanyaan mengenai hal ini agar terdapat jawaban yang lugas dan jelas.

Yup, monggo bagaimana menurut agan sekalian!

 

 

Advertisements

39 Comments

  1. temenku pemilik nvl bilang rantai nya mudah kendor dan sering disetel.apalagi kalau hujan.sehingga umur tidak lama. mungkin karena ini faktor ban lebar.ini bukan bc tapi kenyataan menurut temanku.untuk pemilik nvl silahkan curhat dnegan jujur. sedang tiger memang rantainya kemrosok karena kualitas rantai itu.part asli memang tidak ada sambungan.
    pengalamanku sih ganti part bukan asli honda tidak kemrosok .pernah menggunakan merek indopart kemudian merek federal tidak kemrosok.

  2. kalo mbah bons kebetulan nemu NVL lewat ga kemrosok kemungkinan baru dikasih oli. pengalaman saya gitu, dikasih oli cuma 2 hari bertahan ga berisik, hari ketiga dah berisik lagi

  3. Sami mbah megison aku aja 3 th baru ganti utk rante, emang kemrosak tp ga ngurangin torsi ama durability.

    Memang bnyak dicibir tp ga apa woles aja.
    Wong saya penyuka modul..motor jadul.

    Cb glatik putih merah nangkring dirumah ful gres nampol.
    dimana yg ada clubnya ya pngen ikutan hehe.

  4. kalau kasusistik… atau kas trtentu saja… masih banyak variabel penentu… bisa ridernya, atau hal lainya… seperti kerusakan bukan pada pesawat televisi anda, artinya siaran dari sononya yg rusak. tpi jika tv anda berasap bisa jadi karena petir, bisa jadi karena puntung rokok anda sndiri, bisa jadi istri masak didapur, bisa jdi juga anda salah nyolokin listrik. jangan disiram… amati dulu yg mana permasalahanya.. aman tooh

  5. kalo tiger dari jaman awal 94-95 emang gitu pakbons, sampe generasi revo terbaru…
    lha kalo nvl, berdoa ajah, semoga itu hanya oknum…camryosok
    hayuk ganti belt ajah yuk…

  6. Saya pengguna NVL. awal pakai emang brisik, sampai dalem hati sy nyesel beli cash.. eh setelah sering pakai bt kerja PP 24km / hari. pakai chainlube seminggu sekali. kok brisiknya ilang. sekarg alus. mungkin bagian2 rantai sudah pas kali ya.. udah gk ada bagian yg kasar.

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan