Bayangkan Bila Tak ada Pulsar dan Apache, Spedo Motor semua masih Analog

Yola,bukannya mau melebaykan 2 merk tersebut,cuman mau bahas enteng-entengan dengan ilmu gathuk mathuk perjalanan perkembangan fitur-fitur motor yang ada sekarang. Kalo boleh menengok kebelakang soal fitur-fitur yang tersemat di motor-motor ( abaikan produk cbu )umum yang dijual di sini, speedo digital belumlah dijumpai. Dari produk mahal sekelas tiger, scorpio, old cbr, vixion, bahkan ninja karbu yang semahal 40an juta lebih, speedo  digital belumlah dijumpai. Ada sih yang punya embel-embel digital di konsol speedo, itupun cuma sebatas odometer dan indikator bensin  yang dijumpai di motor kharisma.

speedometer
speedometer

Era konsol speedo full digital dijumpai pada pulsar ug3 di tahun 2007an (CMIIW) dan tvs apache 160 setahun kemudian. Fitur yang sebelumnya dianggap mewah dan advance ternyata tersemat di motor antah berantah dari negeri bollywood,dan yang paling menohok adalah nempel di produk yang harganya murah. Memang sepele,merubah penunjuk indikator kecepatan berbentuk jarum analog ke bentuk angka digital di layar lcd, tapi secara estetika menjadi penampilan jauh lebih keren.Baru deh mata kita terbuka,ternyata fitur speedo digital ternyata tidak semahal seperti yang kita bayangkan sebelumnya… Atau memang kita waktu itu ngga berpikir akan fitur tersebut karena merasa sudah cukup dengan apa yang diberikan sama pabrikan.

Setelah adanya 2 produk tersebut barulah tren speedo digital digandrungi sampai sekarang menjadi fitur wajib untuk motor, jika ga mau dianggap motor tersebut dianggap jadul (khususnya kelas sport). Bayangkan saja, misalkan nvl atau cbsf sekarang masih speedo analog, pasti ada komentar “woooo…..gurung digital speedone, ijih bentuk tusuk gigi” wkwkwkwkwkwk… Dan tren ini biang keroknya adalah motor yang satunya ngga laku yaitu tvs apache, dan motor yang udah ditinggal kabur sama yang mbrojolin si bajaj pulsar.

Dua produk itulah yang membuatkita sekarang menikmati fitur speedo digital di motor-motor keluaran honda,yahamah, kawasaki, dan suzuki. Dan membuat pabrikan-pabrikan  mapan tersebut terpaksa nambah biaya produksi untuk memenuhi tren pasar….Mungkin tanpa dua produk tersebut speedo digital menjadi fitur motor-motor sekarang ini. Tapi faktanya alur takdir memang  melalui pulsar dan apache lah speedo digital dikenal luas  sama insan permotoran di negeri ini……

Monggo kalau kurang ditambah, kalau salah dikoreksi!

Maulid Nabi gaaaaaaaaaaaaaaan, Allahumma salli ala Muhammad!

Advertisements
Advertisements

43 Comments

  1. Sebenarnya motor India bagus yg gak bagus after sales servicenya….cuma kan speedo digital itu mahal banget YIMM aja gak berani masukin nouvo baru katanya gara-gara itu ;-P Suzuki yg udah duluan pake speedo digital lagi2 kagak dianggep kasian deh….

  2. Tulisane kok pating pecotot to mbah…. Cs1 baru lahir thn 08 udah full digital,bahkan rpmnya juga, ada indikator gearnya juga bentuk angka digital…koso style,bentuknya bulat…terlalu simple jadi kesannya kurang wah…. Disini seleranya makin gede layar makin ganteng.

  3. Kalo menurut saya sih mbah bons… Sebenernya yg ngeluarin speedo full digital pertama kali di sini sih fxr150.. Baru sekitar 2006/2007 disusul pulsar 180 dts-i, kemudian di 2008 muncullah tvs apache 160 dan cs-1 (tapi cs-1 duluan, beda bbrapa bulan)..

  4. Kalo menurut saya sih mbah bons… Sebenernya yg ngeluarin speedo full digital pertama kali di sini sih fxr150.. Baru sekitar 2006/2007 disusul pulsar 180 dts-i, kemudian di 2008 muncullah tvs apache 160 dan cs-1 (tapi cs-1 duluan, beda bbrapa bulan).. Coz si satria fu yg muncul 2004 cuma speedonya aja yg udah digital, tacho masih analog

  5. satu lagi kang… jika tdk ada motor bolywod mungkin lampu depan masih bulat atau kotak serta ban belakang cungkring…

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin