Ilmu Baru dari Detik Oto: Haram Manasin Mobil atau Motor di Pagi Hari

Brader sekalian, ajaran yang selama ini kita anut adalah manasin mesin di pagi hari yakni sebelum berangkat, atau ketika ibur. Yup ternyata hal ini haram menurut sebuah artikel yang ditulis Detik Oto. Hal ini disebabkan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) bakal semakin boros mengingat kini mesin kendaraan baik itu roda empat dan roda dua sudah didesain dengan baik sehingga mesin tidak perlu lagi dipanaskan.

mesin-in
suhu mesin

Dasar dari artikel ini adalah bersumber pada Peneliti dan Dosen Laboratorium Motor Bakar dan Sistem Propulsi Institut Teknologi Bandung (ITB) Tri Yuswidjajanto yang mengatakan hal itu di sela-sela acara Diskusi Sepeda Motor ITB-Yamaha di Lapi, ITB, Bandung, Jabar, Senin (3/2/2014) yang kemudian dikutip detik oto dalam artikel : http://oto.detik.com/read/2014/02/03/171637/2485935/641/awas-jangan-lagi-panaskan-mesin-kendaraan-di-pagi-hari?o991101638

Masih menurut sumber ini sebaiknya pengguna kendaraan meninggalkan cara ini, pengendara cukup menyalakan mesin dan langsung jalan , dan memang harus pelan-pelan sampai indikator mesin naik pada suhu normal, baru deh kebut. Menurutnya cara ini lebih baik dan hemat BBM. Gimana menurut agan sekalian!?

Advertisements
Advertisements

72 Comments

  1. Buat mesin injeksi ya? Kalau masih sistem konvensional imho masih perlu manasin mesin kecuali punya fitur auto-choke. Kalau injeksi yang canggih dengan berbagai sensor mungkin sudah gak perlu manasin mesin lagi CMIIW
    Sent from my BlackBerryยฎ smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss…!

    • dan juga bisa diterapkan pada motor dengan ‘roller rocker arm’ sudah sangat minim gesekan meski masih karbu… apalagi sudah menganut SCM, atau Diasil Cyl… kalau motuba yang pakai treatment oli nano, atau treatmen oli dengan pelapis film yang tinggal di logam bisa juga karena semua permukaan logam yang bergerak jadi lebih licin, meski oli belum naik, monggo dibuktiken… CMIIW

  2. โ•”โ•โ•ฆโ•ฆโ•โ•ฆโ•ฆโ•ฆโ•—โ•”โ•โ•ฆโ•ฆโ•โ•ฆโ•ฆโ•ฆโ•—
    โ•‘โ•šโ•ฃโ•‘โ•‘โ•‘โ•‘โ•‘โ•‘โ•‘โ•šโ•ฃโ•‘โ•‘โ•‘โ•‘โ•‘โ•‘
    โ• โ•—โ•‘โ•‘โ•”โ•ฌโ•ฌโ•ฌโ•ฃโ• โ•—โ•‘โ•‘โ•”โ•ฌโ•ฌโ•ฌโ•ฃ
    โ•šโ•โ•ฉโ•ฉโ•โ•šโ•ฉโ•ฉโ•โ•šโ•โ•ฉโ•ฉโ•โ•šโ•ฉโ•ฉโ•

    Tmbah ilmu

  3. sesat tuh,,, tubuh aja butuh pemanasan, mesin juga donk, apalagi kalo mau dipake, kadn gak tentu dijalan kadang ngebut ngejar waktu, malah disuruh pelan2, naik sepeda aja kalo gitu ๐Ÿ˜†

    kalo mesin langsung digeber akan kaget dan membuat mesin cepet rusak

  4. wah metodenya sama kaya yg ane terapin tiap hari,langsung panasin sambil jalan, kecuali kalo emg agak brebet bru deh ane angetin bentar ๐Ÿ˜€

    • Yaa..klo lma gak d panasin oli gak naik..gak melumuri valve.. Lma2 valve bkal baret. Kinerja jadi gak sempurna..akhir cerita..turun mesin..ganti ejester valve

  5. Kalau mesin motor, apalagi dengan CC 125 keatas, MENURUT SAYA, hukumnya wajib dipanasin dulu…
    Soalnya kalau nggak dipanasin dulu. Soalnya kalau di awal perjalanan mesin sudah ndut-ndutan karena suhu belum optimal akan mempengaruhi mood sepanjang perjalanan…

  6. saya manasin motor bukan nyari temperaturnya, tapi biar oli naek dulu. jadi sempurna melumasi part2 yang ada di dalem mesin. malah mesin injeksi harus nunggu beberapa saat dulu sebelom rpm di posisi ideal untuk jalan.

    nah, sebenernya, sama-sama manasin mesin kan..

  7. kuwi ahline koplak, walau dosen sekalipun.
    dianggep semua kendaraan itu canggih apa ya?
    mayoritas kendaraan di jalan itu masih ternologi lama.
    butuh pelumasan sebelum jalan.
    lah motorku yg karbu aja kalo langsung tancap jalannya ya nyendat-nyendat. walau dipake jalan pelan ya tetep aja kendaraan melaju dengan beban. beda kalo dipanasin yg tanpa beban.

    kalo kendaraan 2 tak ya silakan aja langsung tancap gak papa, lha nek 4 tak ya olinya blom naek.

  8. pada start pertama mesin membutuhkan sirkulasi pelumasan merata dari celah2 sudut mesin yg tersempit sekalipun oleh karenanya dibutuhkan pemanasan sebentar sekitar 1 menit itupun dlm kondisi idle tidak usah di geber2 entar malah bikin piston aus karena belum terlumasi secara sempurna.

    • bener mas kesalahan umum, waktu manasin mesin karena brebet.. kebanyakan buka throtel lebih dalam… harusnya kan <1000rpm… ya klo digeber meski gak sambil jalan tetep aja berabe..

  9. Menghidupkan motor sebelum jalan atau sekali-sekali tujuannya biar akinya gak cepat tekor dan sirkulasi pelumas merata bukan supaya mesinnya panas….jadi gak perlu lama-lama….tapi kalau begitu on langsung gas ya alamat cepet jebol juga….

  10. menurut sy tetap perlu dipanasin spy dpt ngecharge aki, cuman manasinnya gak perlu lama tp rutin itu kalo kendaraan diparkir lama.

    • kalau tujuannya ngecharge aki, percuma kalau gasnya idle om, kenali dulu di RPM berapa alternator mengisi, rata2 sih di atas 2000 RPM. Jadi kalau mau ngisi aki ya gas di atas 2000, tp ya jangan lama-lama

    • maunya nge-charge aki… kalo tidak sambil jalan… system pembuangan yang jadi masalah apalagi kalo suhu lingkungan lagi dingin, pasti gas buang akan banyak mengandung uap air… rentan kropos jadinya…

  11. nah metode itu d tunjukin buat motor injeksi apa karbu ???
    Trus kl ga manasin mesin motor,trus motor d geber sana sini motor bisa bisa turun mesin mas bro,tmen gw ngalamin nya d motor xxxx (sensor,biar ga d Trus kl ga manasin mesin motor,trus motor d geber sana sini motor bisa bisa turun mesin mas bro,tmen gw ngalamin nya d motor xxxx (sensor,biar ga d Trus kl ga manasin mesin motor,trus motor d geber sana sini motor bisa bisa turun mesin mas bro,tmen gw ngalamin nya d motor xxxx (sensor,biar ga d Trus kl ga manasin mesin motor,trus motor d geber sana sini motor bisa bisa turun mesin mas bro,tmen gw ngalamin nya d motor xxxx (sensor,biar ga d tuduh bc)

    balikin lagi deh pertanyaan nya,mending mana boros mesin apa boros bensin,trus mahalan mana sekali isi bensin sampe full sama turun mesin ?

    Bebek biasa mcem supra,blade,revo abs.,jupiter z dkk, sekali turun mesin total,bagian depan &

  12. 1) Bangun tidur – pemanasan – lari pagi.
    2) Bangun tidur – langsung lari pagi.

    Dijamin orang yg memilih nomer 2 akan mengalami keram otot, keseleo dll. Pijet saiki ra cukup 20 ewu Lek. Jek durung nggowo gulo + teh poci harang. Apalagi kalau hal tersebut kita terapkan pada motor yg notabene adalah benda mati? Logika dimainkan Lek.

  13. Gile loe ndro ITB, BOEING, AIRBUS, bahkan SEPUR aja manasin mesin sampai suhu ideal…baru tancap. Airbus dan Boeing aja rata2 manasin mesin pesawat sampai mendapatkan panas minimal u/ 200km/jam.. sekecil apapun usaha manasin mesin, sangat2 banyak manfaatnya.. lupakan boros bensin, paling juga 100ml bensin dah cukup..

  14. harus dipanaskan biar enak motor dipake jalannya, yah paling juga habis beberapa mili liter aja ko klo cuma manasin, daripada tidak dipanasin jalannya endut endutan hahaha.

  15. pakai mobil listrik saja, gak perlu panasan, kalau motuba.saya tanpa pemanasan ada suara klethuk2 dari head, digas malah brebet2, mungkin motuba saya dulu belum lolos ketika diuji di ITB dan IPB..

  16. Definisi dipanasinnya harus disamakan dulu, kalau definisi dipanasin itu sampe 10-15 menit bahkan setengah jam ya pemborosan bensin namanya.
    Kalau dari artikel di atas, definisi dipanaskan itu tidak boleh ya artinya jangan lama-lama, motuba mungkin maksimal 10 menit, sepertinya mesin motuba sehat juga hanya sekitar 5-7 menit sudah mencapai suhu mesin ideal (suhu mesin siap jalan).

    http://kobayogas.com/2014/02/03/pojok-desain-honda-cb-x-dual-purpose/

  17. kalo alasannya biar irit ane sih mendingan panasin dulu deh biar oli merata dimesin… biarin boros gpp drpd ikutin alasan yg gak masuk akal

  18. ane salah satu orang yg ga pake ritual manasin mesin.
    ngapain dipanasin dijalanin juga panas sendiri ๐Ÿ™‚
    coba dibayangin kalo semua orang tiap pagi manasin mesin.
    angggaplah manasin mesin butuh bensin 2 tutup botol air mineral dikali banyaknya kendaraan????
    berapa banyak tuuh bensin yg terbuang percuma

  19. wadohh,,, lha berarti para kru mekanik motogp itu pada ”begok2 ya”,
    masak sebelum warming up, tuh motor fi blayer2 dulu ampe njerit2””
    nih sebenernya yg P A ITB / MOTOGP / mas bon sih ???(bingung sambil garuk2 burit) wkkkkkk…..

  20. Betul kok. Mesin memang gak masalah mas bon. Tapi busi masih ada embun. Kalo kena percikan api bisa menghitam, cepat rusak. Bikin boros di situ. TAPI! Selama pakai pertamax insya Allah busi aman.

    Jadi memang betul ๐Ÿ˜€

  21. kalo pulsar ane,kalo stater langsung jalan ada yg beda yah kaya suara mesin ga enak di dengar,tp beda kalo di panasin dulu,di gas pun enteng.. ga tau apa cuma sugesti aja atau gmana..

  22. banyak faktornya sih. kekentalan dan kualitas pelumas. suhu kerja optimum mesin. setingan angin di karbu (injeksi dah ada sensornya). suhu dan tekanan udara sekitar. intinya sih perlu pemanasan apa lagi setelah lebih dari 12 jam mesin mati.

  23. saya juga gitu, ga dipanasin. kontak on, pencet starter, brum brum, langsung pancal. kalau motornya dipakai tiap hari. kalau udah beberapa hari ga dihidupkan lah baru digeber beberapa saat sampai mesin bisa berputar stasioner. begitu 3 tahun, mesin ga ada masalah kok. :p

    heran, sama hasil penelitiannya ilmuwan kok pada ga percaya, wkwkwk…

  24. Maksudte dosen kwi, kendaraan ora oleh dipanasi supoyo kendaraanmu cepet rusak. lak kendaraanmu wes rusak supoyo cepet tuku maneh,,, ngunu lho,,,,,kok podo hora mubeng eh,, mudeng

  25. siapa yang bakal sabar naik kendaraan pelan2 nunggu suhu optimum, sementara yang lain pada pecicilan….bakal kena banyak klakson….bisingnya melebihi manasin mesin…..

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin