Ilmu Baru dari Detik Oto: Haram Manasin Mobil atau Motor di Pagi Hari | Bonsaibiker

Ilmu Baru dari Detik Oto: Haram Manasin Mobil atau Motor di Pagi Hari

Brader sekalian, ajaran yang selama ini kita anut adalah manasin mesin di pagi hari yakni sebelum berangkat, atau ketika ibur. Yup ternyata hal ini haram menurut sebuah artikel yang ditulis Detik Oto. Hal ini disebabkan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) bakal semakin boros mengingat kini mesin kendaraan baik itu roda empat dan roda dua sudah didesain dengan baik sehingga mesin tidak perlu lagi dipanaskan.

mesin-in

suhu mesin

Dasar dari artikel ini adalah bersumber pada Peneliti dan Dosen Laboratorium Motor Bakar dan Sistem Propulsi Institut Teknologi Bandung (ITB) Tri Yuswidjajanto yang mengatakan hal itu di sela-sela acara Diskusi Sepeda Motor ITB-Yamaha di Lapi, ITB, Bandung, Jabar, Senin (3/2/2014) yang kemudian dikutip detik oto dalam artikel : http://oto.detik.com/read/2014/02/03/171637/2485935/641/awas-jangan-lagi-panaskan-mesin-kendaraan-di-pagi-hari?o991101638

Masih menurut sumber ini sebaiknya pengguna kendaraan meninggalkan cara ini, pengendara cukup menyalakan mesin dan langsung jalan , dan memang harus pelan-pelan sampai indikator mesin naik pada suhu normal, baru deh kebut. Menurutnya cara ini lebih baik dan hemat BBM. Gimana menurut agan sekalian!?

%d bloggers like this: