Menurunnya Penjualan V-ixion Disinyalir Efek Kemunculan R 15 Dan Mungkin R 25

Brader sekalian Januari ini begitu kelabu mungkin buat kubu Yamaha, karena tahta raja sport berpindah ke Honda. Lalau bagaimana ini ternjadi? Y simpel saja jagoan Yamaha yang selama ini laris manis bak kacang goreng kini drastis turun penjualannya. Per bulan rata-rata di tahun 2013 distribusi V-Ixion mencapai di atas 40 ribuan. Totalnya selama setahun mencapai 470,025 unit. Dengan sumbangan model V-Ixion lama sebesar 57,113 unit. Nah angka itu kini turun drastis di bulan januari hingga tinggal 26.168 unit mmm hampir separuhnya gan.

r 15
r 15

Ya, realnya Honda berhasil menguasai segmen sport setelah menjual motor sport sebanyak 32.399 unit atau merengkuh 46% pangsa pasarnya. Yamaha membuntuti dengan angka sebanyak 30.067 unit dari kontribusi V-Ixion (26.168 unit), Byson (3.481 unit), Scorpio (418 unit).

Penjualan V-ixion 2013 1
Penjualan V-ixion 2013 1
Penjualan vixion-2013-2
Penjualan vixion-2013-2

Nah kenapa ini bisa ternjadi? Ya banyak yang mengatakan bahwa ini adalah efek dari R 15. Para calon pembeli V-ixion atau NVL banyak yang menahan diri karena adanya kabar bahwa R 15 bakal segera dilaunch. Selish beberapa juta mungkin tidak terlalu masalah asal dapat full fairing dan keren, begitu mungkin dalam benak para calon buyer R 15. Utamanya adalah spekulasi bahwa R 15 bakal dijual di kisaran 30 jutaan, maka wajar bikin ngiler para calon pembeli NVL. Demikian juga tak jarang fans Yamaha berpikir untuk menunggu R 25 yang kabarnya juga bakal lahir tahun ini, meski mungkin jumlahnya tak sebanyak penggemar R 15.

Faktor lain menurut James Bons juga berperan, yakni faktor bencana banjir yang jelas-jelas berpengaruh terhadap kemampuan distribusi Yamaha dan terhadapa kantong para pembeli. Yup bijimana menurut agan sekalian?

Advertisements
Advertisements

23 Comments

  1. ah mungkin karena ada musibah bencana banjir dimana mana mana dan ada juga bloger yg upload poto vixion pd mogok dan poto cb ama p200ns ky ampibi jdi pd beralih kehonda dadadadaad wkwkwkwkwk lgian boro2 mau beli mtr sport buat makan aja susah

  2. sependapat ane gan…
    menurut hemat saya menurunnya penjualan sport yamaha ..terutama vixion karena ribuan calon pembeli vixion …masih menunggu R15…istilahnya..nunggu bentar lagi sekalian nambah tabungan gak apa2…asal dapat r15…lha nanti kalau r15 sesuai harapan dlm hal ini price nya sesuai.,.maka jangan heran kalo tiba2 r15 ini booming…kalo harga misal kemahalan,,.yamaha pun tidak perlu ketar-ketir..merekapun akhirnya akan balik ke vixion sebagai pilihan…biasanya kl pembeli motor sport cenderung fanatik ke merk…beda dengan kelas bebek dan matic.
    http://masshar2000.wordpress.com/2014/02/13/paus-fransiskus-menjual-mogenya/

  3. ga semua konsumen yg mau beli NVL tau kalo ada R15 yg bakal luncur. karna ga semua konsumen melek internet, apalagi soal roda 2. yg paling mungkin ialah kondisi banjir sehingga unit ga lancar distribusinya.

  4. kalw alasanya cuma nunggu kehadiran r15 waduh berarti konsumen r15 pindahan dari konsumen pigson doang, ga asiklah…

  5. Bener banget sih berarti potensial buyer NVL sama juga potensial buyer R15 kalo gini R15 bisa booming tp NVL bisa terpuruk cz disini R15 ngambil hampir separuh potensial buyer NVL…harusnya sih bisa jalan berdampingan gk saling makan kalo jarak harganya minimal diatas 5 juta…

  6. Apapun alasannya pada intinya lengser dari tahta dan penjualan anjok… Cari alasan apapun tetep aja gak ngaruh…. Gak semua orang paham & tau masalah launching r15 atau apalah itu namanya…

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin