Mencermati Asap Hitam Pekat Dan Putih Pada Knalpot Mobil Diessel

Mas bro sekalian, mungkin pernah berada di belakang mobil diessel, kadang terlihat knalpotnya hanya mengeluarkan asap dikit, kangan juga keluar banyak asap hitam pekat, dan kadang juga keluar asap putih. Untuk mobil atau motor yang bbmnya premium atau pertamax biasanya kan kalau keluar asap putih kan bagian piston ada yang kena, naha kalau mesin diessel gimana? Yup coba sedikit kita urai tentang kejadian ini.

 

Ketika mobil bermesin diessel kemudian mengeluarkan asap hitam pekat atau putuh banyak maka kemungkinan penyebabnya bisa dua hal:

  1. Masuknya oli ke dalam ruang bakar.

    asap hitam
    asap hitam
  2. Sistem injektor tidak tepat.

Nah, langkah yang harus dilakukan adalah pertama kita jajaki dulu apa yang sebenarnya terjadi, penyebabnya apa. Brader sekalian masuknya oli ke dalam ruang bakar mengakibatkan gas buang berwarna putih, hal ini terjadi juga pada mobil berbahan bakar premiaum. Tapi hati-hati dulu, untuk mobil yang tidak dipakai minimal 2 hari biasanya ada asap putih yang keluar di pagi hari, dan itu bukan kerusakan pada mesin, melainkan air yang terperangkap di knaplot lalu menguap. Secara perlahan air ini bakal habis dan knalpot bersih lagi. namun bila mobil sering dipakai dan siang bolong keluar asap putih, ya harus diperiksa gan. Pemeriksaan dilakukan pada komponen-komponen sistem pembakaran, yaitu cincin piston, silinder, katup-katup, dan paking. Komponen yang sudah aus harus diganti. Kalau tidak bisa ngerjain sendiri ya pastinya harus ke bengkel.

Kemudian apabila gas buang berwarna hitam pekat, bisa jadi itu diakibatkan campuran BBM dengan udara terlalu kaya. Langkah yang harus dilakukan adalah periksa saringan udara. Jika terlalu kotor mengakibatkan udara yang masuk ke ruang bakar berkurang, maka saringan udara ini harus dibersihkan. Langkah selanjutnya adalah periksa tekanan injeksi, bila kurang tepat mengakibatkan BBM tidak terkabutkan secara sempurna. Beberapa mobil macem blazar ada sensor tekanan udara, nah bila selang sensor ini lepas maka juga akan keluar asap hitam dan mobil ndut-ndutan. Lihat pompa injektor, bila ada komponen yang rusak dapat mengakibatkan jumlah BBM tidak sesuai dengan kebutuhan mesin. Periksa juga saat pembukaan katup isap atau katup buang. Jikalu brader sekalian buta samasekali masalah mobil mending bawa aja ke bengkel.

Advertisements
Advertisements

14 Comments

  1. Ini buat pemilik mobil bermesin diesel pribadi ya….kalau R4 umum siapa yang harusnya ngurusi ya…..kan katanya dulu ada uji emisi kok nggak kedengaran lagi…..cumi2 oranye tetep saja nyemprot tinta asepnya….:-)

    • cumi-cumi oranye, tetap ngebul, soalnya pasokan solarnya di diperbanyak biar lebih bertenaga pas full load ( tau sendiri kan kaya apa penuhnya)…,
      jeleknya pas mau uji kir… di stel ke std lagi biar lolos uji KIR.
      begitu terus kaya lingkarang setan….

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin