Recall Motor

Kawasaki Z 250 Kena Recall Ke dua Kalinya

Di tengah ramainya launch Kawasaki Ninja 250 Mona dan hiruk pikuknya pemberitaan tentang Ninja 250 Mono naked ada segelintir berita bahwa Kawasaki Z 250 kena recall. Ini setidaknya kali ke 2 recall setelah desember lalu juga kena recall. Ya, waktu itu sekitar bulan  desember 2013 Z 250 dan Ninja 250 FI kena recall, penyebabnya adalah masalah pada perangkat penghenti laju alias rem. Baik rem depan maupun rem belakang sama-sama bermasalah. Untuk rem depan masalahnya khusus Ninja 250 tipe ABS (anti lock brake system). Problem ada pada sensor kecepatan di roda depan yang terganggu oleh posisi kaliper. Kemungkian hal ini disebabkan posisi bracket sensor yang kurang tepat. Sementara kasus rem belakang, kampas rem belakang memiliki kemungkinan untuk habis pada satu sisi saja. Nah kini kini, Kawasaki Z250 bermasalah pada sistem suspensi belakang.

Kawasaki z 250
Kawasaki z 250

Dari dua masalah ini yang kena recall hanya di Jepang. Padahal Kawasaki Z250 yang dijual di Jepang dan di Indonesia berasal dari pabrik yang sama di Thailand. Sementara di Indonesia belum ada pengumuman apapun.

Ya, ngutip dari Dapurpacu, bahwa pihak teknisi di Jepang menemukan kasus mudah rusaknya sil karet pada shock absorber bagian belakang Kawasaki Z250. Lemahnya sil karet ini memungkinkan oli suspensi  merembes alias bocor, maka dari itu seluruh unit sebaiknya diganti suspensi belakangnya., dan akan dipasangkan O-ring dan mounting nut. Adapun di Jepang total yang di-recall mencapai 491 unit.

Z 250 bocor
Z 250 bocor

Satu hal yang menarik masih menurut Dapurpacu bahwa hingga kini Kawasaki Indonesia belum mengumumkan recall karena pihaknya belum menemukan kasus ini. Hal tersebut diungkapkan oleh Deputy Head Sales & Promotion Department, Dewi Septianti. Padahal di lapangan sudah pernah lho kejadian kasus dimana shock belakang meler, cekidot artikel IWB berikut! http://iwanbanaran.com/2013/08/25/monoshock-kawasaki-z250-bocor-apakah-masuk-garansi/ Dalam artikel ini diulas bagaimana Shock belakang Z 250 olinya meler, weh gimana nih Kawasaki!

Ya entah karena saking sedikitnya populasi Z 250 ini katau karena apa yang jelas lum ada informasi di Indonesia. Saat ini populasi Kawasaki Z250 di Indonesia mencapai 2.000 unit di Indonesia.

54 komentar pada “Kawasaki Z 250 Kena Recall Ke dua Kalinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.