Beli Mobil Seken Musti Heti-hati, Banyak Mafia, Brikut Beberap Modus Operandinya!

Brader sekalian ketika beli mobil seken memang kita harus ekstra hati-hati, kadang kita tidak tahu dengan siapa kita berhadapan, terkadang terlihat show room, namun ternyata mafia, ternkadang terlihat pemilik mobil, ee ternyata penipu. Begiutlah, ketelitian mutlak diperlukan, kalau perlu bawa ahlinya. Yup berikut ini beberapa kasus yang pernah James Bone lihat sehubungan dengan penipuan atau mafia ini.

Kebo Blazer di Cemoro Sewu
Kebo Blazer di Cemoro Sewu

1. Kasus Penipuan Penjualan di InternetSering kali penipu menjaring mangsa dengan memasang iklan di Internet. Modusnya adalah dengan meminta DP duluan, dengan dali agar mobil tak dotawar orang lain, dan iklan bakal di tutup. Kita diminta transffer sejumalh uang untuk DP. Yup yang kayak gini banyakan nipu gan, hati-hati.

2. Ngakalin Mesin Biar Suara Halus.

Ketika berburu mobil bekas, terdapat beberaa mobil murah, dan saat di cek memang suaranya halus kondisi kayknya bagus. Lalu saat dibawa pulang, mmm, ganti oli isinya parutan kelapa gan. Ternyata ini memang bisa menghaluskan suara mesin, namun begitu oli sudah diganti, mm mobil kasar dan siap turun mesin. Hati-hati gan, aran James Bons mending bawa teknisi alau kita tidak faham mesin.

3. Ngakalin nomor mesin atau nomor rangka.

Kasus ini terjadi pada temen James Bons ketika beli mobil dari show room. Awalnya baik-baik aja, dan kondisi mobil memang bagus. Nah setelah sekian lama dibeli lalu mau di balik nama, ternyata baru ketahuan nomor mesin memang sama, dan nomor rangka memang sama, namun huruf yang tertera di rangka ada sedikit perbedaan font antara yang di rankga dengan hasil cek fisik sebelumnya. Ini di indikasikan bahwa nomor rangka telah dirubah diambil dar mobil lain. Biasanya polisi jeli melihat hal ini. Saran James Bons kalau beli mobil seken segera balik nama, bikin surat perjanjian bahwa kalau permasalah surat-surat mobil tidak bisa berres maka uang harus kembali.

4. Kasus Data Tertukar Dengan Pemilik Lain Di Samsat

Bayangkan di Polda Metro Jaya Jakarta misalnya, ada jutaan berkas. Nah bisa jadi berkas ini tertukar dengan pemilik lain. Biasanya kalau dimutasi diberi surat pengantar berkas terselip. Namun ingat tak semua samsat daerah mau menerima yang demikian ini. Ada samsat yang rewel dan menolak data tersebut untuk dimutasi. Mau nggak mau kita musti bailk ke Jakarta atau mutasi ke daerah lain selain daerah yang menolak tadi. Saran James Bons banyak berdo’a aja kalau untuk yang satu ini, karena memang untung-untungan.

5. Boong, Katanya Mobil Siap Pakai Padahal Ancur!

Ini copas dari pengalaman Mbah Akhmad Mulyanto Hati2 ada kelompok mafia yang jualan motuba, Modusnya :

  1. Jualan pakai gombal, siap pakai katanya.. ngga tahunya PR-nya banyak.
  2. Motuba tidak boleh dihidupkan dan atau dicoba pakai.
  3. Mau dibayar kurang. Motuba harga normal 15 jt, dijual tinggi 20 jt. Mau dibayar nyicil 15 jt dulu, BPKB ditahan mafia.
  4. Ada yg menyusup jadi anggota dan jualan di komunitas. Kemarin baru ditendang keluar komunitas tuh orangnya.

Oke, semoga bermanfaat dan hati-hati ketika berburu mobil seken!

 

Advertisements
Advertisements

19 Comments

  1. tambahan mbah…tuh orang2 licik biasanya ganti oli mesin pake oli gardan jadi halus banget suaranya….begitu balik pake oli mesin standar ketahuan …kluar deh suara2 ajaib …

  2. Baru kejadian nih…beli mobil bekas kena tipu abis2an….hati hati lokasi bandung deket babe karapitan tuh

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin