Perpanjang Sim Telat Maks 1 Th Masih Bisa Gan!?

Sebuah permasalah perpanjangan sim yang kabarnya memang terlambtnya hingga mask 1 tahun agan sekalian masih boleh memperpanjang, tanpa test dan bayar cuman sekita 75 rrebay sebagai biaya admin perpanjangan. Namun tak jarang banyak yang tidak mengetahui jadi datang ke calo lalu dimintai uang sejumlah biasya bikin barau, wew, mahal dong. Yup, berikut ini pengalaman mas bor Moncer tentang Bikin SIM perpanjang tapi telat:

SIM
SIM

β€œ……peraturan kapolri yg menyatakan kalo SIM lewat waktu mesti prosedur bikin baru (test tulis n praktek), trnyata masih ada toleransi sepanjang belum lewat 1 tahun. So kalo ada yg menawarkan “jalur cepat” dengan alasan SIM daluarsa harus mekanisme test tulis n praktik, dan tentunya si oknum bakal minta “tarif” SIM baru, jangan percaya ya, mending pake prosedur perpanjangan resmi dengan tarif 75rb, tanpa test n cepat pula (stengah jam-an).

Tp ane ga tahu toleransi SIM kadaluarsa ini sampai kapan, so tetep prioritaskan perpanjang sbelum lewat waktu (ane mah baru nyadar soale dah lama ga ketemu razia kalo naek motor hehe. No hoax, soale ane lg bikin perpanjangan SIM yg daluarsa akhir 2013
Oh ya peraturan kapolri yg dimaksud tuh Perkap no. 9 tahun 2012.
Semoga berguna
(moncers)……..”

Pernahkah agan mengalaminya?

Advertisements
Advertisements

28 Comments

  1. bulan maret perpanjang sim di jakpus sempet tanyain juga, di jawab masih wacana jadi belum di sah kan, so masih ada jatuh tempo 1 tahun lagi telat perpanjang sim. btw fyi biaya pokok 75rb + asuransi 35rb + adm 25rb = total 135rb cmiiw..

  2. bulan maret kemaren perpanjang sim di gerai samsat kena 170rb+ cek kesehatan 35rb, total 205rb. bohong belaka kalo perpanjang sim cm 75rb, Indonesia banyak tipu2nya demi perut sendiri2.

  3. ngomongin SIM ya..oke dech ane mau share pengalaman ane mutasi berhubung baru jumat kemarin mutasi SIM dari Jakarta ke Kab Bogor. agar para brother2 sekalian tdk terjebak pungli pejabat yg ngga kira2. begini ceritanya:
    – pagi2 jam 8.30 ane udah nyampe di satpas Daan Mogot pas didepan pintu langsung tanya di tunjukkan ke lantai 2 bag ARSDOC.
    – langsung ane serahkan 2 ft copy ktp dan 2 fotocopy SIM beserta aslinya ane udah siapin semuanya dari rumah.
    – pas menyerahkan langsung ditanya dengan ramahnya, kerja dimana, dll sok akrab , buntutnya minta 100rb (disinyalir ini investigasi utk mengetahui calon korban kl karyawan swasta ini sasaran empuk krn ane bilang kary swasta tp jika bilang wartawan atau media atau KPK mungkin tdk berani dia)
    – ane langsung bilang hah mahal amat, masak ama perpanjang mahalan cabut berkas, adanya 50rb gimana? dia jawab jauh amat dari 100rb ke 50rb emangnya dagang pake tawar2an, sambil dia bikin alasan jelasin nanti cari dokumen dulu, nanti diketik jadi gini dst. tp ane tetep ngga mau 100rb. krn dia ngotot terus akhirnya ane mau dng syarat pake kwitansi. tp rupanya dia tdk mau dan akhirnya 50rb pun dia terima dgn mukanya yg kesel. tp ane tetep kecewa krn 50rb tdk ada kwitansinya jg.
    – akhirnya ane nunggu di ruang tunggu sebelahnya, ane sempet berpikir negatif jangan2 dipersulit nih, dan ternyata ngga akhirnya surat didapet setelah nunggu 1.5jam-an. pas ngambilpun dia masih cemberut.
    jadi buat brother2 sekalian hati2 dng oknum tsb kl pas ditanya kerja dimana bilang aja wartawan atau media atau pejabat KPK gitu biar ngga jd sasaran empuk para oknum tsb.
    ane tau ini krn sebelumnya udah baca2 diinternet sebelum kesana dan rata2 20rb adapun yg 50rb dan adapula yg gratis krn ngotot minta kwitansi.
    ane diruang tunggu ane tanya tuh para korban mereka kena 100rb semua, bisa dibayangin tuh berapa duit yg masuk kantong. bener2 gila

    hari sabtu ane ke kab bogor disana pun ane langsung ditawarin mau mau dibantu ngga? tp ane langsung bilang urus sendiri. cuma habis 75rb SIM dan pungli kesehatan 20rb ane bilang pungli krn ngga ada kwitansi. total jd 95rb. di kab bogor kelemahannya hanya kurang informatif bagi orang baru spt saya. krn lokasinya ngga jelas mesti tanya2. tidak ada tanda2.

  4. Gan sim ane,06 november 2014,telat 2minggu masih bisa tanpa tes nggak ya,terus alamat juga pindah tapi tetap satu wlayah,kena mutasi nggak itu

  5. iyah saya lupa jarang ngecek masa berlaku sim. pas mau bikin rekening tabungan saya lkeluarkan data dari SIM eh kata petugas ini sudah tidak berlaku lagi hingga november 2013..Masyaalloh lupa. apakah ada toleransi bisa membuat sim kembali di tempat pelayan mobil sim keliling yg sudah telat 1 tahun

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin