Seberapa Penting Faktur Dalam Mutasi Kendaraan Bermotor?

Banyak pertanyaan masuk ke meja redaksi Bonsai Biker tentang penting tidaknya faktur kendaraan bermotor, khususnya beli kendaraan baik mobil maupun motor seken. Yup banyak informasi beredar yang saling bertentangan dengan keberadaan faktur ini, namun yang jelas kalau mobil atau motor lama sebelum tahun 2000 faktur tidak terlalu dirisaukan untuk mutasi atau balik nama, dan yang setelah tahun 2000 kabarnya sering dipermasalahkan tergantung samsat mana. Nah yang paling penting adalah mobil tanpa faktur tidak dapat dijual secara kredit, karena pihak leasing mensyaratkan faktur harus ada, kalau gak ada urursan dengan kredit, ya aman.

faktur
faktur

Ya, jelasnya faktur dibuat 4 rangkap oleh ATPM, 2 lembar untuk Kepolisian sebagai dasar penulisan BPKB, 1 lembar untuk dealer yang menjual mobil barunya, 1 lembar untuk pemilik. Masing-masing lembaran faktur tidak dapat dipindah-pindahkan karena tertulis dengan jelas tujuan faktur tersebut. Untuk pemilik, maka dibagian bawah faktur akan terdapat tulisan “UNTUK PEMILIK” jadi tidak bisa diserahkan ke Kepolisian atau pertinggal di dealer.

Nah dari beberapa penjabaran di atas, sekarang James Bons share pengalaman pribadi mutasi yang berurusan dengan faktur ini. Yup memang James Bons sering banget ikutan urusan mutasi dan balik nama ini, mutasi paling sering adalah Jakarta-Magetan/Madiun. Nah dari sekian banyak kali James Bons mutasi, hasilnya ketika mobil atau motor sebelum tahun 2000 tak pernah ditanya faktur. Bahkan ketika James Bons mindah Kebo Blazer ke Magetan, fakturnya malah James Bons kantongi, tak diikutkan dalam berkas mutasi. Ini juga atas saran rekan yang seorang biro jasa. Nah ganti nama sendiri  kan cuman butuh!

  •          BPKB asli;
  •          STNK asli;
  •          KTP asli;
  •          Dilakukancekfisik

Nah bagaimana pengalaman agan sekalian tentang faktur in!

Advertisements
Advertisements

26 Comments

  1. Wah pedagang nih. Nyari kendaraan di jakarta trus dimutasi dijual dimagetan. Untunge gede nih pak bons

  2. ane mutasi kendaraan (gnk innova 2011 a/n perusahaan) dari jkt ke tangerang (a/n pribadi) tanpa dilampirkan faktur tuh.
    Jadi syarat mutasi kendaraan : BPKB asli, STNK asli, KTP asli, Cek Fisik / Kertas gesek no rangka/mesin dan Kwitansi

  3. bisa tanpa faktur, kalo perlu yaa difoto kopi ajah. pernah balik nama faktur ketinggalan dibuku bpkb, kelar2 fakturnya raib. haiiiyaaaahhhh…. untung yang beli mobil gak nanyain fakturnya hehehe 😀

    • Dulu pernah ngejualin mobil kantor tp faktur hilang, yg beli nggak mudeng langsung bayar aja… selang 1 bulan kemudian katanya dia mau balik nama nggak bisa karena ga ada faktur, balik lagi minta dispensasi harga… ya udah balikin lagi 2 jt buat ketiadaan faktur…

  4. Faktur impor punyaku hilang di SAMSAT, alhasil waktu mutasi pindah daerah cuma dapet surat pernyataan dari SAMSAT lama bahwa Faktur yang di kepolisian “tanpa sengaja hilang”. Walau begitu proses mutasi tetap lancar-lancar saja..

    • KTP pemilik baru to bro.. lha kalo pemilik lama udah meninggal gimana coba ? hehehe….
      Yg penting harus ada kwitansi pembeliannya bermeterai , walaupun abal2 sebagai syarat aja…

  5. Pengalaman balik nama di Samsat Jakarta Pusat untuk STNK, dan BPKB di Polda Metro tidak di sertakan faktur, Foto copynya juga tidak di sertakan nggak apa2, dan juga nggak di tanyakan…

  6. mau sharing aja, kemarin saya mau mutasi alamat ke polda, ternyata nama saya(pemilik) yang ditulis tangan pada BPKB salah satu huruf doang, walhasil faktur harus dibawa ke polda. Nah, masalahnya faktur sudah hilang. Jadi minggu depan ketika pengambilan BPKB saya tunjukkan ke petugas di polda.

    Ada yang punya pengalaman kayak gini, kira2 proses apalagi yang harus dilakukan di polda kalau faktur hilang?

  7. nambahin: salah tulis satu huruf doang. Sementara di sticker barcode dibagian sampul nama saya tidak ada yang salah ketik.

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin