R 15 Pake Knalpot Sakura Garansi Aman, Tapi Mungkin Berpeluang Ditilang Polisi! | Bonsaibiker

R 15 Pake Knalpot Sakura Garansi Aman, Tapi Mungkin Berpeluang Ditilang Polisi!

Hiruk piku R 15, memang merembet ke sana-sini, mulai dari helem, Lorenzo hingga ke Knalpot sakura. Yup yang terakhir ini memang ada sesuatu yang enarik, yakni bahwa kalau R 15 menggunakan Knalpot ini, maka garansi tidak akan hilang, wew. Tapi bagaimana dengan keamanan dari tilang polisi? Kayaknya berpeluang ditilang deh!

sakura-1

sakura-1

Yup kabarnya nilai ambang suara desibel yang dihasilkan oleh muffler sakura untuk New Vixion Lighting atau juga R 15 maksimal 90 db dgn db killer. Nah Undang Undang No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) disebutkan bahwa untuk syarat kelaikan jalan, sepeda motor harus memenuhi ambang kebisingan. Aturannya tipe 80-175cc maksimal 90 db, dan 175cc ke atas maksimal 90 db.

sakura-3

sakura-3

 

Dari sini ya jelas knalpot ini masuk dalam katageori aman alias masih di ambang batas normal, namun masalahnya bentuk knalpot ini yang mlompong sangat mengundang polisi untuk menilang, sedangkan polisi sendiri ketika menjalankan operasi tidak menggunakan alat pengukur DB alias kiralogi bin kira-kira. Alamak ngeri.

Belum lagi misalnya beberapa brader nantinya mencopot silincer yag terpasang pada snalpot ini, wa, polisi bakal ngeluarin senjata saktinya! πŸ˜€

%d bloggers like this: